Djakarta Warehouse Project 2017 Optimis Hasilkan 350 Miliar Untuk Devisa Negara

Ferry Sanjaya  |  Senin, 04 Desember 2017 15:22
Djakarta Warehouse Project 2017 Optimis Hasilkan 350 Miliar Untuk Devisa Negara
Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017 © Facebook

Kapanlagi.com - Dalam hitungan hari Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017 bakal digelar. Tepatnya selama dua hari, 15 dan 16 Desember mendatang, pesta para partygoers yang digadang-gadang terbesar di Asia ini bakal digelar di JIExpo Kemayoran dan menyedot perhatian publik. Tidak hanya dari dalam negeri, DWP 2017 juga menyedot perhatian warga asing untuk datang.

Hadirnya banyak warga asing ke Indonesia untuk menyaksikan DWP 2017 tentu tak hanya menguntungkan Ismaya Live saja sebagai promotor. Hal ini pun menjadi keuntungan negara dari segi pendapatan devisa negara. Sarah Deshita, Assistant Brand Manager Ismaya Live sudah memiliki hitungan kasar untuk pendapatan devisa negara. Lewat sebuah survey yang dilakukan oleh tim Ismaya Live terhadap warga asing yang datang ke DWP tahun lalu, Sarah berani mematok angka 350 miliar untuk pendapatan devisa negara tahun ini karena DWP 2017.

"Dengan perhitungan optimis, dari 100.000 pengunjung, 35 persen atau 35.000 di antaranya adalah orang asing. Berdasarkan survei kami pada kegiatan yang sama tahun lalu, mereka bakal tinggal sepekan di Indonesia, menghabiskan uang per orang minimal Rp 10 juta. Dengan demikian, devisa yang bakal dihimpun dari acara ini, Rp 350 miliar," jelas Sarah saat ditemui wartawan Minggu (3/12).

Special Stage © ElrowSpecial Stage © Elrow

Hitungan di atas masih sangat mungkin terealisasikan. Pasalnya, tahun lalu saja selama dua hari DWP 2016 90 ribu pengunjung hadir. Tahun ini, dengan line up yang lebih besar dan panggung luar biasa, bukan tak mungkin penonton yang hadir jauh lebih banyak. Buktinya, hingga saat ini sekitar 80 persen tiket sudah terjual.

"Kami optimis karena kegiatan diselenggarakan ketika musim dingin di luar negeri berlangsung. Seluruh hotel yang ada di kawasan Kemayoran pun kini sudah habis dipesan para pengunjung asing kami. Tiket DWP pun sudah 80 persen habis," kata Sarah.

Dukungan pun mengalir deras dari banyak pihak atas terselenggaranya DWP 2017. Salah satunya adalah dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. "Akar rumput yang mulai bergerak, itu yang kami inginkan," ucap Sandiaga.

Special Stage © ElrowSpecial Stage © Elrow

Tahun ini dari segi line up sudah terlihat sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tak hanya DJ, tahun ini DWP 2017 bakal menampilkan rapper yang sedang naik daun. Salah satunya adalah Desiigner asal Amerika Serikat. Dari Asia, hal yang mengejutkan adalah bakal hadirnya 88rising di mana di dalamnya terdapat Brian Immanuel a.k.a Rich Chigga. Ia akan datang bersama tiga teman lainnya yakni Keith Ape, Higher Brother, dan Joji untuk tampil di Live Stage dengan label special guests.

Tak hanya dari penampil, perbedaan yang mencolok untuk DWP 2017 adalah konsep panggung. Tahun ini, Garuda Land akan menjelma menjadi Garuda Bot. Panggung ini lebih bernuansa futuristik seperti tampilan robot Gundam. Selain itu, DWP 2017 hari kedua akan dibuat lebih meriah dengan kehadiran special stage dari touring concept asal Barcelona bernama Elrow di mana mereka adalah satu keluarga, ayah, ibu, dan anak.

Dengan konsep khasnya, Elrow akan membawa tema Psychedelic Trip lengkap dengan dekorasi dan tata produksi spektakuler yang berhasil ditampilkan di TomorrowLand bulan Juli lalu. Kehadiran Elrow di DWP 2017 akan menjadi kali pertama Elrow membawa konsepnya ke benua Asia. Dengan banyaknya hal baru, DWP 2017 dipastikan bakal lebih menarik.

Special Stage © ElrowSpecial Stage © Elrow

Berikut daftar lengkap line up DWP 2017 hari pertama dan kedua:

Day 1 :
Cesqeaux, David Gravell, Flumme (DJ set), Ilan Bluestone, Marshmello, NWYR, Ookay, Purple Haze, R3HAB, Robin Schulz, Slander, Tiesto, Vini Vici, Zatox, dan Zesa Dead.

Day 2 :
Bassjackers, Desiigner, DVBBS, Flosstrasdamus, Galantis, Hardwell, Loco Dice, Rixhie Hawtib, dan Steve Aoki.

Special Guest : 88 Rising : Rich Chigga, Keith Ape, Higher Brothers, dan Joji.

Lokal :
Andre Dunant, Chelina Manuhutu, Devarra, DJ L, Yaksa, Jade Rasif, Junior Kyle, Kingchain, March Maya, Koe, Ray Ray, Toni Varga, Tony Romera, w.W, Fun On A Weekend, Hizkia, Iyal Noor, Patricia Schuldtz, Stan, Yesterday Afternoon Boys, MC Bam, MC Drwe, Flicker Screen, Isha Hening dan RPTV.

(kpl/pur/frs)

Usianya baru 17 tahun, namun rapper Rich Chigga seolah menjadi sensasi di dunia musik Amerika. Jika selama ini banyak musisi Indonesia tak berhasil go internasional, berbeda dengan Rich Chigga yang bahkan sudah mendapatkan tur di USA.
8 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -