Beyoncé Rilis 'Renaissance', Didominasi Lagu Upbeat dengan Lirik yang Kuat

Sabtu, 30 Juli 2022 00:46  | 

Beyonce



Album ketujuh Beyoné - Credit: instagram.com/beyonce

Kapanlagi.com - Berjeda enam tahun dari album terakhirnya, Beyoncé akhirnya merilis album ketujuh yang sangat dinantikan oleh para penggemarnya dengan judul Renaissance pada hari ini di seluruh dunia. Lewat 16 lagu yang termuat di dalamnya, Beyoncé kembali menunjukkan kualitas vokal yang kuat, unik, kaya, dan penuh penjiwaan, yang mengajak para pendengar lagu-lagunya untuk merayakan kebebasan dan menari mengikuti irama musik penuh energi yang didominasi oleh disko dan house.

Hadirnya album Renaissance diawali dengan dirilisnya single pertama, Break My Soul, pada 20 Juni 2022. Berhasil masuk ke sepuluh besar di daftar US Billboard Hot 100 dan menjadi nomor satu di daftar US Billboard Hot Dance/Electronic Songs selama empat minggu berturut-turut, Break My Soul disebut-sebut sebagai anthem dari musim panas yang kali ini dapat dirayakan tanpa batasan.

Beyoncé sendiri telah memberi bocoran tentang album Renaissance sejak 15 Juni 2022 di akun sosial medianya, lewat sebuah unggahan berjudul “act i - RENAISSANCE” yang menceritakan bahwa proses produksi album ini dilakukan selama pandemi. Dengan banyaknya batasan dalam beraktivitas, Beyoncé merasa kreativitas dan jiwa petualangnya malah terpicu untuk berkarya. Album ini juga merupakan sebuah karya yang mengajak pendengarnya merasa aman dan nyaman menjadi diri-sendiri, terlepas dari penghakiman dan tuntutan menjadi sempurna yang memicu overthinking.

Dengan semangat ini, lagu-lagu dari album Renaissance akan mengajak pendengarnya seperti memasuki sebuah klub di mana mereka bisa dengan bebas bergerak dan mengekspresikan diri disertai iringan musik di lantai dansa. Tak hanya lewat musik, album ini juga dipenuhi lirik-lirik yang kuat, berani, dan rasa percaya diri yang tak ingin dibatasi.

1. Lintas Genre

Walau didominasi oleh berbagai varian dance music, seperti disko, electronic house, Jersey Club, tapi musik di album Renaissance menjadi eklektik dengan kehadiran jenis musik lainnya, mulai dari hip-hop, rap, R&B, soul, gospel, dan Afrobeat.

Ada begitu banyak lagu yang dapat menjadi pengiring tarian di lantai dansa, seperti Alien Superstar, Cuff It, dan Virgo’s Groove yang menampilkan musik disko, Break My Soul yang menghentak dengan musik house dari awal dekade ‘90-an, Move yang menyenangkan dengan musik Afrobeat, serta Thique dan Summer Renaissance. Di antara lagu-lagu dengan musik upbeat ini terselip Plastic of the Sofa dengan musik R&B yang lebih lembut tapi groovy.

2. Kolaborasi Musisi Papan Atas

Hal yang menarik adalah hadirnya berbagai sample yang diselipkan di lagu-lagu dari album ini, di antaranya Moonraker dari The Foremost Poets di Alien Superstar, Show Me Love dari Robin S, Center of Thy Will oleh The Clark Sisters di Church Girl, dan I Feel Love dari Donna Summer di lagu Summer Renaissance.

Untuk produksinya, Beyoncé menggandeng musisi kelas atas mulai dari vokalis, penulis lagu, dan produser, di antaranya adalah The-Dream, Nile Rodgers, NOVA, NO ID, Raphael Saadiq, Mike Dean, Honey Dijon, Chris Penny, Luke Solomon, Skrillex, Beam, Big Freedia, Jay-Z, Drake, Beam, Grace Jones, dan Tems.

3. Let the Renaissance Begin!

Lewat album ini, Beyoncé mengajak para penggemarnya untuk bersenang-senang dan tetap bergoyang, serta menunjukkan betapa unik, kuat, dan seksinya diri mereka.

Let the Renaissance begin.

Daftar lagu dari album Renaissance:
1. I'm That Girl
2. Cozy
3. Alien Superstar
4. Cuff It
5. Energy (Feat. Beam)
6. Break My Soul
7. Church Girl
8. Plastic Off The Sofa
9. Virgo's Groove
10.Move (Feat. Grace Jones, Tems)
11.Heated
12.Thique
13.All Up In Your Mind
14.America Has A Problem
15.Pure/Honey
16.Summer Renaissance

Sudah baca yang ini, belum?

6 Lagu yang Diciptakan Justin Timberlake untuk Musisi Lain, dari Ariana Grande hingga Beyonce

Joanita Nyanyi Lagu Rihanna, Beyonce, Randy Newman dan Armada

Pesohor Dunia dengan Followers Terbanyak di Instagram

Rahmania Astrini Dipuji Toby Gad, Penulis Lagu Beyonce

(kpl/pur/ums)