Harapan Endah N Rhesa Untuk Para Musisi Indonesia

Risang Sudrajad  |  Kamis, 08 Desember 2016 22:15
Harapan Endah N Rhesa Untuk Para Musisi Indonesia
Endah N Rhesa © KapanLagi.com®/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Banyak sekali musisi berkualitas yang meramaikan industri musik Tanah Air. Namun sayang, kesejahteraan hidup para musisi bisa dibilang masih kurang diperhatikan. Buktinya, masih klasik seperti pembajakan sampai sekarang juga masih banyak terjadi.

Fenomena ini pun tentunya dirasakan oleh duo suami - istri, Endah N Rhesa. Pelantun tembang Liburan Indie itu sangat berharap semua musisi Indonesia bisa mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih layak.

"Semoga semua musisi indie ataupun tidak indie, mereka mencapai apa yang mereka inginkan. Salah satunya mungkin kesejahteraan. Setidaknya mereka punya asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan bisa hidup layak," ujar Rhesa saat ditemui di Sheraton Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2016).

Endah N Rhesa berharap kesejahteraan para musisi bisa lebih diperhatikan © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoEndah N Rhesa berharap kesejahteraan para musisi bisa lebih diperhatikan © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto


Disambung oleh Endah, sebenarnya ada sebuah formula yang bisa dilakukan para musisi untuk menjamin kesejahteraan hidup mereka yakni dengan menabung dan investasi. Maksudnya, semua orang (tak cuma para musisi saja) harus pandai-pandai dalam mengatur pengeluaran antara yang perlu dan tidak.

"Sebenernya formulanya tuh nabung sih. Menabung dan berinvestasi. Kalo kami lebih menyisihkan dari budgeting dan mencoba lebih disiplin dalam pengeluaran. Musuh terbesar musisi adalah lifestyle. Nggak cuma musisi sih, semua orang juga musuh terbesarnya lifestyle. Pintar-pintar ngerem untuk mengeluarkan dana untuk sesuatu yang mungkin tidak prioritas," tambahnya.

Endah N Rhesa sangat mengatur pengeluaran mereka © KapanLagi.com®/Bambang E RosEndah N Rhesa sangat mengatur pengeluaran mereka © KapanLagi.com®/Bambang E Ros


Namun apa yang diutarakan Endah ini tentunya tetap kembali ke pribadi masing-masing. Endah merasa semua langkah akan percuma kalau tak ada niatan langsung dari pelakunya sendiri.

"Banyak workshop tapi pelakunya mau konsumtif juga susah," tutupnya.

Simak Juga:

Buat Video Klip Baru, Armand Maulana Ajak Sejumlah Musisi Indie

Yuk Dengarkan Deretan Soundtrack Film Pilihan FFI 2016

Lagu 'Ruang Bahagia' Gambarkan Benang Merah Cerita Film 'ATHIRAH'

Isi Soundtrack 'ATHIRAH', Endah N Rhesa: Sisi Lirik Lebih Puitis

Endah N Rhesa Tunggu Masa Haid Datang Untuk Tulis OST 'ATHIRAH'

(kpl/far/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -