Soal RUU Permusikan, Anang Hermansyah: Saya Kepancing Emosi

Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Diperbarui: Diterbitkan:

Soal RUU Permusikan, Anang Hermansyah: Saya Kepancing Emosi
Anang Hermansyah © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Anang Hermasyah dan RUU Permusikan terus jadi perbincangan panas. Terutama di kalangan musisi tanah air. Banyak yang kontra, tapi tak sedikit juga yang ingin mendengarkan penjelasan lebih dalam darinya.


Akhirnya kemarin (4/2) dibuatlah sebuah diskusi terbuka soal RUU Permusikan ini di Cilandak Town Square. Rekan-rekan musisi tanah air turut hadir untuk mendengarkan penjelasan ayah Aurel Hermansyah soal hal 'aturan' itu, serta berdiskusi untuk menggodok RUU ini lebih dalam.


Anang sendiri mengaku kalau dirinya sadar betul dengan pro-kontra yang timbul karena RUU ini. Ia pun tetap menunjukkan apresiasinya kepada musisi yang mendengar penjelasan langsung darinya. Misalnya saja dari musisi Glenn Fredly yang akhirnya ia 'hadiahi' dengan pujian.


Anang Hermansyah puji Glenn Fredly © KapanLagi.com/Agus ApriyantoAnang Hermansyah puji Glenn Fredly © KapanLagi.com/Agus Apriyanto


"Ini kan kita kan permasalahannya banyak sekali. Yang tidak setuju, ya kita tanya, 'Kamu tidak setujunya di bagian mana? Masukan kamu apa?' Kayak tadi banyak sekali, ada KNTL RUUP, banyak. Makanya tadi Mas Glenn (Fredly) bagus. 'Kapan kita akan duduk bersama-sama? Kenapa tidak setuju, apakah ada masukan?' Supaya memperkaya yang sekarang ada. Itu kita bahas ulang dan kita sampaikan ke publik," terang Anang Hermansyah saat dijumpai usai diskusi RUU Permusikan di Cilandak Town Square, Senin (4/2).


1. Kepancing Emosi

Munculnya RUU Permusikan ini jelas bikin geger di kalangan musisi tanah air. Tak sedikit yang menentang RUU ini hingga berani mengemukakan pendapatnya via media sosial seperti Twitter da Instagram.

Tak jarang nama Anang dikaitkan dengan rasa kecewa para musisi tersebut. Lantaran Anang ikut andil bagian dari munculnya RUU ini. Lantas bagaimana dengan Anang sendiri? Masih pada kesempatan yang sama, Anang mengungkapkan kalau dirinya ikut terbawa emosi.

"Kalau dibilang saya kepancing emosi. Karena saya harus menerima (opini) dari berbagai pihak. Ini sebuah perjalanan proses yang harus saya jalani. Saya akan menerima segala masukan dengan baik, karena tujuan saya tetap ingin bagaimana (industri musik) ini bisa diperbaiki. Itu maksud saya. Tadi Mas Glenn (Fredly) jelas. 'Kapan kita akan duduk sama-sama untuk diskusi?'", sambung Anang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Jerinx?

Selain menghargai cara Glenn Fredly untuk mencari tahu lebih dalam soal RUU Permusikan ini, Anang Hermansyah juga mengemukakan pendapatnya tentang Jerinx. Personel band SID yang dengan lantang tidak setuju dengan RUU Permusikan hingga membuat Ashanty, istri Anang merasa kesal.

"Ya itulah bagian yang memberikan khasanah baik. Ini masukan tapi caranya berbagai macam cara, itu kan bentuk cara saja. Kalau kita duduk bersama dengan tenang, dengan mengkaji dengan baik, Bagaimana perjalanan musik indonesia dengan tepat? Bagaimana kesejahteraan? Bagaimana kita tak punya standar musik dan pembayaran? Terus kita tidak punya gedung-gedung pertunjukkan di daerah, sementara konser di daerah kan butuh'," papar Anang Hermansyah.

Ingin tahun bagaimana kelanjutan diskusi terbuka soal RUU Permusikan ini? Simak terus update soal RUU Permusikan di KapanLagi ya!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending