Monita Tahalea: 'DREAM, HOPE & FAITH', Kepolosan Vokal Dalam Balutan Jazz Yang Bersahabat

Senin, 24 Mei 2010 08:48 | 

Monita Idol






  • Monita Tahalea: 'DREAM, HOPE & FAITH', Kepolosan Vokal Dalam Balutan Jazz Yang Bersahabat
    Monita Tahalea - 'DREAM, HOPE & FAITH' ©www.myspace.com/monitahalea

KapanLagi.com - Oleh: Mahardi Eka

Masih terngiang di telinga bagaimana lagu Bagaikan Langit milik Potret dinyanyikan oleh Monita Idol dengan sentuhan swing dan jazz yang catchy pada kontes menyanyi INDONESIAN IDOL tahun 2005 lalu. Tak terbayang sebelumnya bagaimana lagu yang sebelumnya dinyanyikan dengan tempo cepat dan bersemangat oleh Melly Goeslaw, vokalis Potret, menjadi sedikit santai dan menenangkan oleh Monita. Sejak momen itulah saya yakin bahwa suatu saat nanti, gadis yang bernama lengkap Monita Angelica Maharani Tahalea ini, akan menjadi penyanyi hebat.

Walau akhirnya hanya keluar sebagai juara 4 pada kontes bernyanyi tersebut, karir Monita selepas kontes terbilang mulus. Dalam album kompilasi para finalis INDONESIAN IDOL SERI CINTA, ia dipercaya untuk membawakan lagu yang dipopulerkan Ruth Sahanaya, Keliru. Sekali lagi, Monita menyanyikan lagu hits Uthe tersebut dengan gaya yang 'Monita' banget. Terbukti dari larisnya lagu tersebut di chart-chart radio. Mungkin selain untuk bernostalgia dengan lagu Uthe tersebut, penikmat musik memang masih belum terpuaskan oleh penampilan Monita di ajang INDONESIAN IDOL. Vokal khasnya pun langsung disukai oleh Yovie Widianto, tak lama kemudian ia diajak bergabung dalam album KEMENANGAN HATI milik Yovie(2007), membawakan lagu Kekasih Sejati.

Daya tarik suara Momon, panggilan Monita, memang bukan pada vokal yang 'sangat' berkarakter, dalam artian vokalnya sangat luar biasa unik hingga tidak ada satupun penyanyi yang bisa menyamai. Vokalnya malah bisa dibilang sangat polos seperti anak ABG. Gaya bernyanyinya pun tidak dipenuhi dengan lekukan-lekukan yang terkadang malah membuat kuping yang mendengarkan jadi bosan. Namun, itulah Monita, ia selalu bisa membuat sebuah lagu terdengar manis dan catchy hanya dengan bermodal suara 'polos'-nya. Tanpa improvisasi yang berlebihan, Momon mampu memanjakan telinga dan hati para penikmat musik tanah air, seperti layaknya sedang mendongeng.

Suara Monita jugalah yang akhirnya menggelitik musisi sekaliber Indra Lesmana untuk membuatkan album solo miliknya, bukan kompilasi seperti sebelum-sebelumnya :) Dengan intuisi Indra yang memang pakar menggabungkan genre pop dan jazz dalam satu tatanan musik, terciptalah 6 lagu album solo debut milik Monita dengan 2 lagu lainnya adalah lagu lawas yang diaransemen ulang, Over The Rainbow yang pernah dipopulerkan Judy Garland dan God Bless The Child-nya Billie Holiday. Tak tanggung-tanggung Indra menggaet beberapa musisi nomor wahid tanah air untuk bergabung menggarap album ini. Sebut saja Dewa Budjana dan Aksan Sjuman. Monita...you are such a lucky girl.

Dari segi penggarapan musiknya, musik yang digarap Indra dalam album ini memang tidak hanya ditunjukkan bagi penggemar jazz saja. Keenam lagu yang digarap dalam album ini boleh dibilang terasa pop, seakan tidak ingin membuat Monita bernyanyi seperti wanita berumur yang menyanyikan lagu-lagu jazz 'kelas berat'. Tengok pemilihan lagu Over The Rainbow yang hanya diiringi oleh petikan gitar Oele Pattiselanno. Lagu ini memang sudah sangat familiar di telinga penikmat musik tanah air. Indra memang ingin musik jazz yang 'bersahabat' seperti itulah yang dibawakan oleh Monita dalam albumnya ini. Sedang untuk jenis musik pop yang up-tempo dapat ditemui di lagu Ingatlah dan Di Batas Mimpi.

Dengan melihat penampilan Monita di INDONESIAN IDOL, kemudian kerja samanya dengan Yovie di album kompilasi sebelum-sebelumnya yang bisa dibilang sukses, tentunya album DREAM, HOPE, & FAITH ini layak dikoleksi. Bukan ditujukan pada penggemar jazz saja, dan penggemar Monita tentunya, karena materi album ini memang terasa lembut dan menenangkan. Sebuah pengalaman baru bagi para penikmat musik yang memang belum familier dengan musik jazz kala mendengarkan 8 lagu yang ada di album ini. Dengan senyum Monita yang terpampang pada cover album serta warna pastel yang menghiasi albumnya, Monita seakan mengajak 'berteman' setiap orang yang mampir di toko kaset. Sebuah album yang patut anda taruh di rak koleksi CD anda di rumah, atau hadiah kepada pasangan tercinta anda, it's worth :)

Tracklist

1.Kisah Yang Indah

2.Ingatlah

3.Over The Rainbow

4.I Love You

5.Senja

6.God Bless The Child

7.Hope

8.Dibatas Mimpi (kpl/dka)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -