Layaknya Jargon Punk, Anto Hoed: Potret Sebenarnya Anti Kemapanan

Penulis: Girindra Permana Cahya

Diterbitkan:

Layaknya Jargon Punk, Anto Hoed: Potret Sebenarnya Anti Kemapanan Potret © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah
Kapanlagi.com - Dua buah lagu berjudul Gimana Caranya dan Posesif menjadi karya terbaru dari band Potret. Tak hanya itu, band yang beranggotakan Anto Hoed, Melly Goeslaw dan Aksan Sjuman ini mengangkat dua nama musisi muda sebagai personelnya yaitu Mery Kasiman dan Nikita Dompas yang masing-masing mengisi posisi keyboard serta gitar.


Di antara nama tadi adalah Melly Goeslaw dan Anto Hoed yang paling berumur. Namun keduanya tak mempermasalahkan usia dalam urusan bermusik. Melly sendiri tak memikirkan hal tersebut.


"Nggak mikiran itu juga saya. Alhamdulillah makin tua makin banyak kerjaannya," ucap Melly saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada (6/12).


Anto Hoed pun mengungkapkan 'masalah umur' ini adalah salah satu pandangan yang salah yang telah menjamur di publik Indonesia. Bagi Anto, waktu bukanlah halangan seniman untuk berkarya. Karya merupakan asupan bagi para seniman untuk hidup, beda dengan selebritis.


Formasi baru Potret minus kehadiran Nikita Dompas © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahFormasi baru Potret minus kehadiran Nikita Dompas © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah


"Perbedaannya di Indonesia selalu berpikir umur. Kalau menurut saya seniman itu tidak boleh bekerja terbentur oleh waktu. Kita ini seniman bukan selebriti yang bisa dibayar ini itu, tapi seniman itu butuh asupan butuh berkarya," ucap Anto.


Lebih jauh, Anto pun mengungkapkan konsep dari Potret sendiri. "Kalau Potret itu anti kemapanan sebenarnya. Orang ini bikin ini, kita bikin yang lain. Kalau itu termasuk golongan tua atau muda saya nggak tau. Kalau golongan muda saya bilang kebanyakan jadi followers nggak punya konsep. Banyak ya buktinya. Kalau Potret nggak melakukan itu. Nggak mengekor tapi punya konsep."

Banyaknya musisi baru yang datang juga tak dipusingkan oleh Anto Hoed. Ayah dari Ale dan Abe ini mengatakan bahwa itu bukanlah masalah bagi bandnya.


"Kita nggak berpikir ada artis baru atau tidak. Potret itu punya mental indie tapi masuk label. Yang (penyanyi) baru kita nggak pikirin," pungkas Anto.


Dengan masuknya dua nama baru, formasi dari Potret kini kukuh dengan 5 personel antara lain Melly Goeslaw (vokalis), Anto Hoed (bass), Nikita Dompas (gitar), Mery Kasiman (keyboard) dan Aksan Sjuman (drum). Dua nama baru yaitu Nikita dan Mery yang mengisi formasi telah didaulat sejak tahun 2013 silam.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/rhm/otx)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah

Rekomendasi
Trending