Iwan Fals: Narkoba Nggak Mungkin Terjadi Begitu Saja

Erick  |  Selasa, 27 Januari 2015 09:23
Iwan Fals: Narkoba Nggak Mungkin Terjadi Begitu Saja
Iwan Fals © Budy Santoso / KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Bicara soal narkoba, memang nggak ada habisnya. Di negara kita tercinta ini, yang namanya narkoba sudah dikonsumsi oleh berbagai lapisan masyarakat. Miris ya...

Dalam sebuah wawancara, Iwan Fals menyampaikan uneg-unegnya tentang narkoba di negara kita ini. Menurutnya, baru kali ini hukuman mati bisa diterapkan. Namun ia juga bertanya, bagaimana jika negara yang menjadi penyebabnya?

Kalo negaranya nggak melakukan tugasnya, apa hukuman yang tepat untuk negara?
Iwan Fals
 

"Tapi sebenernya saya mau mempertanyakan. Saya bisa terima, tapi saya juga bertanya, gimana kalo negaranya yang narkoba? Kan nggak mungkin itu terjadi begitu aja, narkoba terjadi karena lingkungan yang nggak sehat, itu memang tanggung jawab kita tapi negara harus memberikan fasilitas dan lingkungan yang sehat, sehingga orang nggak stress, nggak pergi ke narkoba,"

"Negara harus memberikan pekerjaan yang bener, sehingga orang nggak jualan barang-barang untuk untuk dia hidup layak, negara harus memberikan keamanan sehingga orang nggak gampang menyelundupkan. Itu kan tugas negara, kalo negaranya nggak melakukan tugasnya, apa hukuman yang tepat untuk negara?"

Iwan Fals juga menyampaikan kekhawatirannya pada para alim ulama dan politisi. Menurutnya, kita dan generasi penerus kita semuanya terancam. Dan menurutnya, mereka semua harus duduk bersama dan membicarakan hal ini.

Iwan Fals & Jokowi © Budy Santoso / KapanLagi.comIwan Fals & Jokowi © Budy Santoso / KapanLagi.com


"Jadi minta tolonglah alim ulama, politisi, pemikir, semua elemen duduk bareng, karena kita semua terancam nih, anak kalian pun terancam dengan kejadian ini. Kalo dia nggak bener-bener sekolahnya, jadi koruptor, kalo nggak kuat imannya, mungkin karena pengen bahagia lewat jalan pintas karena mudah murah, ada di mana-di mana," lanjutnya kemudian.

Ketika ditanya soal hukuman yang tepat, inilah jawabannya, "Saya kurang tau soal hukuman, sebelum sampai ke titik itu harus ada evaluasi yang bener-bener dipikirin dan yang masuk akal buat kita semua. Saya mengajak temen-temen mengurai aja, bahwa ini nggak mungkin terjadi begitu aja,"

Dan di akhir pembicaraan, inilah yang dikatakan oleh penyanyi yang sering mengkritisi pemerintahan tersebut, "Himbauan saya berhentilah, kasian orang tuanya kalo ketangkep, kasian adek-adeknya, temen-temennya. Kita kan hidup nggak sendiri,"

Sudahkah kalian baca berita berikut ini?

Iwan Fals: Narkoba Itu Sesat, Koruptor Itu Bangsat

Wali, Manggung di Taiwan Sampai Malu Sama Bang Iwan Fals

Produser U2 Terang-Terangan Kagumi NOAH dan Iwan Fals

Mengejutkan, Iwan Fals Manggung Dadakan di Sebuah Konser

Lady Rocker Malaysia Ini Jatuh Hati Dengan Iwan Fals

(kpl/aal/erc)


Lihat Arsip Musik

- - -