Tetap Kompak dan Eksis, Ini Alasan Bagus Tetap Bertahan di NTRL

Natanael Sepaya  |  Rabu, 13 Desember 2017 10:50
Tetap Kompak dan Eksis, Ini Alasan Bagus Tetap Bertahan di NTRL
NTRL © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Belakangan ini tidak sedikit band Tanah Air yang harus merelakan keputusan sang vokalis untuk mundur. Sebagai salah satu band kawakan yang tetap kompak dan eksis sampai hari ini, apa sih kira-kira alasan yang membuat Bagus Netral tetap bertahan di NTRL yang ia tukangi sejak tahun 1991?

"Sudah nyaman aja di sini. Kalau gue sih ngerasanya ya itu rumah pertama gue ya, ya karya gue di situ juga. Ya ngapain gue tinggal-tinggalin," ujar Bagus singkat, saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (11/12).

Bagus sendiri tidak menepis jika sisi idealisnya memang lebih tersalurkan saat bermain bersama NTRL. Selain itu, Bagus juga menjelaskan kalau ia selalu menerapkan pada Eno Netral dan Coki untuk tetap mengedepankan bersenang-senang ketika mereka berkumpul sebagai NTRL.

Nyaman dan tetap fun, jadi beberapa alasan Bagus masih bertahan di NTRL © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoNyaman dan tetap fun, jadi beberapa alasan Bagus masih bertahan di NTRL © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"(Sisi idealis lebih tersalurkan) Iya. Ya gue enggak tahu ya (yang lain), kalau gue sih ngebiasain sama Eno dan Coki, kami main fun aja. Mungkin kalau di (band) yang lain mereka bikin lagunya enggak fun gitu dan kita enggak nge-jam atau apa, itu kan ada ego masing masing, enggak tahu," lanjutnya.

Menariknya, Bagus kemudian mengungkapkan salah satu hal yang membuatnya tetap bertahan dan menjadi alasan untuknya enggan mundur dari NTRL dan memulai project baru. Menurut bassist NTRL itu, alasan pertama ketika membentuk band jadi hal yang selalu mengingatkannya untuk tetap berkarya bersama rekan-rekannya.

"Menurut gue sih balik lagi ke orang-orangnya dan balik ke band itu sendiri. Sekarang lo waktu sebelum ngetop atau apa, lo bikin band itu untuk apa tujuannya? Inget ke situ aja. Awalnya kan bikin band sama-sama, bareng-bareng, tujuannya apa sih? Terus begitu sudah ngetop, terus ngerasa, 'Wah gue yang paling ini terus maunya'. Ya kalau gue sih enggak gitu. Ya kita berangkat bareng-bareng ya harus bareng-bareng. Tapi kalau di tengah jalan misal ngerasa gimana, ya silakan aja," pungkas Bagus.

Yakin Sudah Baca Yang Ini?

Progress Sudah Capai 80 Persen, NTRL Akan Segera Rilis Album Baru!

VIDEO: Antara Hollywood dan K-Pop, Mana Yang Dipilih NTRL?

NTRL: 1 Tahun Lebih Ganti Nama, Sisi Pendewasaan - Rockstar Life

Energi Luar Biasa, NTRL Gebrak Kota Malang

Selain Musik, Inilah Sederet Hal Seru di 'Synchronize Fest 2016'