JKT48 Memperkenalkan Diri Lagi Lewat Single ke-15, 'Luar Biasa'

Natanael Sepaya  |  Kamis, 22 Desember 2016 12:22
JKT48 Memperkenalkan Diri Lagi Lewat Single ke-15, 'Luar Biasa'
© KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

Kapanlagi.com - Masih dalam suasana perayaan 5 tahun JKT48, kali ini Idol Group Indonesia ini kembali meluncurkan single ke-15 mereka, Saikou Kayo atau dalam bahasa Indonesia Luar Biasa di Theater JKT48 Fx Mall Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan (21/12). Single ini pertama kali diperkenalkan ke publik saat ulang tahun salah satu TV swasta di Indonesia beberapa waktu yang lalu (15/12).

Nah setelah berkarir selama 5 tahun di JKT48, kali ini Nabilah Ratna Ayu Azalia atau Nabilah JKT48 dipercaya sebagai center. Meski bolak-balik langganan menjadi member senbatsu (pilihan), namun Nabilah sendiri sebenarnya sama sekali belum pernah menjadi center.

Lagu Luar Biasa sendiri merupakan lagu turunan dari franchise HKT48 yang diluncurkan awal musim gugur tahun ini (7/9). Lagu yang overture-nya sekilas mengingatkan kita akan Heavy Rotation ini berirama upbeat yang ceria serta terasa ramai karena di sepanjang lagu ada chant (teriakan penyemangat) standard seperti Tiger (Taiga), Fire (Faiya), Cyber (Saiba), Fiber (Faiba), Diver (Daiba), Viber (Baiba) dan beberapa chant lainnya.

JKT48 rilis single ke-15 mereka, Saikou Kayo © KapanLagi.com/Djoko PoerwantoJKT48 rilis single ke-15 mereka, Saikou Kayo © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

Untuk single ini, Komposisi member senbatsu (pilihan) diambil dari lintas generasi mulai dari generasi ke 5 sampai dengan generasi I JKT48. Menurut GM JKT48, Melody JKT48, hal ini dilakukan karena selain sebagai pemecah kebuntuan member itu-itu saja juga merupakan manifestasi hasil reshuffle kemarin.

"(ini adalah) Era baru, jadi semacam ini proses, JKT48 ini kan udah 5 generasi, jadi kayak semua generasi itu tampil di single Saikou kayo, jadi ini kayak apa ya, semacam bentuk manifestasi grand shuffle kemarin, sebagai salah satu bentuk perubahan (yang terjadi di) JKT48 yang baru, di tahun yang baru dengan semangat yang baru jadi dengan itu (semoga) nggak ada komen-komen fans yang seperti ah membernya itu-itu saja, jadi itu sebagai bukti bahwa JKT48 bukan itu-itu saja," papar Melody saat ditemui wartawan seusai acara peluncuran single ke-15 ini.

Dari 16 member yang dipilih 6 dari team J, Saikou Kayo juga menjadi single terakhir bagi Haruka Nakagawa sebagai member JKT48. Selain merilis lagunya dalam bentuk CD, JKT48 juga untuk pertama kalinya memperlihatkan MV dari Saikou Kayo yang berdurasi hampir 11 menit dan memperlihatkan semua culture yang lekat dengan image JKT48 dari sisi fans.

Berikut ini adalah tracklist CD dan DVD single Luar Biasa:

CD
Saikou Kayo (luar biasa)
Yume No Kawa (Sungai Impian)
HA!
Scrap and Build
Sakura, Minna de tabeta (Sakura, kita makan bersama)
Saikou Kayo (english)

DVD
MV Saikou Kayo
BTS

Sudah Tahu Yang Ini?

Mampu Bertahan Hingga 5 Tahun, Ini Curhatan Member JKT48

Pensiun Jadi Idol, Haruka Bikin Buku dan Ingin Istirahat Sebentar

Konser 'Believe' JKT48 di Bandung Berakhir Dengan Pecah

Ulang Tahun JKT48, Ridwan Kamil Ikut Promosikan Konser Mereka

Setlist 'Believe' Team J Baru, Banyak Usung Lagu Sleeper Hits!

(kpl/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -