Endank Soekamti, Lebih Merdeka Dengan Tangan Sendiri!

Natanael Sepaya  |  Kamis, 07 Januari 2016 15:50
Endank Soekamti, Lebih Merdeka Dengan Tangan Sendiri!
Endank Soekamti © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Geliat musisi independent di skena musik lokal maupun Nasional saat ini sudah semakin berkembang dan lebih inovatif. Tapi belum banyak band dewasa yang bisa merdeka bahkan mandiri dengan tangan sendiri seperti Endank Soekamti setelah lepas dari label mereka.

"Kita lebih mandiri, lebih merdeka. Lebih bisa merealisasikan sesuatu dengan tangan-tangan kita sendiri, itu perbedaan yang signifikan (setelah keluar dari label). Perbedaan yang selanjutnya kita sih masih di major label, tapi major labelnya itu punya kita sendiri," jelas Erix, Ari, dan Dory saat ditemui KapanLagi.com® di hotel Blue Sky, Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (3/1).

Benar saja, semua proses mulai dari penggarapan materi dan kemasan album, promosi, sampai pembuatan video klip pun berhasil mereka kerjakan sendiri. Tak hanya label, Endank Soekamti pun membangun PH (production house) sampai perusahaan digital sendiri yang kemudian berdampak pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Tak hanya dewasa, sikap mandiri Endank Soekamti sebagai sebuah band jadi contoh yang baik © KapanLagi.com/Agus ApriyantoTak hanya dewasa, sikap mandiri Endank Soekamti sebagai sebuah band jadi contoh yang baik © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Records label ada, PH ada, digital ada, perusahaan digital sendiri, penerbitan juga ada. Segala sesuatu yang mendukung kami dan menghasilkan, dan banyak memperdayakan SDM," jelas mereka.

Meski kini telah didukung dengan berbagai infrastruktur yang lengkap, band punk-rock asal Yogyakarta itu tak lantas bersantai-santai. Justru, hal tersebut membuat band pelantun Pejantan Tambun itu untuk terus bergerak dan mengembangkan semua sumber daya yang dimiliki dan dibutuhkan untuk sebuah band.

"Semua, semua. Kita bukan cuma nungguin jadwal dari label tapi kita juga bergerak sendiri untuk memproseskan apa yang kita inginkan. Kita ada banyak konten video, banyak sekali, ya berarti kita akan bikin PH. Jadi kita PH juga ada, ya melengkapi segala infrastruktur lah sebagai grup band," pungkas Endank Soekamti.

Sudah Baca Yang Ini?

Ajak Endank Soekamti, Klip '#Eaaa' CJR Bakal Hadir Full Animasi

'SOEKAMTI DAY', Album Endank Soekamti Yang Digarap di Kapal Laut

Semakin Istimewa, JakCloth YES Siap Digelar di Akhir Tahun

Kisah Erix Soekamti dan Web Series Miliknya, Populerkan Tren Baru

Disaksikan 40 Ribu Penonton, JMF 2015 Sukses dan Melebihi Target

(kpl/far/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -