6 Album Masterpiece Linkin Park, Wajib Tahu!

Rabu, 07 Mei 2014 20:01  | 

Linkin Park



Linkin Park/Splashnews©

Kapanlagi.com - Siapa sih yang tak kenal dengan Linkin Park? Yap, band rock asal Amerika ini sempat menggebrak industri musik dengan lagu-lagu mereka yang jempolan pada akhir tahun '90an silam.

Buat kamu yang mungkin belum tahu, band ini digawangi oleh Chester Bennington (vokal), Rob Bourdon (drum), Brad Delson (gitar), Dave Farrell (bass), Joe Hahn (keyboard & programmer), dan Mike Shinoda (rapper). Mereka berenam membentuk band ini bersama, kecuali Chester yang baru masuk pada tahun 1998.

Mereka dengan berani melawan alur pop mainstream yang pada jamannya menguasai, dengan musik rock cadas mereka. Tapi jangan salah, musik rock yang mereka sajikan sedikit berbeda karena mengandung unsur-unsur DJ modern yang tergabung dengan sangat manis.

Sejauh ini mereka sudah menelurkan lima buah album yang semuanya laris manis di pasaran. Belum cukup dengan itu, mereka akan segera merilis album terbarunya yang keenam, THE HUNTING PARTY.

Seperti apa sih album-album mereka yang dibilang jempolan itu? Ini jawabannya! (kpl/gtr)

1. Hybrid Theory

HYBRID THEORY adalah judul dari album debut Linkin Park. pertama kali dirilis, album ini langsung menggebrak dunia, tepatnya pada tahun 2000.

Di dalamnya terdapat 12 lagu rock jempolan, dengan empat single utama sebagai senjatanya. Lagu-lagu tersebut adalah In The End, One Step Closer, Papercut, dan Crawling.

Di antara single tersebut ada yang kalian suka atau pernah dengar? Yap, berkat keempat lagu yang epic itu, album ini sampai dianugerahi sertifikat Diamond di Amerika, dan Platinum di beberapa negara lainnya.

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, album ini kental dengan alunan musik nu metal plus DJ modern pada jamannya. Sebuah gebrakan baru yang turut berperan atas kesuksesan album tersebut.

Coba dengerin salah satu single di atas deh, pasti kalian jatuh hati!


Video by: Warner Bros Records

2. Meteora

Tiga tahun mengikuti kesuksesan album pertama, METEORA dirilis. Album kedua ini tak kalah oke dari HYBRID THEORY lho!

Berisi 13 track, METEORA disenjatai oleh lima lagu super sukses lainnya. Somewhere I Belong, Numb, Faint, From The Inside, dan Breaking The Habit adalah nama-nama single yang mungkin sudah kalian tahu.

Masih mengandalkan musik rock yang modern, Linkin Park kembali memanjakan para penggemarnya yang mulai menumpuk. METEORA ini bisa dibilang yang paling sukses di antara yang album-album Linkin Park lainnya.

Bukti yang paling nyata adalah puluhan sertifikat platinum yang terpampang pada album ini. Berikut adalah salah satu single pada album ini, sudah pernah denger?


Video by: Warner Bros Records

3. Minutes to Midnight

Nah album ketiga Linkin Park, MIDNUTE TO MIDNIGHT menandakan awal perubahan yang cukup signifikan pada musik mereka. Musi yang diusung lebih 'tenang' pada album ini, aroma-aroma nu metal asli mereka sudah mulai pudar.

Bukan berarti mereka kehilangan sentuhan rock-nya lho, elemen satu itu tetap jadi andalan mereka untuk merebut hati para penggemar. Walaupun sudah tak sesukses album sebelumnya, namun tetap saja MINUTE TO MIDNIGHT berhasil meraup beberapa sertifikat platinum di berbagai negara.

Album ini berisikan 12 lagu, didukung dengan lima single utama. Kelima senjata mereka pada MINUTE TO MIDNIGHT adalah What I've Done, Bleed It Out, Shadow of the Day, Given Up, dan Leave Out All the Best.

Diantara kelima single tersebut, mungkin yang paling dikenal oleh masyarakat adalah What I've Done, karena bisa dibilang sebagai yang tersukses. Kamu sudah pernah dengar lagunya?


Video by: Linkin Park

4. A Thousand Suns

Album keempat mereka berjudul A THOUSAND SUNS, dirilis pada tahun 2010 silam. Merasa kurang puas dengan eksprerimen mereka pada album sebelumnya, Linkin Park kembali bereksperimen.

Yap, album ini bisa dibilang yang paling bervariasi, mulai dari rock, metal, electro, balllad, hingga tipikal reggae semua dicampur jadi satu. Menurut band tersebut, album ini menceritakan tentang konflik-konflik yang sering terjadi di dunia ini, seperti peperangan dan bom nuklir di beberapa negara.

Sayang album ini kurang begitu menggigit di mata penggemarnya. Salah satu bukti yang paling aktual adalah hasil penjualan yang cukup merosot drastis. A THOUSAND SUNS akhirnya 'hanya' mampu dianugerahi sertifikasi emas.

Di dalamnya terdapat 15 lagu. Single-single andalan utama pada album ini adalah The Catalyst, Burning in the Skies, Iridescent, dan Waiting for the End.


Video by: Linkin Park

5. Living Things

LIVING THINGS adalah album terakhir mereka yang dirilis pada tahun 2012 silam. Menurut pengakuan dari Linkin Park, album ini merupakan gabungan dari semua album yang mereka rilis sebelumnya.

Digawangi dengan single utama, Burn It Down, album ini langsung menyodok ke urutan pertama pada chart album Billboard. Hal ini membungkam spekulasi fans yang menuding Linkin Park sudah tak lagi bertaji setelah album keempatnya itu.

Dari angka penjualan album ini memang bisa dibilang melampaui A THOUSAND SUNS. Isinya 12 lagu, selain Burn It Down ada dua single lain yaitu Lost in the Echo dan Castle of Glass.

Ada yang kalian kenal di antara track tersebut? Dengerin yang satu ini deh, mantap banget!


Video by: Linkin Park

6. The Hunting Party

THE HUNTING PARTY adalah album keenam mereka yang akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. Kabarnya nih, di sini mereka akan kembali memaksimalkan musik mereka seperti pada dua album pertama, METEORA dan HYBRID THEORY.

Dan hasilnya memang sudah bisa dilihat, mereka benar-benar kembali ke jalur rock dan nu metal yang cukup kental. Yup, walaupun belum dirilis, namun dua single pada THE HUNTING PARTY sudah bisa kalian cek lho!

Kedua single yang dimaksud tersebut adalah Guilty All The Same dan Until It's Gone yang keduanya dirilis pada awal tahun 2014 ini. Cek lagunya pada video di akhir artikel ya!

Bagaimana pendapat kalian? Ada album Linkin Park yang paling berkesan di hati?


Video by: Linkin Park

(kpl/gtr)