Kisah Unik di Balik Nama Sederet Band Tersohor Dunia

Selasa, 14 Juli 2015 12:22  | 

Kiss



Kiss ©Istimewa


Kapanlagi.com - Banyak orang yang menganggap sebuah nama tidak lebih dari sebatas panggilan saja. Padahal nyatanya, nama bisa berarti banyak dan hal terkecil yang membuat kita dikenal oleh orang lain.

Nah, begitu juga dengan nama sebuah band. Bukan cuma memiliki jati diri dan arti filosofi tersendiri, tapi sebuah nama juga bisa memiliki kisah mengapa band tersebut bisa terbentuk. Berikut ini ada 7 band dengan fakta kisah dan rumor unik di balik namanya.

Oke, sudah siap? Kita simak di sini sama-sama deh.

Sudah Tahu Yang Ini?

7 Video YouTube Yang Hampir Saingi Prestasi 'Blank Space'

7 Lagu Keren Foo Fighters Yang Mungkin Kamu Lewatkan

8 Lagu Untuk Temani Perjalanan Mudik

7 Fakta Musik Yang Bikin Kamu Lebih Sehat

5 Lagu Tentang Pernikahan Sesama Jenis

(kpl/ntn)

1. KISS

Kamu tahu The Kubs? Yap, band asal Bandung yang nama asalnya Kuburan Band itu terkenal dengan imej make up yang tampak seperti menjadi topeng di setiap penampilan mereka. Nah, rupanya band rock 'n roll lawas, Kiss, jadi salah satu pionir band dengan imej seperti itu.

Selain tampak aneh dan menggelikan, banyak rumor yang menyebut kalau Kiss adalah singkatan dari Knights In Satan Service, padahal menurut Paul Stanley tidak begitu. Yap, kenapa mereka memilih nama Kiss, karena itu terdengar menyeramkan sekaligus seksi, cocok untuk mewakili gaya bermusik yang mereka bawakan.

2. Chumbawamba

Wah, kalau melihat namanya lucu juga ya. Well, band yang mengusung gaya musik post-punk sebelum era modern ini rupanya memiliki nama aneh tanpa arti sama sekali. Lho, terus kenapa memilih nama aneh seperti itu?

Rupanya band ini memilih nama Chumbawamba karena salah satu membernya, Danbert Nobacon, mengalami mimpi yang sangat aneh. Ketika ia sedang kebelet untuk buang air kecil, ia bingung dengan bilik toilet yang bertuliskan Chumba dan Wamba, bukan Pria atau Wanita.

3. Savage Garden

Untuk kamu yang tidak terlalu merasakan bagaimana musik pop di era 90an, mungkin nama Savage Garden masih terlalu asing. Yap, Savage Garden jadi salah satu band pop dunia yang sukses mencetak jutaan keping kopi album.

Disadur dari berbagai sumber, band asal Australia ini mengambil nama mereka dari sebuah kutipan novel karya Anne Rice yang berkisah tentang vampir. Well, mengambil kata dari sebuah karya seni dan menjadikannya sebuah nama sudah cukup lumrah loh di dunia musik.

4. Duran Duran

Nah, kalau band yang satu ini pasti kamu tahu dong. Bukan cuma sukses menjual puluhan juta keping kopi lagunya ke seluruh dunia, nama Duran Duran juga semakin melejit lewat lagu View To A Kill yang menjadi salah satu soundtrack terbaik film JAMES BOND.

Seperti Savage Garden, band yang berasal dari Inggris ini mengambil namanya dari sebuah film di tahun 1960, BARBARELLA. Uniknya lagi, film itu penuh dengan bumbu erotisme selain kisah petualangan sci-fi.

5. Motorhead

Ngebut dan dinamis, rasanya cukup untuk menggambarkan band heavy-metal lawas yang satu ini. Bersama Lemmy sebagai frontman, Motorhead melenggang sebagai salah satu band metal yang dibalut dengan unsur rock 'n roll paling kotor di era 70 sampai 80-an.

Nah, sebenarnya Motor-Head sendiri adalah kata lain dari Speed Freak, sebuah kata dengan makna konotatif tentang seorang pemakai obat-obatan jenis amphetamine. Rumornya sih, hal itu masih terus dilakukan para membernya sampai sekarang.

Kalau rumor itu benar, berarti mereka hebat banget loh. Kenapa? Karena mereka masih tampil di berbagai panggung besar dengan personel lengkap, tidak berubah! Ngeri.

6. Led Zeppelin

Siapa yang tidak tahu Led Zeppelin. Ibarat film Marvel, mereka adalah superhero bagi dunia musik terutama skena musik rock 'n roll dan metal dunia sampai saat ini. Bukan cuma dari segi musiknya, tapi pemilihan nama yang unik pun jadi nilai lebih dari band yang satu ini.

Zeppelin sendiri adalah sebuah balon udara yang besar. Nah, nama tersebut dipilih ketika sang drummer Keith Moon masuk dan membawa kata Lead-Zeppelin yang arti konotatifnya adalah pemikiran salah.

Dengan sedikit modifikasi, kata 'Lead' diplesetkan menjadi 'Led' untuk membuatnya terdengar lebih oke. Kalau menurut kamu sendiri bagaimana?

7. Velvet Underground

Yang terakhir adalah The Velvet underground, salah satu band tersohor dunia yang disebut sebagai salah satu yang punya banyak pengaruh untuk sejarah musik. Nama unik sekaligus keren ini sendiri diambil dari judul sebuah yang ditemukan salah satu member The Velvet Underground di New York.

Buku ini sendiri menceritakan tentang skena atau komunitas seksual bawah tanah di Amerika sekitar tahun 1960. Mungkin ini juga yang membuat kenapa sang vokalis, Lou Reed, berdiri sambil meliuk-liukkan badan di hampir setiap penampilannya.

Nah, kamu punya pendapat sendiri tentang kisah nama-nama band tadi? share di sini ya.

(kpl/ntn)