Endah N Rhesa Tunggu Masa Haid Datang Untuk Tulis OST 'ATHIRAH'

Girindra Permana Cahya  |  Jumat, 23 September 2016 11:24
Endah N Rhesa Tunggu Masa Haid Datang Untuk Tulis OST 'ATHIRAH'
Endah N Rhesa © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Soundtrack merupakan salah satu elemen pendukung yang penting dalam film. Soundtrack merangkum cerita dan utamanya bisa makin membangun mood yang hendak disampaikan dari film tersebut kepada penonton. Film ATHIRAH yang diproduseri oleh Mira Lesmana dan disutradarai oleh Riri Riza punya cerita menarik dalam pembuatan soundtracknya.

Endah N Rhesa mendapatkan mandat langsung dari Mira Lesmana untuk membuat soundtrack untuk film yang menceritakan perjuangan hidup dari Ibunda Wakil Presiden Indonesia saat ini Jusuf Kalla. Saat ditemui di bilangan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (22/9), duo yang merupakan pasangan suami istri ini menceritakan proses unik penggarapan lagu berjudul Ruang Bahagia.

Endah yang menulis sendiri lirik lagu ini karena ia memiliki kedekatan dengan ibunya yang telah meninggal di tahun 2005 silam. Secara pribadi, ia menghindari lagu bertema ibu dalam kehidupannya untuk didengar apalagi di tulis. Namun, ia akhirnya berani untuk melawan apa yang tak dikehendakinya tersebut.

Untuk menuliskan lagu Ruang Bahagia, Endah menunggu masa haid © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoUntuk menuliskan lagu Ruang Bahagia, Endah menunggu masa haid © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Jadi ibu saya itu meninggal tahun 2005. Dan saya tuh sebenarnya selalu menghindari lagu dengan tema ibu, baik itu dengerin maupun bikin. Lumayan sensitif lah. Tapi demi film ini akhirnya saya mencoba bikin," ucap Endah.

Endah menambahkan bahwa proses penggarapan lagu yang terbilang cukup lama ini menunggu masa datang bulannya. Keinginannya untuk menyertakan rasa sentimen di dalam lagu menjadi alasannya.

"Entah kenapa begitu denger cerita dari mbak Mira dan mas Riri, saya pikir saya kayaknya nunggu waktu period datang dulu deh. Akhirnya sekitar tiga minggu setelah itu, lagu ini baru tercipta. Kalau sebenarnya secara teknis cuma satu hari udah rekaman dan bikin lagunya jadi. Tapi entah kenapa saya pengin eksplor aja untuk bikin lagu pas period. Dan emang ceritanya sangat sentimentil buat saya. Jadi lumayan menarik dan puas sama hasilnya," aku wanita berkacamata ini.

Dikatakan oleh Endah lagu ini berbeda nuansanya dengan lagu-lagu Endah N Rhesa yang lain. Kalimat-kalimat puitis pun dengan balutan melodi sederhana namun kuat menjadi sajian yang dihidangkan oleh duo pop menyenangkan ini untuk para pendengar. 

Yakin Sudah Baca Yang Ini?

(kpl/far/otx)

Musikalitas pasangan suami istri yang tergabung dalam Endah N Rhesa ini sudah tak perlu diragukan lagi. Musik akustik yang disuguhkan secara apik membungkus lirik-lirik lagu mereka yang puitis dan hangat. Setelah membawakan soundtrack CINTA DALAM KARDUS, mereka mengisi film ATHIRAH yang tayang 29 September ini.
6 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -