Euforia ID, 'Ekosistem Musik' Baru Dari Endank Soekamti

Natanael Sepaya  |  Jumat, 08 Januari 2016 13:22
Euforia ID, 'Ekosistem Musik' Baru Dari Endank Soekamti
Endank Soekamti © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Tidak berlebihan rasanya kalau menyebut Endank Soekamti sebagai salah band besar, sukses, dan hebat di Indonesia saat ini. Lepas dari label dan membuat berbagai project hingga PH di bawah nama Euforia ID, band punk-rock asal Yogyakarta ini lantas menceritakan alasan kenapa mereka berusaha mandiri.

"Menurutku itu kebutuhan, lalu ke mana lagi kita akan meminta bantuan, kalo nggak dari kita sendiri atau dari perusahaan. Toh syukur-syukur akhirnya berguna juga buat orang lain. Nggak cuma kita doang yang menikmati, tapi lama-lama juga temen-temen band juga ambil jasa kita juga untuk bikin video," jelas Erix, Dory, dan Ari saat ditemui KapanLagi.com® di hotel Blue Sky, Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (3/1).

Lebih jauh, Endank Soekamti pun menjelaskan kalau Production House mereka itu diciptakan dengan satu tujuan sederhana. Yap, band dengan gelar Raja Pensi itu ingin membuka akses untuk para band daerah berkembang tanpa perlu melangkah ke Ibu kota.

Bukan soal kebutuhan lagi, Euforia ID jadi hasil pembuktian Endank Soekamti selama 15 tahun bermusik © KapanLagi.com/Agus ApriyantoBukan soal kebutuhan lagi, Euforia ID jadi hasil pembuktian Endank Soekamti selama 15 tahun bermusik © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Euforia Digital pun kita set bukan untuk Endank Soekamti. Walaupun pada awalnya emang kebutuhan band, kebutuhan kita, tapi semakin ke sini kenapa nggak kita open untuk ke yang lain? Biar band-band di daerah nggak perlu ke ibu kota, band-band daerah nggak perlu masuk ke iTunes, lewat Euforia Digital juga kita bisa masukan 49 gerai digital," lanjutnya.

Dengan berbagai sub-infrastruktur di dalamnya, Euforia ID kemudian berubah menjadi sebuah ekosistem kecil di mana berbagai hal di dalamnya kemudian membantu band-band lokal agar bisa bertumbuh dan berkembang. Ya, inilah hasil dari Endank Soekamti selama berkiprah 15 tahun di dunia musik.

"Sampai sekarang jadi Euforia ID, di mana infrastruktur yang kita buat secara kecil-kecilan, satu-satu, dan kita gabungkan menjadi satu ekosistem itu namanya Euforia Music Ecosystem. Itu kita bukan ngomongin Endank Soekamti lagi, tapi apa yang sudah dilakukan Endank Soekamti selama 15 tahun," pungkas mereka.

Sudah Baca Yang Ini?

15 Tahun Eksis, Endank Soekamti Ingin Merevolusi Musik Indonesia

Bikin Suatu Yang Berbeda, Endank Soekamti Godok 'SOEKAMTI DAY'

Endank Soekamti, Lebih Merdeka Dengan Tangan Sendiri!

Ajak Endank Soekamti, Klip '#Eaaa' CJR Bakal Hadir Full Animasi

'SOEKAMTI DAY', Album Endank Soekamti Yang Digarap di Kapal Laut

(kpl/far/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -