Bongky BIP Mencari Talenta Musik Anak SMA Lewat 'Bintang Musik Sekolah'

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

Bongky BIP Mencari Talenta Musik Anak SMA Lewat 'Bintang Musik Sekolah'
Bongky BIP Mencari Talenta Musik Anak SMA (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Festival musik pelajar tingkat DKI Jakarta tengah bersiap menggelar hajatan besar yang bertajuk "Bintang Musik Sekolah (BMS) 2023." Kegiatan ini diinisiasi oleh Forum Pemuda Betawi (FPB) dan Kurasi Musik Indonesia (KMI) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.

BMS 2023 bertujuan untuk mencari talenta muda dan berbakat di bidang musik. Belakangan ini, bakat-bakat muda di bidang musik seringkali kurang mendapat perhatian, terutama di kalangan pelajar. Banyak musisi atau band saat ini lebih suka mengcover lagu dari artis ternama agar cepat mendapat perhatian dan ketenaran.

Hal ini menjadi dasar penyelenggaraan festival musik pelajar antar SMA ini. Purwosusilo, selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, menyatakan dukungan dari Dinas Pendidikan DKI terhadap kegiatan Bintang Musik Sekolah ini.

Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan bakat minat peserta didik, dan dengan adanya coaching klinik, peserta dapat meningkatkan pengetahuan bermusik dan manajemen dalam industri musik.

“Dinas Pendidikan DKI mendukung kegiatan Bintang Musik Sekolah ini karena dapat mengasah kemampuan bakat minat peserta didik juga dengan diadakannya coaching klinik dapat menambah pengetahuan bermusik dan manajemen dalam sebuah industri musik,” kata Purwosusilo, selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Prov DKI Jakarta, saat jumpa pers di kantor Dinas Pendidikan dan Budaya Prov DKI Jakarta, Selasa (3/10/2023).

1. Menjadi Ruang

Bongky Marcel, musisi sekaligus basis Band BIP, ditunjuk sebagai kurator dan juri ajang Bintang Musik Sekolah (BMS) 2023. Ajang ini akan berlangsung sepanjang bulan Oktober hingga Desember 2023, diselenggarakan oleh FPB dan KMI.

"Kegiatan ini memberikan ruang untuk anak memperluas pengetahuan mereka. Jadi banyak edukasi yang bisa membuat mereka mendapat pengalaman berorganisasi," ujar Bongky.

Bongky menekankan pentingnya semua rangkaian acara dalam kompetisi ini bagi musisi pemula. Musik bukan hanya tentang bermain alat musik, tetapi juga tentang belajar kerja sama, tenggang rasa, dan kedisiplinan. Inilah yang membuat festival ini tidak biasa.

Selain kompetisi, BMS 2023 juga akan menggelar berbagai workshop yang akan memberikan pengetahuan tentang manajemen panggung, pembuatan video klip, hingga publikasi di YouTube. Workshop ini akan diisi oleh sejumlah tokoh terkemuka dalam industri musik.

"Semoga melalui kegiatan ini anak-anak kita bisa menemukan bakat dan talentanya di dunia musik," ujar Bongky.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Berbagai Aspek

Peserta BMS 2023 akan dinilai berdasarkan berbagai aspek, termasuk notasi dan lirik, penampilan, suara, aksi panggung, konsep band, dan penampilan visual.

Bongky berharap bahwa melalui kegiatan ini, para pelajar bisa menemukan bakat dan talenta mereka di dunia musik, yang pada akhirnya dapat menjadi bekal berharga dalam menghasilkan karya yang bermanfaat untuk pendengarnya.

"Semua itu bisa menjadi bekal mereka dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk pendengarnya," pungkas Bongky.

Bagi pelajar yang tertarik untuk berpartisipasi dalam Bintang Musik Sekolah 2023, berikut adalah syaratnya:

1. Mendaftarkan nama band, nama personel, asal sekolah, foto band, judul lagu, lirik lagu, dan nama pencipta lagu dan lirik di website BMS. Sertakan juga surat keterangan dari sekolah masing-masing saat mendaftar.

2. Sertakan tautan video YouTube yang tidak dipublikasikan (unlisted) berisi performa karangan sendiri dalam format Live Recording Studio dengan kualitas yang baik.

3. Setelah mendaftar, wajib mengunggah foto Twibbon di media sosial masing-masing dan menandai akun BMS dengan hashtag #bintangmusiksekolah #bintangmusiksekolah2023 #saatnyamenjadibintang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending