11 DJ Terkaya di Dunia Saat Ini!

Minggu, 10 November 2013 10:01  | 

Tiesto



Steve Aoki/©steveaoki.com

Kapanlagi.com - Mungkin untuk dua dekade belakangan, profesi DJ belum dilirik oleh banyak orang. Pasalnya, musik party seperti ini memang segmented. Tidak banyak acara TV dan radio yang mau memutar musik yang tidak memiliki lirik.

Berbeda dengan keadaan hari ini, popularitas seorang DJ bisa menyamai bintang pop sekalipun. Bahkan Fee mereka untuk 2 jam perform bisa lebih mahal dari bintang pop yang ada sekarang. Jadwal DJ set pun tidak hanya terbatas di tempat clubbing dan bermain malam hari. Kini, para DJ bisa menciptakan suasana party di festival outdoor pada siang bolong.

Artinya, musik party adalah musik mainstream, yang bisa membawa nilai komersil bagi seorang DJ. Mau tahu, siapa saja DJ terkaya di dunia tahun ini? Ini lah mereka. (kpl/trn)

1. DJ Paul D

Dj ini bernama asli Paul Delvecchio, ia lebih dikenal sebagai bagian dari reality show Jersey Shore. Untuk profesi-nya sebagai Dj, ia telah menghasilkan pundi-pundi dollar senilai USD 11 juta atau 120 milyar rupiah dalam setahun.

2. Steve Aoki

DJ yang bernama lengkap Steve Hiroyuki Aoki ini, telah mengantongi kekayaan senilai 14 Juta atau 156 milyar dari profesi-nya sebagai DJ dalam satu tahun. Steve Aoki juga memiliki perusahaan rekaman sendiri, yang ia beri nama Dim Mak Records.

Dalam setahun dia telag merampungkan 270 gigs. Tidak salah, popularitasnya menaik tajam ketika sering berkolaborasi dengan banyak musisi dunia, sebut saja LMFAO, Will.I.Am, dan Lil Jon.

3. Kaskade

Kaskade pernah mendapat penghargaan sebagai DJ terbaik Amerika pada tahun 2011. Praktis, karir DJ yang bernama asli Ryan Raddon ini langsung melejit.

Kaskade banyak berkolaborasi dengan DJ lainnya, contohnya Deadmau5 dan Wolfgang Gartner. Album terakhirnya adalah ATMOSPHERE, yang dirilis tahun ini.  Dalam kurun satu tahun dia telah mengantongi USD 16 juta atau 182 milyar rupiah.

4. Skrillex

DJ Dubstep ini baru berumur 24 tahun, namun dia sudah mendapat julukan the 16 Million DJ dari majalah Forbes. Pemuda bernama asli Sonny John More ini sebenarnya terbilang baru dalam dunia DJ.

Sebelumnya dia adalah vokalis untuk band post-hardcore From First to Last, kemudian pada tahun 2009 dia memilih untuk berkarir sebagai DJ. Pembelotan ini akhirnya dihargai USD 16 Juta atau 182 milyar dalam 1 tahun, belum lagi dia memborong 3 piala grammy awards dan menjadi Electronic Dance Artist of The Year oleh MTV.

5. Afrojack

Afrojack tercatat sudah berkolaborasi dengan artis-artis besar, seperti
Pittbull, Chris Brown dan Beyonce. Pria asal Belanda ini pernah merilis single Take Over Control yang sukses merajai charts di berbagai negara.

Bahkan, Afrojack  menyabet Grammy awards untuk remix terbaik. Untuk itu, dalam setahun dia bisa mengumpulkan uang cash senilai USD 18 juta atau 205 milyar rupiah.

6. Avicii

Avicii masih berusia muda yaitu 24 tahun, namun prestasi dan popularitas-nya di musik elektronik tidak bisa diremehkan. Dia adalah DJ peringkat 3 terbaik  di dunia versi  DJ Magazine. Pasalnya, pemuda bernama lengkap Tim Bergling ini telah membuktikan diri dengan dua kali menjadi nominasi Grammy 2 tahun berturut-turut.

USD 20 Juta atau setara dengan 228 milyar rupiah, adalah hasil jerih payah-nya mengendalikan turntable dalam setahun.

7. Deadmau5

Untuk seorang DJ namanya terdengar aneh, penampilan-nya juga tidak kalah aneh.  Siapa yang bisa membayangkan seorang DJ dengan topeng mirip mickey mouse hadir di tempat party.

Namun, kenyataan itu tidak bisa menghentikan popularitasnya, pria yang bernama asli Joel Thomas Zimmerman ini berpenghasilan USD 21 Juta  atau 236 milyar rupiah dari aksinya memakai topeng mickey mouse tiap malam.

8. Swedish House Mafia

Trio skandinavia ini menjadi kelompok eletronic dance music pertama yang bermain di Madison Square Garden. Mereka adalah Steve Angelo, Axwell dan Sebastian Ingrosso. Mereka mendirikan Swedish House Mafia sejak 2008, namun pada kuartal pertama 2013 mereka menyatakan bubar. Padahal dalam setahun, trio ini sudah bisa mencapai nominal USD 25 Juta atau 285 milyar rupiah dalam satu tahun.

9. David Guetta

DJ yang memiliki ciri khas dengan mencampurkan musik eletronik dan pop ini sukses besar dengan album NOTHING BUT THE BEAT. Selain jadwal manggung yang padat, ia juga mendapatkan sponsor dari dua perusahaan raksasa, yaitu Renault dan HP. Untuk itu, dalam satu tahun, David dapat menghasilkan uang senilai USD 30 juta atau 342 milyar rupiah.

10. Tiesto

DJ yang sudah beberapa kali datang ke Indonesia dinobatkan sebagai DJ paling mahal di Dunia. Pria asal Belanda ini untuk sekali melakukan DJ session dihargai  USD 32 Juta atau 365 milyar rupiah.

Dan,  per malam Tiesto berpenghasilan USD 250 ribu ATAU 2 milyar rupiah. Tijs Michiel Vermest atau Tiesto adalah seorang DJ pertama yang melakukan spinning di pagelaran olimpiade.

11. Calvin Harris

Menurut Forbes, Calvin Harris adalah DJ yang berpenghasilan lebih tinggi  daripada Jay Z dan Katy Perry tahun ini.  Dia mendapat penghasilan dari jasanya sebagai produser dan komposer.

Calvin sudah lebih dari 70 kali bermain di mega-club di Las Vegas. Mau tahu berapa penghasilannya tahun ini? dia telah mengumpulkan pecahan dollar senilai USD 48 juta atau 547 milyar rupiah.

Simak berita musik lainnya

5 Film Biopik Musisi Yang Dianggap Gagal

5 Musisi Ini Meninggal di Puncak Kesuksesan

5 Diva Cantik Yang Berani Pangkas Rambut Drastis!

5 Bintang Porno Yang Ternyata Punya Bakat Bermusik

5 Lagu Sendu Yang Cocok Kalian Nikmati Saat Hujan Turun

 

(kpl/trn)