Yuk Dengarkan Deretan Soundtrack Film Pilihan FFI 2016

Kamis, 03 November 2016 18:11  | 

Melly Goeslaw



Aquarius Musikindo

Kapanlagi.com - Tahun ini, Festival Film Indonesia (FFI 2016) akan membuat para penikmat musik turut menikmatinya. Meski memang ajang ini adalah ajangnya para insan perfilman, tapi di tahun ini ada satu kategori baru, yakni Soundtrack Film Terbaik. Dari sekian banyak soundtrack film yang dirilis tahun ini, juri FFI 2016 sudah memilih lima kandidat soundtrack terbaik.

Apa kriterianya? Tentu juri FFI 2016 lah yang mengetahuinya. Namun yang pasti, sebuah soundtrack dikatakan bagus apabila berhasil menuangkan esensi kisah dalam filmnya menjadi lirik yang menyentuh dan dibungkus dengan musik yang enak di telinga. 

Lagu-lagu apa saja yang akan berkompetisi menjadi yang terbaik di FFI 2016? 

(kpl/dka)

1. Ratusan Purnama

Sejak mini drama ADA APA DENGAN CINTA dirilis oleh Line dan kemudian ditutup dengan pertanyaan cinta, "Jadi beda satu purnama di New York dan di Jakarta?", rasanya kata purnama sudah menjadi identik dengan kisah cinta antara Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo). 

Dan benar saja dalam soundtrack sekuelnya, ADA APA DENGAN CINTA? 2, kata itu dibuat menjadi judul, Ratusan Purnama. Masih tetapi digarap oleh Melly Goeslaw dan Anto Hoed, musiknya terdengar megah sekaligus menyiratkan sebuah kisah cinta yang masih perlu diperjuangkan oleh Rangga dan Cinta.  Ada kesan sebuah curhatan pedih dari seorang kekasih yang terpisah jauh, tapi bukan tidak mungkin untuk bertemu dan bersatu kembali

Seperti sebelum-sebelumnya, Melly menggandeng musisi muda untuk menjadi rekan duetnya dalam lagu ini. Dipilihlah Marthino Lio yang sebagai rekan duetnya. Dengarkan versi lengkapnya di sini ya.

2. Ruang Bahagia

Film ATHIRAH garapan Riri Riza ini film indah dan meneduhkan. Meski memang kisah yang diangkat di dalamnya boleh dikatakan berat dan sensitif, yakni tentang poligami. Namun sudut pandang penceritaannya dari sosok Athirah (Cut Mini) dalam menghadapi poligami menawarkan sesuatu yang beda dan tidak menghakimi.  

Keindahan cerita tersebut dapat ditangkap dengan apik oleh duo Endah N Rhesa. Dalam lagu Ruang Bahagia, keduanya menyenandungkan suara hati Athirah yang terus memiliki penghargapan dan menyuguhkan cinta dan kebahagiaan kepada anak-anak, atau bahkan kepada suami yang telah menduakan dirinya.   

Dengarkan versi lengkap lagunya di sini

3. Bangkit

Membicarakan Nidji rasanya tidak bisa tidak membicarakan kemampuan mereka dalam membawakan soundtrack film yang keren. Sebut saja 5CM dan LASKAR PELANGI yang menjadi breakthrough dalam karir bermusik mereka. 

Setiap soundtrack yang dibuat dan dibawakan oleh Nidji niscaya mendapat tempat di ruang dengar masyarakat dan bahkan sukses membekas menjadi lagu sejuta umat. Setelah terakhir membawakan soundtrack film STREET SOCIETY, Nidji kembali dengan Bangkit untuk film yang berjudul sama. 

Digarap sebagai sebuah anthem dengan orkestrasi yang megah, film ini seperti sebuah seruan kepada kita untuk tek menyerah meski musibah menerpa.

Dengarkan versi lengkap lagunya di sini.

4. Mencari Cinta Sejati

RUDY HABIBIE memang tidak mengedepankan romantisme seperti HABIBIE & AINUN, tapi film yang satu ini tetap menyuguhkan romantisme tokoh utamanya, Habibie (Reza Rahadian). Oleh karenanya, soundtrack yang mengiringi film ini pun tak boleh tidak romantis.

Maka dipilihkan Cakra Khan yang mampu membawakan lagu Mencari Cinta Sejati dengan warna suaranya yang khas dan juga pembawaannya yang mendayu-dayu.  

Dengarkan versi lengkap lagunya di sini

5. Imaji Sunyi

Sebuah road movie biasanya diiringi lagu yang riang atau penuh semangat. Namun SALAWAKU menghadirkan soundtrack  yang teduh dengan Karina Salim sebagai penyanyinya. Judulnya pun meneduhkan, Imaji Sunyi

Bisa dipastikan, film SALAWAKU menghadirkan lebih dari sekadar perjalanan para tokoh-tokoh di dalamnya. Ada sebuah perenungan yang ingin disampaikan lewat kisahnya.

Dengarkan versi lengkapnya di sini 

(kpl/dka)