6 Fakta Menarik Tentang 'Hero', Single Masterpiece NOAH

Kamis, 07 Agustus 2014 12:01  | 

Steve Lillywhite



NOAH ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Seperti tradisi NOAH sebelumnya, kemarin sore single terbaru mereka diputar serentak di seluruh radio Indonesia. Yup, NOAH baru saja merilis single anyar berjudul Hero.

Fans langsung menyambut gembira lagu ini. Di sosial media mereka banyak memberikan kesan suka cita terhadap rilisnya lagu penuh makna tersebut. Kebanyakan Sahabat NOAH menyukai musik yang terasa beda dan liriknya yang catchy.

Nah, apa sih yang keren dari single ciptaan Ariel ini? Yang pasti banyak banget. Untuk itu, KapanLagi.com® bakal sedikit mengulas single ini, yang tidak lama lagi pasti bakal jadi lagu hits. Bisa jadi, ini lagu yang akan masuk kamar masterpiece NOAH. Seperti apa faktanya? Yuk simak di sini. (kpl/trn)

1. Karya Berbahasa Inggris Pertama

NOAH akhirnya membocorkan salah satu lagu baru mereka, Hero. Lagu itu ditulis Ariel dalam Bahasa Inggris dan menandai level baru karir bermusik NOAH

Sejak awal, baik di Peterpan dan NOAH, belum pernah merilis lagu berbahasa Inggris. Namun lewat tema album SECOND CHANCE, Ariel seakan ingin mendobrak batasan kreatif NOAH dengan single Hero.

"Lagu ini yang pertama berbahasa Inggris. Ini kemajuan dalam proses bermusik kita," tambah Ariel.

Karena menggunakan bahasa Inggris, tak menutup kemungkinan NOAH ingin semakin melebarkan pendengarnya secara internasional. 

2. Ariel Sempat Kehabisan Ide

Menuliskan lagu dalam Bahasa Inggris jelas jadi pengalaman baru bagi Ariel. Kalau soal lirik berbahasa Indonesia, kepiawaian Ariel sudah tak perlu diragukan lagi.

Ariel NOAH kehabisan ide ©KapanLagi.com

Ariel memiliki signature dan karakter dalam menuliskan lirik dalam Bahasa Indonesia. Pemilihan katanya lebih seperti sebuah puisi dan tentunya tak mudah ditebak. Tapi bagaimana kalau menulis lagu Bahasa Inggris?

Pria asal Bandung ini mengaku kesulitan. "Akhir-akhir ini kehabisan ide nulis lagu. Selain itu, nggak ada kendala lain," ujar Ariel.

3. Lirik Terjemahan ala Giring

Kesulitan Ariel menggarap Hero di departemen lirik akhirnya menemui titik terang setelah bertemu dengan Giring Nidji. Yup, Giring memang sudah lihai soal bikin lirik Bahasa Inggris.

Giring bisa menuliskan lagu Bahasa Indonesia dan Inggris sama baiknya. Malahan, lirik Bahasa Inggris ciptaan Nidji memiliki sense yang bisa dimengerti oleh orang yang tak mahir berbahasa Inggris sekalipun.

Karena kemampuan tersebut, makanya Ariel meminta bantuan kepada Giring. Menurutnya, lagu Hero sebenarnya sudah diciptakan lama hanya saja belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

"Saya minta tolong ke Giring. Memilihkan mana yang pas melodinya, liriknya pun diubah-ubah dikit," ujar Ariel.

4. Diproduseri Steve Lillywhite

Steve bukan sosok asing bagi dunia musik internasional. Ia adalah produser peraih lima Grammy awards untuk sentuhannya di album rekaman band-band besar macam The Killers, U2, The Rolling Stones, Morrissey bahkan 30 Seconds To Mars.

Steve senang bisa bekerja sama dengan NOAH untuk album barunya. Awalnya, pria asal Inggris ini menilai lagu-lagu Ariel lebih condong seperti sound yang dimainkan U2. Namun di tangan Steve, NOAH seperti memiliki karakter baru.

"It's perfect. Lagu ini sangat bagus dalam Bahasa Inggris. Kita sangat bangga dengan lagu ini," ucap Steve. "Saya merasa sangat terapresiasi," tuturnya kemudian.

Steve bidani empat lagu NOAH ©KapanLagi.com

Sementara bagi para personel NOAH, ini adalah kesempatan emas untuk bisa menggali pengalaman dari Steve Lillywhite.

"Saya paling suka suara drum yang seperti genderang perang di lagu Hero. Di lagu lain mau ngisi drum itu tapi nggak pernah pas, tapi di lagu ini dengan aransemen ini bisa dapat pas. Steve Lillywhite yang usul untuk memasukkan suara itu di lagu ini, saya coba ternyata bisa pas dan nggak berlebihan," jelas Reza panjang lebar.

 

 

5. Sound Paling Top

Daya jual Hero dan lagu-lagu NOAH di album SECOND CHANCE adalah kualitas sound. Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David sepakat kalau sound dengan kualitas terbaik adalah harga mati.

"Album ini menawarkan kualitas sound yang jauh lebih baik dibandingkan album-album sebelumnya. Dan empat lagu baru yang ada di album ini warna musiknya berbeda dari lagu lainnya," jelas Ariel.

Uki dan Steve di AS ©Twitter.com/Uki

Tak cukup hanya menggaet produser kelas dunia sekaliber Steve Lillywhite, demi sound yang maksimal, NOAH pun melakukan mixing di negeri Paman Sam. Kebetulan Uki yang mewakili teman-temannya untuk pergi ke Los Angeles pada pertengahan bulan lalu. Di sana ia menemukan teknis yang tak didapatnya saat rekaman di Indonesia.

"Yang paling beda itu justru di teknisnya, cara kerjanya aja yang beda. Alat yang dipakainya sih sama aja, cuma mindset sama cara kerjanya aja yang beda. Seperti cara EQ, cara compress. Ya teknis sih," jelas Uki.

6. Arti Hero Bagi NOAH

Kalau diperhatikan, lirik lagu NOAH selalu sederhana namun memiliki makna simbolis yang sangat dalam. NOAH pun selalu mengajak pendengarnya untuk menginterpretasikan apa makna lagunya.

Sementara untuk Hero, NOAH seolah menceritakan kalau setiap orang bisa saja jadi pahlawan. Pahlawan tidak melulu bertopeng dan memanggul senjata, ia bisa keluarga ataupun sahabat.

Lirik Hero, ©musicastudios

Bagi Ariel sendiri pahlawan adalah para sahabatnya, sedangkan David mendedikasikan Hero untuk keluarganya. "Karena keluarga itu akan selalu ada untuk kita susah dan senang," ujar David.

Lebih jauh, Reza menyebut ibu sebagai pahlawan. "Karena ibu itu berjuang mengeluarkan kita ke dunia, membesarkan sampai kita jadi orang, terlahirnya orang-orang besar itu dari ibu," papar Reza secara eksklusif kepada KapanLagi.com.

UPDATE: Single Hero sudah bisa kamu nikmati di sini

(kpl/trn)