Tak Punya Teknik Vokal Mumpuni, BCL Bangga Bisa Bertahan di Blantika Musik Indonesia

Tyssa Madelina  |  Selasa, 26 Desember 2017 09:45
Tak Punya Teknik Vokal Mumpuni, BCL Bangga Bisa Bertahan di Blantika Musik Indonesia
Bunga Citra Lestari © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Ditunjuk sebagai juri dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol, membawa kesan tersendiri bagi penyanyi cantik Bunga Citra Lestari. Setelah menemui berbagai macam kontestan dan karakteristik peserta, wanita yang akrab disapa BCL ini akhirnya membeberkan kriteria penyanyi yang memiliki kualitas bagus. Menurut BCL, tak hanya memiliki teknik olah vokal yang mumpuni, seorang calon penyanyi besar juga harus memiliki attitude yang baik.

"Kalau kriteria yang aku sukai tuh yang berkarakter pastinya, yang unik dan bisa stand out in the crowd. Selain itu, dia juga harus punya star quality dan attitude yang baik juga rasa yang baik," ungkap BCL saat ditemui di Press Conference Indonesian Idol, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (13/12).

Saat menjadi juri Indonesian Idol, BCL mengaku hanya ingin tampil apa adanya dengan tidak berusaha mencontoh karakter tertentu. Selain itu, ia juga belajar betul tentang bagaimana cara memberi kritikan dan masukan yang baik untuk peserta.

BCL berusaha tampil apa adanya saat menjadi juri di Indonesian Idol. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaBCL berusaha tampil apa adanya saat menjadi juri di Indonesian Idol. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Aku sebenernya selalu berusaha untuk tampil apa adanya dan tidak berusaha membuat satu karakter tertentu. Aku berusaha selalu straight forward tapi tetap memikirkan bagaimana caranya si kontestan ini bisa mengerti saat saya memberi pujian atau kritikan. Dan aku berusaha tidak membuat kontestan tersinggung saat saya memberi kritikan karena inti dari kritikan saya bukan untuk menjatuhkan seseorang atau meninggikan seseorang tapi supaya dia bisa berkaca dan belajar untuk kedepannya," jelasnya.

Bersanding dengan juri lain seperti Maia Estianty, Judika, Armand Maulana dan Ari Lasso tak membuat BCL merasa minder. Justru ia bangga karena masuk ke dunia musik dengan cara yang berbeda serta dapat bertahan hingga saat ini.

"Setiap juri pasti punya pengalaman yang berbeda-beda, kalau aku mungkin punya jalan sendiri yang agak belok-belok dan nggak jelas awal berkarirnya mau kemana. Tapi bernyanyi adalah mimpiku yang aku sedang jalani sekarang. Sama seperti para kontestan yang juga bermimpi ingin menjadi seorang penyanyi. Kesiapan mental itu yang bisa aku ajari pada para kontestan, contohnya gini, ga semua penyanyi punya teknik dan power yang hebat dan aku adalah penyanyi yang masih bisa survive berkarir selama 10 tahun sampai sekarang tanpa memiliki itu semua. Laguku masih diputar di radio, masih diundang ke berbagai acara televisi, meski udah punya anak dan suami aku masih bisa eksis dan aku masih ingin lebih lagi. Jadi aku akan mengajari para kontestan untuk memanfaatkan potensi yang ada di diri mereka karena jika ngomongin power dan teknik, Judika lebih hebat dari aku tapi sekarang aku bisa duduk berdampingan dengan dia menjadi juri di Indonesian Idol," pungkasnya.

Jangan Lewatkan!!

BCL Berbagi Cerita Pengalaman Saat Dubbing Film 'SI JUKI THE MOVIE'

Nggak Mau Kalah Dengan Syahrini, BCL Punya Jargon: Seriously?

Ini Alasan Bunga Citra Lestari Bangga Ikut Terlibat Dalam Film 'SI JUKI THE MOVIE'

Berhijab dan SWAG, Ayu Putrisundari Pukau Para Juri Indonesian Idol!

Dibandingkan Dengan Juri Indonesian Idol Sebelumnya, Begini Komentar BCL

(kpl/aal/tmd)

Simak Lifestyle Populer Lainnya

Lihat Arsip Musik

- - -