15 Tahun Berkarya, Repvblik Band Ingat Zaman Susah

Senin, 30 Desember 2019 14:55  | 

Repvblik



Repvblik @ KapanLagi.com/Budy Santoso


Kapanlagi.com - Repvblik band mampu bertahan dan tetap aktif berkarya dari gempuran pendatang baru. Bahkan dari awal terbentuk, Repvblik tak mengalami bongkar-pasang personel. Lantas apa rahasia mereka dalam menjaga eksistensi dan keutuhan personel?

"Kami tetap jaga komunikasi satu sama lain, misal ada beda persepsi kami bisa dibicarakan dengan baik. Mengesampingkan ego yang pasti lah," kata Ruri Repvblik di sela pembuatan video klip lagu Cinta Ini Kita Yang Punya pada Sabtu (28/12) lalu.

Tak menampik, menurut Ruri, Repvblik yang terbentuk pada tahun 2004, sempat mengalami masa sulit dalam menjaga kekompakan. Ibarat sepasang suami istri, lima tahun pertama membentuk grup musik dirasa berat bagi para personelnya.

"2006 sampai 2010. Itu proses banget. Karena band itu kan nggak mungkin langsung terkenal yah. Butuh proses. Kami ngerasain susah, nggak punya job, ribut masalah uang, ribut masalah apapun. Dalam posisi itu kami coba dewasa. Itu lima tahun pertama. Ya kayak orang nikah aja lah," ungkap Ruri diamini personel lainnya.

1. Sempat Jenuh Bermusik

Bahkan setelah melewati masa sulit, mereka masih dihadapi berbagai ujian, yakni kejenuhan bermusik. Beruntung Ruri Repvblik dan teman-temannya kini mampu menghilangkan problem tersebut.

"Jenuh itu kadang bikin kami drop, malas latihan. Untung kami semua saling mengingatkan dan karena sudah mengalami fase yang panjang ini, jadi sudah tahu cara menghilangkan kejenuhan," ujarnya.

2. Tantangan Baru

Kini, sebagai band yang sudah 15 tahun berkarya, Ruri cs mengaku memiliki tantangan baru. Apa itu?

"Lagu kami, kan banyak yang booming. Nah, kami itu bagaimana caranya untuk mengalahkan lagu sebelumnya. Itu tantangan terberatnya. Tapi yang penting kami berkarya dari hati, tidak menjiplak karya orang lain, dan bisa bikin senang pendengar," kata Ruri.

3. Soal Single Terbaru

Repvblik yang digawangi Ruri (vokal), Hexa (gitar), Ei (gitar), Lavy (bass), Tyar (keyboard), dan Randy (drum), berencana meluncurkan album ke-6 pada pertengahan tahun 2020 mendatang. Sebelum itu, mereka ingin menyapa para penggemarnya dengan meluncurkan single Cinta Ini Kita Yang Punya, dalam waktu dekat.

"Cinta Ini Kita Yang Punya bercerita tentang pasangan yang saling menyukai saling menyayangi, saling cinta lah. Lagu ini ada di album ke-5 kami di album OMONG KOSONG. Ini adalah single ke-4 dalam album OMONG KOSONG," pungkas Ruri.

Seputar Repvblik:

Tuntut Permintaan Maaf dari Repvblik, Lucinta Luna: Kalau Laki Jangan Pengecut!

Berkonflik dengan Repvblik, Lucinta Luna Tak Terima Dibandingkan dengan Dena Rachman

Tak Terima, Lucinta Luna Minta Band Repvblik Klarifikasi dan Minta Maaf

Lucinta Luna Komentari Single Milik Repvblik, Disebut Band Tak Laku - Lagu Menjiplak

Terjun ke Politik, Repvblik Luncurkan Single Baru

(kpl/dan/sry)