Lawan Pembajakan, TJ 'Digunduli' Seperti Tuyul

Natanael Sepaya  |  Kamis, 29 Januari 2015 22:15
Lawan Pembajakan, TJ 'Digunduli' Seperti Tuyul
TJ ©KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Prihatin dengan maraknya pembajakan di Indonesia, TJ melakukan aksi sosialnya dengan menggunduli rambutnya. Aksi simbolis 'Botakin TJ Tapi Jangan Botakin Indonesia' ini sudah dilakukan pada 18 Januari lalu di area car free day.

Aksi campaign yang diadakan 98,7 Gen FM ini berhasil menarik ribuan perhatian masyarakat di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Saat ditemui di Kantor Gen FM di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada (29/1), TJ menceritakan aksi sosialnya tersebut.

"Campaign ini kita bikin udah lama sebelum hari H bahwa kita akan ngadain acara ini. Kebetulan ide ini dari saya. Aksi ini memang kita adakan dari kita untuk mengusung anti pembajakan," ujar penyiar program Semangat Pagi Gen FM ini.

TJ gunduli rambutnya sebagai aksi nyata melawan pembajakan musik di Indonesia ©KapanLagi.comTJ gunduli rambutnya sebagai aksi nyata melawan pembajakan musik di Indonesia ©KapanLagi.com

Pemilik nama asli Ruth Permatasari ini sama sekali nggak takut saat rambutnya mau dibotakin, justru ia merasa bangga. Dengan aksinya ini, TJ juga berharap orang-orang sadar untuk tidak mencukur hak para musisi dengan cara membeli atau membajak karya mereka

"Mungkin orang jadi takut sama saya. Udah kayak tuyul, kayak Ozy Syahputra. Justru itu kita cari aksi yang nyata, mudah-mudahan dengan ini orang yang tadinya biasa beli bajakan sedikit aware setidaknya bahwa musik Indonesia ini patut kita hargai dengan aksi yang nyata dengan menggunduli rambutku," kata wanita kelahiran 2 Januari 1980 ini.

Melihat aksi pembajakan saat ini, TJ berharap tidak hanya tindakan tegas dari pemerintah saja, tapi juga kesadaran masyarakat itu sendiri. "Melihat gampangnya kita menemukan bajakan kan sedih juga. "Ya mudah-mudahan juga masyarakat makin disadarkan bahwa, ayolah kalau mau membeli produk, beli yang asli. Sebuah hasil karya harus dihargai, dalam bentuk uang. Sama kayak lu menghargai masakan di warteg, itu kan hasil karya orang. Hargainnya dengan apa, beli kan? Nggak mungkin nyolong," kata pemain EXTRAVAGANZA ini.

Baca Juga Yang Ini!

Soal Hak Cipta Lagu, Sammy Simorangkir Cuek

Ini Harapan Alex dan Novita Kepada Pemerintah

Diduga Langgar Hak Cipta, Glenn Fredly Dukung Inul Dipolisikan

Pembajakan Masih Ada, Ini Tanggapan Jusuf Kalla

Ramai Pembajakan, Fitri Carlina Semangat Rilis Album Baru

(kpl/rhm/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -