[Eksklusif] Ungu: Layanan RBT Mati, Pendapatan Musisi Jeblok!

Rifky Rifanda Sakti  |  Minggu, 16 November 2014 10:22
[Eksklusif] Ungu: Layanan RBT Mati, Pendapatan Musisi Jeblok!
Ungu @KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Akhir tahun ini, band pop kawakan Indonesia Ungu sedang disibukkan dengan persiapan rilis album terbaru mereka, MOZAIK. Sebagai awalannya, Pasha cs kini tengah melakukan syuting video klip single anyar berjudul Terbaik.

Album ke-14 mereka ini, dikerjakan dengan melalui proses tahapan yang lumayan lama. Pasha cs mengerjakan runtutan jadwal rekaman hampir selama dua tahun penuh.

Musisi itu punya harapan besar terhadap pencapaian industri yang baik, contoh kasus kemarin, terkait ring back tone yang cukup membantu musisi indonesia untuk hidup.
Pasha Ungu
 

Ungu @KapanLagi.comUngu @KapanLagi.com

Hal ini dikarenakan, prospek musisi untuk merilis album di tengah situasi industri musik yang carut marut ini, harus penuh perencanaan yang tepat. Karena jika salah perhitungan, bisa jadi, rilisan mereka gagal total di pasaran.

Ditemui oleh KapanLagi.com® di Gedung Sinar Kasih pada Senin (20/10), secara eksklusif, Ungu berkomentar perihal kondisi Industri musik saat ini. Menurut Pasha, beberapa tahun lalu, musisi dapat benar-benar 'hidup' dari musik karena adanya layanan RBT.

"Musisi itu punya harapan besar terhadap pencapaian industri yang baik, contoh kasus kemarin, terkait ring back tone yang cukup membantu musisi indonesia untuk hidup," ungkapnya. Tapi setelah adanya kesalahan sistem, menjadikan layanan pendulang pundi-pundi uang bagi para musisi ini terpaksa harus ditutup.

Ungu @KapanLagi.comUngu @KapanLagi.com

"Tetapi setelah ada case yg mengakibatkan shut down, cukup berdampak terhadap kita. Sampai saat ini pun, masih belum ada solusi penggantinya," terang Pasha. Bahkan, hal ini semakin diperparah dengan banyaknya gerai toko musik yang gulung tikar, dikarenakan niat beli masyarakat terhadap rilisan fisik menurun drastis.

"Fisik album juga, sekarang sudah tidak trend, sudah tak ada toko kaset," terangnya. Jadi bisa dikatakan, memang benar-benar berat bagi musisi kita saat ini dalam berkarya di Industri musik. Semoga saja segera ada solusi untuk hal ini.

Baca juga lainnya:

Enda Ungu Dikabarkan Cerai, Pasha Buka Suara

Iis Dahlia Absen, Ayu Ting Ting Sukses Bikin Ungu 'Hampa'

Positif, Agnez Mo Bakal Beradu Panggung Dengan Super Junior M

7 Klip ini Dibintangi Tatjana Saphira, Mana Yang Paling Cantik?

Rahasia Ungu Tetap Kompak Dalam 18 Tahun

(kpl/aal/fnd)

Mereka juga pernah berantem saat akan tampil, namun mereka profesional dan mencoba menutupinya.
14 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -