Sukses 1 Dekade Berkarya Bareng Kerispatih, Badai Sindir Sammy?

Fitrah Ardiyanti  |  Kamis, 24 Desember 2015 16:22
Sukses 1 Dekade Berkarya Bareng Kerispatih, Badai Sindir Sammy?
Kerispatih/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Band Kerispatih memang semakin jarang tampil on-air di layar kaca. Banyak yang mengira band yang digawangi Badai Kerispatih ini sedang vakum. Namun, dalam perayaan ke-12 label yang menaunginya, Nagaswara, Badai membantah bahwa Kerispatih 'sudah mati'.

"Kalau pertanyaannya tentang kenapa kita berdiam, sebenarnya enggak berdiam. Seperti yang tadi dibilang Mas Bens (Bens Leo), industri (tahun) 2005 beda dengan 2015, sepuluh tahun kemudian. 2005 itu orang senang lihat band pop. Kalau kita main di mall isinya itu, orang di mall pengen nonton band pop, sekarang orang di mall maunya nonton dangdut, sekarang eranya lagi dangdut," jelas Badai saat ditemui di kantor Nagaswara, Rabu (23/12).

Menurutnya, Kerispatih adalah band pop tertua di Nagaswara. Namun, kibordis ini menolak jika bandnya sudah nggak lagi laku hanya karena jarang muncul di TV. 

"Orang Indonesia standar artis laku, main di TV. Ya kan tapi gak tahu jatah off-air-nya. Benar dong? Jatah off-airnya minimal sepuluh kali, kita masih main. Jadi sebenarnya apakah parameter artis laku harus di TV? Enggak juga. Jadi ini paradigma harus diubah ketika Indonesia punya artis. Coba kita ambil (contoh) White Shoes (and The Couples Company), Burgerkill, ‎Endah n Rhesa, semua artis yang enggak pernah main di TV tapi jatah off-airnya gila-gilaan," ungkapnya panjang lebar.

Nggak perlu bermasalah dengan label, Kerispatih buktikan kualitas mereka selama 1 dekade berkarya/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoNggak perlu bermasalah dengan label, Kerispatih buktikan kualitas mereka selama 1 dekade berkarya/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Setahun ini, Kerispatih sudah manggung off-air sebanyak 8-10 kali. Ia pun mempersilahkan bagi orang-orang yang ingin mengecek berapa royalti yang mereka terima dari ITunes.

Ia pun kemudian seolah menyindir eks rekan sebandnya, Sammy Simorangkir, yang sedang bermasalah dengan labelnya. "Jadi kita gak perlu muncul di TV dengan gosip-gosip tarik benang apa segala macam. Gak perlu bermasalah dengan label, gak perlu," jelasnya.

Badai dan Kerispatih siap membuktikan keeksisan mereka dengan kualitas karya yang selama 1 dekade mereka buat. "Kita dapat penghargaan dari Hongkong, itu kebanggaan buat Kerispatih, gak tahu buat orang lain. Tetapi yang jelas dengan penghargaan tersebut kita menyatakan diri bahwa kita masih dianggap band yang layak dijadikan playlist manusia-manusia galau," tutupnya.

Jangan Lewatkan

Tak Dapat Laporan Keuangan Jelas, Sammy Simorangkir Tuntut Hak

Cari Solusi Terbaik, Pihak Sammy Pernah Ambil Langkah Somasi

Serang Balik, Label Ungkap Kejanggalan Laporan Sammy Simorangkir

Tak Dapat Royalti, Sammy Simorangkir Juga Diancam Pihak Label

'Mengarungi Keberkahan Tuhan' Sebuah Lamunan SBY di Hari Ultahnya

(kpl/aal/tch)


Lihat Arsip Musik

- - -