Lewat Euforia ID, Endank Soekamti Siap Ajak Band Lain Mandiri

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Lewat Euforia ID, Endank Soekamti Siap Ajak Band Lain Mandiri Endank Soekamti © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Tidak bisa dipungkiri jika sepak terjang Endank Soekamti selama 15 tahun telah memberi banyak pengaruh dan dampak besar bagi skena musik indie dan industri musik major. Setelah lepas dari label, band asal Yogyakarta itu pun lantas membangun berbagai project baru dengan bendera utama yang bernama Euforia ID.


Di dalamnya, terdapat berbagai sub-channel yang awalnya digunakan Endank Soekamti untuk memenuhi kebutuhan mereka sebagai band. Namun, nyatanya ekosistem musik yang dibangun Erix, Ari, dan Dory ini pun mulai beranjak untuk menjangkau dan membuat band-band lokal jadi mandiri.


"Kita akan tawarkan ke band-band yang lain juga (Euforia ID). Supaya terjadi hal yang sama, mandiri dalam bekerja, dan merdeka dalam berkarya," jelas Endank Soekamti saat ditemui KapanLagi.com® di hotel Blue Sky, Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (3/1).


Endank Soekamti siap mengajak dan mambuka peluang bagi band-band lokal untuk mandiri © KapanLagi.com/Agus ApriyantoEndank Soekamti siap mengajak dan mambuka peluang bagi band-band lokal untuk mandiri © KapanLagi.com/Agus Apriyanto


Diakui Endank Soekamti kalau project besar tersebut memang belum dibuka secara resmi. Namun dari sejumlah sub-channel yang ada, Euforia Digital (klip, animasi) sudah mulai banyak digandeng sejumlah band-band lokal untuk bekerjasama.


"Belum kita buka sih sebenernya, kita akan buka berbarengan dengan album baru. Tapi kalau Euforia digital-nya sudah banyak (band yang masuk dan bekerja sama)," lanjut mereka.


Untuk itu, mereka sama sekali tidak memberikan kriteria apa pun untuk setiap band yang mau bergabung dan menjalin kerjasama dengan Endank Soekamti di project ini. "Ya, percuma juga kalo kita kasih kesempatan ternyata cuma buat band projekan yang besok bubar lagi, besok bikin lagi," pungkas mereka.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending