'Formation', Lagu Ajaib Beyonce Yang Dikaitkan Dengan Illuminati

Girindra Permana Cahya  |  Kamis, 02 Februari 2017 15:22
'Formation', Lagu Ajaib Beyonce Yang Dikaitkan Dengan Illuminati
Beyonce © AFP

Kapanlagi.com - Keluarnya single utama Beyonce dalam album LEMONADE, Formation, memang cukup mengejutkan. Tanpa woro-woro apapun sebelumnya, tiba-tiba karya ini keluar bersama video klipnya pada tanggal 6 Februari 2016.

Usai dirilis, Formation masuk dalam chart Bubbling Under Hot 100 Singles Billboard di posisi ke 9. Lagu ini juga masuk dalam Hot R&B/Hip-Hop Airplay di urutan 11. Perjalannya masuk ke chart paling bergengsi di Billboard yakni 'Billboard Hot 100 Chart' cukup lama yakni pada 2 Mei setelah album FORMATION di rilis, itupun hanya masuk di posisi ke 10 dan tak berhasil duduk di puncak.

Seperti kurang populer jika melihat raihan di atas, ajaibnya lagu ini tercatat sebagai lagu yang paling banyak dicari di Google di tahun 2016. Formation mengalahkan lagu Prince 'Purple Rain' hingga 'Black Beatles' milik Rae Sremmurd. Hal ini sesuai dengan data yang dihimpun Google selama tahun 2016 kemarin.

Di YouTube, saat ini Formation tercatat ditonton telah sekitar 18 juta kali. Video tersebut baru saja diunggah pada 16 Desember tahun kemarin. Memang dalam promosinya, lagu-lagu Beyonce lebih dulu dimasukkan dalam situs streaming Tidal.

Formation Beyonce menjadi lagu yang paling banyak di-google pada tahun 2016 kemarin © AFPFormation Beyonce menjadi lagu yang paling banyak di-google pada tahun 2016 kemarin © AFP

Di bulan Agustus tahun 2016, MTV Video Music Awards memasukkan Formation sebagai nominator dalam beberapa kategori. Video yang digarap oleh Melina Matsoukas ini menyabet beberapa gelar bergengsi di sana antara lain Video of the Year, Best Pop Video, Best Choreography dan Best Cinematography.

Soal proses pembuatannya, lagu ini ditulis oleh salah satu personel dari grup yang melejit tahun 2016, Rae Sremmurd - Khalif Brown. Tercatat juga nama lain seperti Jordan Frost, Asheton Hogan, Mike Will Made It hingga sang penyanyi sendiri, Beyonce.

Dalam lirik, lagu ini membicarakan topik rasial tentang kehidupan para penduduk Amerika yang berdarah Afrika. Tak hanya itu, beberapa pihak menganggap bahwa lagu ini ada hubungannya dengan teori konspirasi populer, Illuminati. Hal tersebut berdasarkan lirik pembukaan lagu yang berbunyi, "Y'all haters corny with that Illuminati mess" yang berarti 'Kalian para haters memperdebatkan kekacauan yang dibuat Illuminati'.

Lagu 'Formation' dikatikan dengan salah satu teori konspirasi populer, Illuminati via TheFader.comLagu 'Formation' dikatikan dengan salah satu teori konspirasi populer, Illuminati via TheFader.com

Di tahun 2017 ini, Formation akan bersaing di salah satu kategori bergengsi Grammy Awards 2017, Record of the Year. Nama-nama lain yang tercatat masuk dalam kategori ini antara lain adalah Hello (Adele), 7 Years (Lucas Graham), Stressed Out (Twenty One Pilots) serta Work (Rihanna).

Bukan hanya satu kategori, tercatat lagu Formation juga masuk dalam Song of the Year serta Best Music Video. Untuk sang artis, Beyonce tercatat sebagai artis yang paling banyak menjadi nominator tahun ini dengan namanya namanya yang ada dalam 9 kategori berbeda.

Jangan Lewatkan!

Hamil Anak Kembar, Beyonce Knowless Malah Jadi Korban Meme

Pamer Baby Bump, Beyonce Umumkan Sedang Hamil Anak Kembar

5 Hal Ini Membuat Grammy Awards 2017 Tak Boleh Dilewatkan

Hamil Anak Kedua, Ayu Dewi Tak Bisa Seperti Beyonce Lagi

George Michael Berencana Merilis Album di Tahun Depan

(kpl/otx)

Ada-ada saja ulah netizen, mereka sampai iseng mengubah tubuh Beyonce Knowles menjadi Jay Z. Yakin kamu nggak bakal ngakak saat melihat meme kocak ini?
10 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -