Tak Ada Persiapan Khusus Sebelum Manggung, Iwan Fals Rutin Latihan Karate dan Nge-Jam Bareng Band

Penulis: Silma Salsabilla

Diterbitkan:

Tak Ada Persiapan Khusus Sebelum Manggung, Iwan Fals Rutin Latihan Karate dan Nge-Jam Bareng Band
Iwan Fals Rutin Latihan Karate dan Nge-Jam Bareng Band / Credit Foto: KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Musisi Iwan Fals mengakui bahwa dirinya tidak ada persiapan khusus sebelum manggung di depan penggemarnya. Meskipun demikian, ia memiliki rutinitas harian khusus nih, KLovers.

Musisi Iwan Fals mengungkap bahwa dirinya memang punya suatu rutinitas dalam persiapan setiap manggung. Ia rutin latihan bersama band-nya. 

Cara ini ia lakukan agar tetap tampil prima di atas panggung. Selain itu, ia pun minta doa restu dari orang tua. Iwan Fals pun rutin melakukan latihan karate dan nge-jam bareng band.

 

 

1. Rutinitas Harian Iwan Fals

"Rabu dan Kamis saya latihan sama band, rutin dari jam 10 sampai jam 5. Selasa Jumat sore setengah empat sampai setengah 6 karate," kata Iwan Fals dalam jumpa pers Gaung Merah SeGALAnya di Posbloc, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

"Kadang kalo hari Minggu saya ikut latihan pusat. Terus hari-hari lain saya latihan pribadi, sendiri, gitar, nyanyi," tambah Iwan Fals.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Selalu Rutin Menjaga Kesehatan Agar Tetap Tampil Prima

Bukan cuma itu, penyanyi yang tergabung dalam grup SWAMI ini juga mengkonsumsi makan-makanan sehat untuk menjaga kesehatan. Kemudian, minum vitamin dan menjaga pola tidur yang teratur. 

"Itu semua banyak gerak, keringat, keluarga saya juga kasih makan lumayan, dijaga lah kesehatan. Kalo capek capek banget ya vitamin. Tapi kalo saya tidur bener, makan bener. Jadi cukup, lah," katanya.

Rutinitas tersebut selalu dijalani oleh Iwan Fals meskipun tak ada jadwal manggung. Karena itu, pelantun lagu "Belum Ada Judul" itu tak punya persiapan khusus disaat ada tawaran manggung. 

"Rutin aja, karena itu jadi persiapan khusus atau enggak. Tiba-tiba diajakin main 10 kota, temen temen semangat, sama tim 30 sampai 40 orang tuh menyiapkan diri. Semua orang doa doa, banyak berdoa dalam perjalanan," katanya.

 

3. Gelaran Gaung Merah SeGALAnya

Saat ini, Gaung Merah yang merupakan platform dibentuk untuk mengapresiasi karya-karya legendaris Indonesia dari musik, film, kuliner, mengukuhkan komitmennya dalam mengobarkan semangat menginspirasi generasi ke generasi melalui gelaran Gaung Merah SeGALAnya. 

Gelaran Gaung Merah SeGALAnya dilaksanakan di 10 kota Indonesia. Mulai dari 16 September di Medan, menyusul Pekanbaru, Tangerang, Karawang, Bandung, Lampung, Bekasi, Semarang, Malang, hingga berakhir di Makassar. Acara ini akan menghadirkan berbagai penampilan musisi dengan line up utama Iwan Fals & Band.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending