8 Jebolan Indonesian Idol Yang Jadi Anak Band, Keren?

Kamis, 18 September 2014 07:01  | 

Virzha Idol



Judika - Virzha ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Sejak hadir di televisi Indonesia pada dekade yang lalu, Indonesian Idol secara konsisten mewujudkan mimpi-mimpi para remaja Tanah Air. Talenta-talenta segar yang bersembunyi di pelosok daerah pun bisa jadi bintang paling bersinar berkat ajang ini.

Menariknya, tak semua jebolan Indonesian Idol menjajal karir sebagai penyanyi solo. Ada beberapa yang justru memilih bergabung dan membentuk sebuah band. Tak main-main, band papan atas Indonesia rela memberikan satu posisi terhormat sebagai vocalist kepada para penyanyi ini.

Alasannya jelas. Mental dan kualitas para jebolan Indonesian Idol sudah terbukti karena persaingan ketat. Soal popularitas pun tak perlu diragukan, mereka biasa tampil di layar kaca tiap minggu pada jam primetime.

Nah, siapa saja kah para lulusan Indonesian Idol yang memilih berkarier sebagai anak band? Yuk langsung intip di sini. (kpl/trn)

1. Sarah Hadju

Cokelat sempat kebingungan ketika vocalist mereka yang ikonik, Kikan memutuskan hengkang dari band. Padahal saat itu mereka sedang membutuhkan promosi album baru.

Kebetulan, Sarah Hadju yang merupakan finalis Indonesian Idol musim keempat tertarik untuk masuk band asal Bandung itu. Setelah ditawari, akhirnya Sarah maju jadi pengganti Kikan.

Sayangnya, Sarah tak bertahan lama. Komunikasi yang memburuk antara personel band lainnya, memaksa Sarah harus mundur.

"Dari pertama enggak dikasih tahu visi misinya, enggak dikasih tahu harus pakai baju apa, atau di panggung seperti apa. Sementara gua sendiri sangat mengidolakan Cokelat. Gua enggak maksimal saja, daripada gue redup, mungkin ada orang yang lebih baik dari gua," pungkasnya.

2. Sammy Simorangkir

Nama Sammy Simorangkir pasti tak bisa dipisahkan dari band Kerispatih. Pasalnya, Sammy berjasa membesarkan band yang dulunya membawakan musik etnik instrumental itu di Industri musik Tanah Air.

Sammy sendiri sebelumnya adalah finalis Indonesian Idol musim pertama. Setelah tereleminasi, ia pun bergabung bersama Badai, Anton, Andika dan Arief, yang merupakan teman kampus Sammy di Institut Musisi Indonesia.

Karir Sammy terhenti di Keripatih setelah dipecat karena kasus narkoba yang menjeratnya. Ini adalah puncak dari rentetan berita negatif yang tak bisa lepas dari seorang Sammy. Seperti kasus perselingkuhan dan dugaan pencurian mobil.

Bersama Kerispatih, Sammy berkontribusi di empat album. Seperti KEJUJURAN HATI, KENYATAAN PERASAAN, TAK LEKANG OLEH WAKTU, dan SEMUA TENTANG CINTA.

3. Fandy Santoso

Badai Kerispatih tak kapok untuk mencari vocalist dari jebolan ajang pencarian bakat. Terbukti, setelah memecat Sammy Simorangkir, Kerispatih mengenalkan Fandy Santoso yang tak lain adalah kontestan Indonesian Idol musim keempat.

Penyanyi asal Jember ini sering dibanding-bandingkan dengan kualitas Sammy yang sudah melekat di tubuh Kerispatih. Badai sendiri mengakui kalau Sammy tidak bisa digantikan oleh Fandy. Bagaimanapun Sammy adalah legenda di Kerispatih.

Namun, Fandy memiliki kelebihan lain. Selain kemampuan vocal, Fandy juga juga punya tanggung jawab tinggi serta attitude yang positif. Soalnya, Fandy dikenal juga sebagai penyanyi rohani yang sering mengiringi para jemaat melakukan pelayanan. Dan selama ini, hampir tak ada kabar miring seputar kehidupan pribadinya.

4. Dirly Dave

Lama tak terdengar, Dirly Idol atau kini lebih ingin dikenal sebagai Dirly Dave siap kembali ke dunia musik. Bukan sebagai penyanyi solo tentunya, runner up Indonesian Idol musim ketiga ini baru saja bergabung dengan band Electron 45.

Electron 45 bukan band asing bagi para pecinta musik electro dan progressive house. Pasalnya, band ini diperkuat oleh Tyo Nugros eks drummer Dewa 19. Kemudian ada DJ Romy dan Dmust Akira yang sudah lama beken di skena EDM Tanah air.

Untuk bisa bergabung Electron 45, Dirly perlu mengubah gaya vocalnya. Pasalnya, Electron 45 punya range genre di sekitar rock, progressive, dan pop. Namun, Tyo sangat puas dengan kemampuan adaptasi Dirly di bandnya.

"Saya coba ternyata benar, bagus dan benar-benar bisa. Bahkan dia (Dirly) sendiri juga kaget, kok bisa begini," ucap Tyo di Kawasan Thamrin belum lama ini.

5. Monita Tahalea

Monita Tahalea tercatat masuk empat besar Indonesian Idol musim kedua. Alunan merdu yang selalu terjaga jadi garansi kualitas Monita. Selesai Indonesian Idol, Yovie Widiyanto sempat kepincut untuk mengajaknya berduet menyanyikan lagu Kekasih Sejati.

Setelah itu, nama Monita lebih banyak terdengar di skena Jazz Tanah Air. Ia juga sempat menelurkan album solo serta berkolaborasi dengan musisi jazz top Indonesia seperti Indra Lesmana, Barry Likumahuwa serta Aksan Sjuman.

Belakangan, Monita punya kendaraan baru untuk eksis bermusik. Penyanyi berdarah Austria itu membentuk Monita Tahalea & The Nightingales bersama 6 rekannya. Band jazz ini sangat sering menjadi headliner di sejumlah acara Jazz tahunan di Tanah Air.

6. Firman Siagian

Pernah jatuh-bangun sejak bersatu pada tahun 90-an, The Fly memutuskan kembali bangkit di dunia musik. Formasi baru pun ditetapkan oleh band yang terkenal dengan hits Terbang ini.

Firman bareng The Fly ©KapanLagi.com®

Telah merilis enam album sejak tahun 1997, meluncurkan 15 video klip dan kehilangan personel, The Fly pun tak ragu menunjuk Firman Siagian sebagai vocalist, pengganti Bjah.

Firman memberikan harapan baru bagi fans The Fly. Sayangnya Firman yang punya nama panggung Gian di The Fly itu hanya bertahan satu album yakni, IF LOVING YOU IS WRONG, I DON'T WANNA BE RIGHT. Gian hengkang lantaran ingin bersolo karier dengan musik Melayu.

7. Judika

Nama besar Judika sebagai runner up Indonesian Idol musim kedua membawa untung sendiri bagi kariernya. Meskipun sudah sukses sebagai penyanyi solo, namun Judika tak keberatan juga bergabung dengan band bentukan Ahmad Dhani, Mahadewa.

Malahan, Judika menyebut kesempatan ini sangat berharga. "Sering bentrok (jadwal), tapi sering juga menguntungkan. Kayak acara gini di Dahsyat, gue bisa tampil solo atau gue juga tampil sebagai Mahadewa. Jadi untuk promo atau segala macemnya juga lebih gampang," jelas Judika kepada KapanLagi.com.

Bersama Mahadewa, Judika mengaku ini adalah hubungan yang profesional. Ahmad Dhani harus bernegosiasi cukup alot dengan pihak label untuk mendapatkan kontrak Judika sebagai penghuni Mahadewa.

Solo karier lebih menjanjikan ©KapanLagi.com®

Seiring berjalannya waktu, karier solo Judika justru lebih bersinar dengan jadwal manggung yang padat tiap minggunya. Single Aku Yang Tersakiti lebih hit ketimbang lagu Mahadewa Cinta Itu Buta. Sampai akhirnya, Judika pun memilih mengakhiri kontraknya di Mahadewa.

8. Virzha

Sejak pertama masuk audisi, Virzha memang sudah mencuri perhatian Ahmad Dhani. Pentolan Republik Cinta Management tersebut mengatakan Virzha cocok menggantikan Once sebagai vokalis Dewa yang baru.

Begitu pun saat babak spektakuler Indonesian Idol bergulir, Virzha bahkan terus didoakan oleh Dhani, yang bertindak sebagai juri, agar bisa tereleminasi lebih cepat. Pada babak tiga besar, Virzha pun harus pulang, dan Ahmad Dhani terlihat senang.

Benar saja, setelah Indonesian Idol usai, Virzha kemudian digandeng Dhani di Mahadewa. Pria asal Aceh itu menggantikan seniornya, Judika. Sama seperti sebelumnya, Virzha juga tetap merintis karier solonya sambil jadi vocalist Mahadewa.

Menariknya, untuk solo karier, Virzha bakal di-handle oleh Anang Hermansyah. Ia membawakan lagu Anang yang berjudul Aku Lelakimu. "Omongan udah ada, positif sekali. Seorang Ahmad Dhani dan Anang sekaligus," ujar Virzha.

(kpl/trn)