10 Album Soundtrack Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa!

Rabu, 26 Maret 2014 07:01  | 

Idina Menzel



©istimewa

Kapanlagi.com - Film animasi adalah film keluarga yang selalu digemari semua orang. Lantaran memiliki segmen yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Selain itu, film animasi tidak hanya selalu sukses jadi film box office, tetapi juga merajai tangga lagu dunia. Pasalnya, soundtrack film-film animasi tersebut selalu laku terjual. Musik-musik pop yang inspiratif bervariasi dengan musik dan kepopuleran penyanyinya adalah formula jitu soundtrack yang bisa mensejajarkan kualitas dengan film animasi gandengannya.

Ada 10 film animasi terlaris dan sering masuk 10 besar tangga lagu dunia, soundtrack film animasi apa saja? Cek di sini. (kpl/trn)

1. Frozen

Film Frozen keluar pada momen yang sangat tepat. Saat orang-orang memang kedinginan dengan cuaca Amerika yang tidak menentu. Orang-orang seakan mencari kehangatan, dan Frozen pun sukses menyuguhi kisah tersebut.

Lagu-lagu Let It Go, In A Summer dan Do You Want to Build a Snowman? kini berserakan di dunia maya. Lagu-lagu tersebut secara fenomenal terus dicover dan diparodikan oleh semua orang. Single Let It Go sendiri dibagi jadi dua versi, yakni versi Idina Menzel dan Demi Lovato yang sama-sama jadi favorit semua orang. Sampai saat ini, album Frozen telah mendapatkan 1 platinum di Amerika, terjual 1.400.000 kopi sejak dirilis pada Oktober tahun lalu.

 

2. Curious George

Kera yang selalu usil dan ingin tahu, George, adalah favorit bagi semua orang. Tidak heran, Universal Studio kembali menyajikannya ke dalam layar lebar. Film ini dibintangi Drew Barrymore dan Will Ferrell yang jadi pengisi suara.

Nah, yang menarik juga datang dari soundtrack film animasi lucu tersebut. Mengambil titel Sing-A-Longs and Lullabies for the film Curious George, soundtrack ini diisi oleh Jack White (The White Stripes), Jack Johnson dan Ben Harper.

Setelah Pocahontas, album OST Curious George kembali membuat album soundtrack mendominasi Billboard Hot  200.

3. Cars

Aksi kebut-kebutan Lighting McQueen di arena balap dan Radiator Spring diterjemahkan dengan baik lewat album soundtracknya. Film animasi produksi Pixar ini terlihat ingin tancap gas dengan penjualan albumnya.

Lihat saja nama-nama penyanyi yang mengisi album tersebut. Dirilis pada 2006, ada Paul Newman yang bekerja sebagai komposer, kemudian Sheryl Crow dan John Mayer adalah bintang utamanya. Ya. Album soundtrack ini adalah kendaraan yang berhasil finish di urutan 6 Billboard. Yang kemudian membawa pulang plakat platinum.

 

4. Tarzan

Film animasi Tarzan yang dirilis pada tahun 1999 berhasil membuat eksistensi Walt Disney semakin tinggi. Untuk masalah soundtrack, Walt Disney juga tidak pernah setengah-setengah.

Buktinya, nama Phil Collins sukses disandingkan dengan Mark Mancina. Kolaborasi ini menghasilkan lagu-lagu pop yang menarik. Contohnya adalah lagu Two Worlds dan You'll Be in My Heart yang meraih penghargaan Oscar, Grammy dan Golden Globe sebagai original soundtrack terbaik. Penjualan di pasaran pun cukup baik, dengan mendarat di posisi 5 tangga lagu Billboard.

 

5. Shrek 2

Shrek telah menjadi salah satu film animasi paling laris di dunia. Tapi untuk urusan Soundtrack, Shrek 2 adalah yang terbaik. Pasalnya, di album tersebut terdapat single Counting Crows berjudul Accindentally In Love yang jadi favorit semua orang.

Album ini sangat memanjakan telinga para pecinta musik. Pasalnya, ada penyanyi-penyanyi berkualitas yang dihadirkan di sini. Seperti Frou Frou, Dashboard Confessional, Eels, Tom Waits hingga David Bowie. Album ini berhasil masuk di top 10 Billboarad 100. Dan jadi jawara bertahan di kategori movie soundtrack.

 

6. Pokemon

Pokemon First Movie tidak hanya seru ditonton, tetapi juga didengarkan. Pasalnya, album soundtrack dari Pokemon sangatlah menarik. Ada lebih dari seorang popstar yang mengisi album tersebut.

Sebut saja Britney Spears, Christina Aguilera, Aaron Carter, NSync, dan M2M adalah deretan popstar yang namanya tercantum di album soundtrack Pokemon. Album ini telah mendapatkan masing-masing 2 platinum di Amerika Serikat dan Australia.

7. Space Jam

Jika berbicara film animasi Space Jam tentu tidak dapat dilepaskan dari aksi pebasket Michael Jordan. Cerita Michael yang terjebak di antara dunia kartun itu jadi kesukaan anak-anak dan remaja di tahun 1996 silam.

Nah. Tentu hafal juga dengan single I Believe I Can Fly? Yap, single yang dinyanyikan oleh R Kelly tersebut adalah lagu yang paling memorable dalam album soundtrack Space Jam. Dari tahun 1996 hingga 2001, setidaknya album ini telah meraih 6 kali plakat platinum.

 

8. Pocahontas

Titel Pocahontas adalah film animasi klasik ke-33 yang digarap dengan sukses oleh Walt Disney. Film ini diisi oleh para bintang ternama seperti Mel Gibson, Christian Bale dan Iren Bedard.

Secara soundtrack, film ini menandai kiprah Alan Menken untuk membesut film-film Disney. Alan sukses membuat album soundtrack Pocahontas meraih triple platinum certifaction. Lagu-lagu andalan di album ini adalah The Virginia Company, Colors of the Wind dan If I Knew You.

 

9. The Lion King

Tim Rice kembali mendapat kepercayaan oleh Walt Disney untuk menggarap film animasi The Lion Kings. Tidak sendirian, Rice kini berkolaborasi dengan musisi kebanggaan Inggris, Elton John.

Film animasi yang sarat akan pesan moral itu memiliki beberapa hits yang merajai Billboard Amerika Serikat, misalnya I Just Can't Wait To Be King, Can You Feel The Love Tonight dan Hanuka Matata.

Selain jadi album terlaris pada tahun 1994, album ini jadi satu-satunya album soundtrack yang meraih sertifikat diamond. Dengan kata lain, album ini berhasil mencetak rekor 10 kali mendapatkan platinum.

10. Aladdin

Tahun 1992, Walt Disney merilis film animasi Aladdin. Film animasi adaptasi dari kisah dari negeri 1001 malam itu jadi film yang paling digemari pada zamannya, mungkin sampai sekarang.

Selain menyajikan gambar animasi yang tidak perlu diragukan lagi, serta cerita film yang jenaka dan menyentuh, soundtrack film tersebut juga jadi nomor satu di tangga lagu Billboard. Lagu-lagu hits seperti Arabian Nights, Friend Like Me hingga A Whole New World adalah karya yang sukses mendulang banyak prestasi.

Berkat lagu-lagu tersebut, OST Alladin dapat menyabet 7 penghargaan di Grammy dan Academy Awards. Sedikit banyak, album soundtrack ini bisa menghasilkan pemasukan USD 504 juta atau 5 triliun untuk keuntungan film secara global.

Sudah baca??

Ritual Mumi dari Jepang, Dijamin Bikin Merinding!

Fenomena Unik, Percayalah Mereka Pasangan Transgender!

10 Tatto Terselubung Miley Cyrus, Pernah Lihat?

6 Popstar Dengan Bra Mereka Yang Unik!

7 Curhatan Bryanna, Fans Justin Bieber Yang Diet Mati-matian!

9 Lagu Nyesek Saat Diri Hanya Jadi Pengagum Rahasia!

(kpl/trn)