7 Pasangan Adik - Kakak Ini Kompak Dalam Satu Band, Sukses?

Minggu, 20 Juli 2014 19:01  | 

Oasis



foto: @KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Kesolidan adalah salah satu resep utama sukses bagi sebuah band. Kemudian banyak timbul pertanyaan bagaimana caranya agar sebuah formasi tersebut bisa utuh dan kompak satu sama lain.

Salah satu caranya ya bekerja dengan keluarga, termasuk adik - kakak, atau teman dekat yang sudah paham satu sama lain. Biasanya, band yang dihuni oleh pasangan bersaudara akan memiliki dua kepala yang bisa menyatukan anggota yang lain.

Meski tak semua berhasil bertahan lama, namun band-band mancanegara ini terbilang cukup populer dalam genrenya masing-masing. Nah, siapa saja grup musik tenar yang anggotanya berisikan pasangan adik- kakak? Berikut daftarnya.

Jangan sampai ketinggalan:

7 Pasangan Penyanyi Yang Cintanya Tinggal Kenangan

6 Musisi Hebat Ini Sukses Setelah 'Move On' Dari Mimpinya

7 Hits Populer Ini Ternyata Ciptaan Bebi Romeo

6 Lagu di 'Ganteng Ganteng Serigala', Mana Favoritmu?

(kpl/niz)

1. Noel dan Liam Gallagher - Oasis

Kita mulai dari band lawas yang mencuri perhatian dengan karya-karya legendarisnya. Oasis yang merupakan band dari Inggris jadi salah satu kiblat bagi band-band baru era sekarang.

Alunan musik brit pop dengan sentuhan rock menjadi ciri khas mereka. Kesuksesan band yang ngetop di era 90-an ini tak lepas dari dua bersaudara, Noel dan Liam Gallagher yang tersohor itu. Kakak beradik ini lah yang menjadi motor penggerak Oasis di masa jayanya.

Tak hanya menjadi kekuatan, kedua bersaudara ini dinilai juga menjadi penyebab bubarnya Oasis. Noel Gallagher yang berposisi sebagai gitaris sekaligus 'otak' di balik lagu-lagu Oasis dituding terlalu kelewatan dalam menentukan kebijakan.

Alhasil, karena keinginannya tak sejalan dengan Liam dan rekan lainnya, perpecahan pun tak bisa terhindarkan. Oasis bubar di tengah jalan pada 2009. Meski begitu, Noel dan Liam kini sudah mulai akur sebagai saudara, setelah sempat dikabarkan terlibat perang dingin selama beberapa waktu.

2. Joe, Kevin, Nick - Jonas Brothers

Band keluarga yang satu ini bernama Jonas Brothers. Diperkuat oleh tiga bersaudara kandung Joe, Kevin, dan Nick Jonas, band yang juga dikenal dengan JoBro ini sempat digandrungi para fans wanita karena pesona mereka.

Dibentuk pada 2005, Jonas sekeluarga berhasil mengoleksi empat album sebagai bukti kehebatan mereka. Sukses di dunia musik, mereka pun pernah menjajal dunia film dengan kemunculan mereka dalam serial Hannah Montana pada 2007, Camp Rock 1 dan 2, dan masih banyak lagi.

Hal mengejutkan sempat terjadi saat Joe, Kevin dan Nick Jonas tiba-tiba membatalkan konser yang sudah dipersiapkan dengan matang pada Oktober 2013. Usut punya usut, mereka bertiga ternyata sedang mengalami masalah serius yang berujung pada perpecahan.

Tak ayal, mereka pun diserbu berbagai pertanyaan dari para fans terkait kabar tersebut. Namun kabar baiknya, beberapa pekan lalu, tiga bersaudara ini siap untuk kembali menguasai pentas musik setelah merenungi kesalahan masing-masing. Mereka mengakui kesalahan mereka dan ingin membuktikan diri masih sayang dengan para penggemar.

3. Manzano Bersaudara - Boyce Avenue

Kalau kamu suka wara-wiri di dunia YouTube, kamu pastinya sudah tidak asing dengan band yang satu ini. Boyce Avenue yang suka mengcover lagu-lagu populer secara akustik ini jadi 'wabah' di dunia maya karena aksi keren mereka.

Namun tahukah kamu grup asal Puerto Rico ini terdiri dari tiga saudara kandung? Wah pastinya tak terduga ya. Penampilan apik mereka kadang membuat kita terlalu fokus kepada sang vokalis, Alejandro Manzano yang bersuara super lembut.

Kedua personel lainnya bernama Fabian Manzano pada gitar, dan Daniel Manzano pada perkusi. Sejak YouTube mulai populer sebagai ajang unjuk diri bagi para musisi, Boyce Avenue langsung jadi menu wajib bagi para pecinta musik.

Banyak lagu yang sudah mereka permak secara akustik dan pastinya berbeda dari aslinya, seperti lagu Mirrors milik Justin Timberlake dan One More Night-nya Maroon 5. Seiring dengan melejitnya nama Boyce Avenue, tiga bersaudara ini juga meluncurkan lagu-lagu mereka sendiri loh. Keren!

4. Collin dan Jonny Greenwood - Radiohead

Masih ada lagi kakak beradik yang kompak dalam satu band. Kali ini kita akan menyorot duo Greenwood yang mengisi formasi emas grup legendaris Radiohead.

Band yang berkiprah dari tahun 1985 ini masih eksis sampai detik ini, lho. Kesolidan mereka dalam bermusik tak lepas dari andil dua bersaudara tersebut. Mereka pun sampai saat ini masih aktif dalam turnya di beberapa negara.

Peran Collin dan Jonny Greenwood bisa dibilang cukup vital dalam Radiohead. Mengisi posisi gitaris dan bassis, mereka berdua selaras menjaga keseimbangan band. Mereka pun kerap menciptakan sederet hits yang jadi andalan.

Meski sudah hampir tiga tahun tak melaunching album baru, Thom Yorke dan kawan-kawan masih begitu digandrungi fans. Terakhir, mereka merilis THE KING OF LIMBS pada 2011 yang berisi delapan lagu. Meski cukup minimalis, album ini sukses dalam chart di berbagai belahan dunia, meraih posisi 10 besar.

5. Jared dan Shannon Leto - 30 Seconds to Mars

Pastinya kenal dengan Jared Leto dong ya? Terkenal sebagai aktor hebat, Jared Leto juga menjadi frontman band rock alternative, 30 Seconds to Mars. Band yang sudah mengoleksi empat album tersebut kini hanya diperkuat tiga member, yakni Jared Leto, Shannon Leto, dan Tomo Milicevic.

Yup, drummer mereka, Shannon merupakan kakak kandung dari sang vokalis. Menjalani masa kecil dan tumbuh bersama d Louisiana, kakak beradik ini kompak menjadi pondasi 30 Seconds to Mars.

Meski cukup terseok-seok dalam perjalanannya, Jared Leto dan dua anggota tersisa masih bertahan dengan formasi mereka hingga saat ini. Dua anggota sebelumnya, Solon Bixler (gitar) dan Matt Wachter (bass) menyatakan keluar sebelum band ini setenar sekarang.

Jared Leto banyak jadi topik pembicaraan berkat akting sempurnanya dalam Dallas Buyers Club, di mana ia secara mengejutkan berperan sebagai wanita transgender. Sedangkan sang kakak, Shannon lebih fokus bermusik dengan ikut tergabung dalam The Wondergirls, dan Street Drum Corps. Meski begitu, keduanya tetap mendukung karir satu sama lain sebagai saudara yang baik.

6. Gerard dan Mikey Way - My Chemical Romance

My Chemical Romance (MCR) pernah menyebarkan rumor bahwa mereka telah bubar tahun lalu. Banyak orang menganggap ini sebagai isu April Mop, namun kenyataannya band post hardcore dan punk ini memang benar-benar mengakhiri karir mereka.

Band beranggotakan Gerard Way, Ray Toro, Mikey Way, Frank Lero, dan James Dewees ini sebenarnya kaya prestasi. Berbagai penghargaan penuh prestis berhasil mereka raih, seperti total 6 penghargaan dari Kerrang Awards, dan masih banyak lagi.

Kehebatan MCR tak lepas dari kontribusi besar Gerard dan Mikey yang menjadi tulang punggung band tersebut. Pasca bubar, Mikey pun mencoba kembali merintis karir dengan band barunya, sementara Gerard Way mantap bersolo karir dengan koleksi tiga albumnya. Ini cukup membuktikan bahwa kedua bersaudara tersebut punya passion besar dalam bermusik.

Berpenampilan seram, My Chemical Romance menolak, bahkan marah jika mereka disebut sebagai band emo. Menurut mereka, band emo sangat tidak keren dan hanya omong kosong. Waduh, jangan salah sebut ya, bisa-bisa diserang fans MCR nanti.

7. Corr Bersaudara - The Corrs

Satu lagi all family band yang sangat populer, mereka adalah The Corrs. Terdiri dari empat personel yang merupakan saudara kandung, band bergenre folk dengan sentuhan country ini melejit lewat sejumlah tembang seperti Summer Sunshine dan So Young.

Sejak didirikan pada 1990, The Corrs menyajikan musik yang segar dan berbeda. Empat bersaudara yang terdiri dari Andrea, Jim, Caroline, dan Sharon Corr kompak berpadu mencipta lagu yang sangat nyaman di telinga.

Menyatakan berhenti pada 2006, The Corrs punya enam album studio sebagai kebanggaan mereka sebagai keluarga. Setelah tak lagi berkarir band, mereka sibuk mengurus keluarga kecil mereka masing-masing, dan beberapa anggota memilih bersolo karir.

Salah satu ciri The Corrs yang tak dimiliki band-band lain adalah bebunyian yang dihasilkan. Seringkali mereka memakai instrumen akustik dan ensembel seperti violin, perkusi, dan semacamnya untuk memberikan sentuhan tersendiri dalam lagu-lagu mereka.

Nah, itu tadi beberapa band yang terdiri dari kakak-adik dalam formasinya. Meski tak selalu sukses, peran mereka dalam band masing-masing ternyata cukup vital. Penasaran dengan band-band serupa dari negeri sendiri? Ikuti terus beritanya ya.

(kpl/niz)