Tentang Kolaborasi di Industri Musik, Begini Komentar Raisa

Penulis: Natanael Sepaya

Diperbarui: Diterbitkan:

Tentang Kolaborasi di Industri Musik, Begini Komentar Raisa Raisa © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Kolaborasi tentu jadi hal yang sangat wajar dan lumrah ditemukan di industri musik, tidak terkecuali di Indonesia. Tentu saja salah satu kolaborasi apik yang dinanti-nanti tahun ini pun akhirnya terjadi, Raisa bersama Isyana Sarasvati. Hanya saja, bagaimana pandangan Raisa mengenai kolaborasi di industri musik sendiri?


"Kolaborasi itu yang pasti punya satu tujuan yang sama, dan menurut saya sebagai musisi dan seorang seniman, kolaborasi itu di musik sangat luas daripada sekedar duet saja. Salah satunya art (dan) culture, banyak banget kolaborasi culture, art artist, director, aktor di music video, clothing line," ujar Raisa, saat ditemui di acara Ideafest, JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2017).


Karena alasan-alasan itulah istri Hamish Daud ini mulai mencari tahu banyak hal mengenai ranah bisnis yang ada di industri musik Tanah Air. Pelantun Terjebak Nostalgia ini menemukan kalau pemahaman terhadap ranah bisnis di industri musik, membuatnya mampu tetap berkarya dalam koridor yang idealis dan menghasilkan.


Bisnis dan kolaborasi, punya hubungan yang kuat dalam industri musik © KapanLagi.com/Agus ApriyantoBisnis dan kolaborasi, punya hubungan yang kuat dalam industri musik © KapanLagi.com/Agus Apriyanto


"Jadi, aku ngerasa sebagai seorang musisi nggak boleh lagi buta dengan bisnis jaman sekarang. Karena banyak mungkin, oke, di dalam dunia musik gak mau jualan sold out. Kita bukan itu dalam belajar bisnis, tapi di dalam sebuah industri ada sebuah bisnis dan (bagaimana) kita tetap berkarya di idealisme kita dan lebih terarah dan efektif kalo ngerti bisnis," lanjutnya.


Sedangkan mengenai kolaborasinya bersama Isyana Sarasvati, Raisa lalu menjelaskan kalau hal tersebut terjadi dengan alasan lain di luar bisnis. Banyaknya isu yang beredar dan mengatakan kalau mereka saling berseberangan, jadi alasan untuk Raisa meluruskan hal tersebut melalui karya yang ia buat bersama Isyana.


"Kita pengen the right is issue, dengan adanya issue yang beredar di luar sana, 'benarkah Raisa dan Isyana bermusuhan?' Jadi apa yang kita perbuat, ya kita kembangin aja dengan isu itu, tapi bukan dengan mencari sensasi yang negatif, malah bikin kolaborasi yang positif. Ya cuman menurut saya bagi orang yang overprotective, egois, gak akan mengerjakan proyek seperti ini. Ini seru banget, isu yang diangkat bisa isu positif. Aku itu orangnya introvert dan suka malu sama orang baru, jadinya emangnya kalo aku sudah menemukan orang yang snagat cocok itu pasti aku nyaman," pungkasnya.




(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/ntn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending