Bikin Project Barengan, Makki dan Piyu Ingin Lebarkan Genre Musik

Risang Sudrajad  |  Selasa, 11 Oktober 2016 19:22
Bikin Project Barengan, Makki dan Piyu Ingin Lebarkan Genre Musik
The Secret © Kapanlagi.com®/Sahal Fadhli

Kapanlagi.com - Sebuah project musik baru dibuat oleh Piyu Padi dan Makki Ungu. Grup yang akhirnya diberi nama The Secret ini membawa sebuah warna musik baru yakni memasukkan instrumen piano, saxophone dan dua penyanyi perempuan.

Piyu lalu sedikit bercerita awal-awal saat dirinya membentuk The Secret bersama Makki. Kecintaan mereka terhadap dunia musik lah yang menjadi awal mula dua musisi kondang tersebut membuat sebuah project bareng. Gampangnya, Makki dan Piyu sama-sama ingin bekerja di bidang yang mereka cintai dan tekuni yaitu musik.

"Saya sama Makki berteman sudah lama dan tanpa disadari kita membangun karir masing-masing dengan bidang yang sama yaitu musik dan band. Sampai satu ketika di tahun 2011, saya sama Makki ngobrol, dulu kita pernah nge-band bareng terus mikir kita harus bikin project bareng. Ibaratnya mau bikin kerjaan yang sama-sama kita senang," ujar Piyu saat rilis The Secret saat di jumpai di Hardrock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, senin (10/10).

"Tahun 2011-2015 saya bikin project namanya The Frontman. Kita sudah keliling beberapa kota dan sampai 2016 kita mau bikin project lagi yang harus menggabungkan berbagai genre. Dari situ timbulah ide memasukkan instrumen piano, saxophone dan dua penyanyi perempuan. Kenapa dua vokalis karena gak pernah melakukan seperti ini, Padi dan Ungu kan vokalisnya cowok. Dengan ini bisa melebarkan genre dan dengan duo vokalis ini bisa lebih banyak explore di segala tema akhirnya jadilah The Secret bulan Mei kemarin," tambahnya.

The Secret, project baru Piyu dan Makki © Kapanlagi.com®/Sahal FadhliThe Secret, project baru Piyu dan Makki © Kapanlagi.com®/Sahal Fadhli


Disambung oleh Makki, mereka cukup beruntung karena ada satu sponsor yang mengusulkan untuk menggelar tur mulai bulan Mei hingga April kemarin. Support dan semangat dari para personel lain juga yang membuat Makki dan Piyu semakin yakin kalau project ini bisa terus jalan.

"Ada sponsor yang menggagas proyek ini dan mengusulkan kita coba dengan tur awal Mei sampai April. Awalnya bertanya gimana ya sama orang baru ini nyambung nggak ya. Mungkin karena semangat pertama kali sama Piyu harus bikin band yang fun, seru dan asik dulu, nggak mikirin gimana-nya. Nah, nggak taunya orang-orang ini punya motivasi sama. Jadi ini pantas dan bisa diterusin karena ada sesuatu yang bisa di-explore. Semua kita kerjain sendiri mulai rekaman sampai promo. Band swadaya lah," kata Makki.

The Secret jadi tempat berkreasi bagi Makki dan Piyu © Kapanlagi.com®/Sahal FadhliThe Secret jadi tempat berkreasi bagi Makki dan Piyu © Kapanlagi.com®/Sahal Fadhli


Lalu bagaimana dengan arah musik yang mereka rencanakan ke depan? Apakah The Secret nantinya bakalan mengarah ke warna musik Padi ataupun Ungu?

"Justru kesepakatannya nggak boleh kayak Ungu atau Padi. Ini beda dan nggak pernah di-explore sebelumnya. Secara sadar kita gak bawa atribut atau kebiasaan sebelumnya. Buat gue ini sangat membebaskan, meng-explore yang gak bisa di-explore di band gue," tandas Makki.

Simak Juga:

Sederhana, Ini Dia Menu Sahur dan Berbuka Personel Ungu

Sisi Lain Keluarnya Pasha, Bikin Ungu Diprotes Banyak Fans

Ungu, Siap Buktikan Diri Untuk Tetap Eksis Meski Tanpa Pasha

Enda Ungu: Menggantikan Tugasnya Pasha Itu Berat Banget

Pasha Ungu Lebih Fokus Jadi Pejabat, Ini Permintaan Personel Ungu

(kpl/aal/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -