15 Tahun Eksis, Endank Soekamti Ingin Merevolusi Musik Indonesia

 |  Jumat, 08 Januari 2016 09:22
15 Tahun Eksis, Endank Soekamti Ingin Merevolusi Musik Indonesia
Endank Soekamti © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Tak mudah menjaga eksistensi hingga puluhan tahun lamanya. Pasti ada saja halangan yang membuat perjalanan semakin berat saja. Namun, hal itu tak membuat Endank Soekamti menyerah dan berhenti di tengah jalan.

Nyatanya, band pop punk asal Yogyakarta ini sudah bertahan selama 15 tahun. Band yang digawangi Erix, Dory dan Ari ini bahkan sudah membuat sebuah tren baru berupa web series.

Satu harapan yang hingga kini masih diimpikan oleh para personel Endank Soekamti, mimpi itu adalah merevolusi industri musik Indonesia. Sebagai langkah untuk mendapatkannya, band dengan lagu Asu Tenanan ini pun membangun satu terobosan baru bernama Euforia Music Ecosystem.

Endank Soekamti ingin merevolusi musik Indonesia © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoEndank Soekamti ingin merevolusi musik Indonesia © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

"Merevolusi musik Indonesia. Karena memang itu nggak bisa kita lakukan kalo hanya sendiri. Makanya tahun ini kita bangun sebuah infrastruktur yang namanya Euforia Music Ecosystem itu berbarengan bergerak bukan hanya Endank Soekamti," ujar Erix, Dory dan Ari saat ditemui di hotel Blue Sky, Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (3/1).

Project ini bisa dibilang merupakan sebuah wujud dan tekad Endank Soekamti yang ingin terus memberikan hal baru. Tentunya, hal semacam inilah yang saat ini dibutuhkan oleh industri musik Tanah Air agar pergerakannya semakin bergairah.

"Sebenernya di zona ini sih kita sudah aman sekali, kita sudah bisa hidup dari komunitas, itu yang ada. Kita sudah mengembangkan bisnis dengan apa yang kita punya. Kita diem aja pun sudah aman. Tapi kita selalu punya target, setiap tahun kita update terus. Yang belum kesampaian ya hanya merevolusi. Kalo entertaint sih udah," pungkas mereka.

(kpl/far/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -