17 Tahun Tetap Kompak, Ini Hal Penting Menurut Radja Yang Harus Dipelajari

Mita Anandayu  |  Minggu, 01 April 2018 09:35
17 Tahun Tetap Kompak, Ini Hal Penting Menurut Radja Yang Harus Dipelajari
Radja (Credit: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Bukan hal yang mudah bagi sebuah band untuk bisa bertahan hingga hitungan tahun bahkan belasan. Namun, bukan tak mungkin juga untuk tetap berkarya di industri musik hingga capai angka belasan tahun. Begitupun Radja yang merasakan suka dan duka selama 17 tahun bermusik.

Saat ditemui di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, Moldy CS ini pun membagikan cerita karirnya selama berkecimpung di blantika musik Tanah Air. Tak hanya itu, Indra sang bassist pun mengakui bahwa banyak pelajaran yang ia dapat saat bersama Radja.

"Banyak sih. Tapi yang paling penting how to communicate. Gimana cara berkomunikasi dalam grup," ungkap Indra.

Indra, sang bassist mengaku hal yang terpenting adalah komunikasi. (Credit: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)Indra, sang bassist mengaku hal yang terpenting adalah komunikasi. (Credit: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Lebih lanjut, Indra juga mengatakan pembelajaran yang paling penting adalah ketika menggabungkan pemikiran masing-masing personil. Ya,seperti yang dikatakan Indra, bekerja dalam tim yang memiliki satu tujuan, tak berarti mudah, namun merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan bagi sebuah grup.

"Pembelajaran paling penting adalah gimana menggabungkan empat kepala. Orang bilang itu klise tapi itu yang paling penting," sambungnya.

Radja sendiri baru saja berulang tahun yang ke-17 pada 17 Maret lalu. Bersamaan dengan itu, karya terbaru dari band yang awal pertama muncul pada tahun 2001 itu pun telah dirilis pada 14 Februari lalu dengan judul lagu Malaikat Cinta.

(kpl/far/mit)


Lihat Arsip Musik

- - -