Cerita Endank Soekamti, Berawal Dari Teman Sampai Jadi Keluarga

Natanael Sepaya  |  Selasa, 19 Januari 2016 12:22
Cerita Endank Soekamti, Berawal Dari Teman Sampai Jadi Keluarga
Endank Soekamti © Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Tak perlu menjadi suka, setidaknya siapa pun pasti pernah mendengar nama Endank Soekamti. Ya, nama band pop-punk asal Yogyakarta dan terdengar seperti nama orang biasa itu kini bisa dibilang sebagai salah satu contoh band yang berhasil memerdekakan diri dalam bergerak maupun berkarya.

Memutuskan lepas dari label utamanya, Endank Soekamti lantas mulai membangun jalannya sendiri di dunia musik. Perlahan tapi pasti, mereka pun mulai membuat berbagai infrastruktur untuk melengkapi kebutuhan mereka mulai dari kebutuhan label sampai production house.

Hasilnya? Band yang digawangi Erix, Dory, dan Ari Soekamti itu pun berhasil menciptakan tren bagaimana sebuah band bisa menjadi mandiri. Bukan cuma berdampak bagi orang-orang di sekitar mereka, Endank Soekamti telah berhasil mengajak dan membuka mata banyak orang lewat setiap karya yang mereka kerjakan.

Endank Soekamti dan langkahnya selama berpetualang di dunia musik Tanah Air © KapanLagi.com/Agus ApriyantoEndank Soekamti dan langkahnya selama berpetualang di dunia musik Tanah Air © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Hanya saja, butuh hampir 15 tahun bagi Endank Soekamti untuk kemudian bisa bergerak bebas seperti sekarang. Tentu banyak hal yang terjadi mulai dari jatuh bangun mereka bersama, hingga orang-orang yang pergi - datang dan kemudian berjalan bersama mereka sampai saat ini.

Lebih dari sekedar band, Endank Soekamti dan orang-orang di dalamnya seolah memiliki ikatan yang kuat. Tapi kalau melihat lebih jauh, tentu ada alasan tersendiri yang membuat orang-orang tersebut mau tetap berjalan bersama Endank Soekamti.

Karena itu, kali ini kanal musik KapanLagi.com® mau membahas sedikit cerita Endank Soekamti mulai dari siapa orang-orang di balik layar dan bagaimana mereka melihat satu sama lain di dalamnya. Semuanya akan tayang selama 2 minggu ke depan dengan update yang bisa kamu simak di sini KLovers.

Sudah Tahu Yang Ini?

Lewat Euforia ID, Endank Soekamti Siap Ajak Band Lain Mandiri

Selama 15 Tahun Bermusik, Ini Yang Diperoleh Endank Soekamti

Promosi Album Baru, Endank Soekamti Lakukan Semuanya Mandiri

Euforia ID, 'Ekosistem Musik' Baru Dari Endank Soekamti

Bikin Suatu Yang Berbeda, Endank Soekamti Godok 'SOEKAMTI DAY'

(kpl/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -