Soal Musik, Ageng Kiwi: Musisi Harus Membagi Optimisme & Semangat

Helmi Romadhon  |  Senin, 20 Februari 2017 21:15
Soal Musik, Ageng Kiwi: Musisi Harus Membagi Optimisme & Semangat
Ageng Kiwi © KapanLagi.com®/Muhammad Rasyad

Kapanlagi.com - Banyak pendapat yang mengatakan bahwa industri musik Indonesia saat ini tengah lesu. Tapi, penyanyi dangdut Ageng Kiwi malah berpikir beda. Menurutnya, seorang seniman harus tetap optimis dan terus berkarya dengan semangat.

"Seniman mesti memberi pengharapan. Ia harus membagi optimisme dan semangat pantang menyerah," kata Ageng Kiwi saat ditemui di bilangan Ceger Bambu Apus, Cipayung Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Menurut pengamatan pria asal Cilacap, Jawa Tengah ini, musik Indonesia kini terpengaruh teknologi yang semakin berkembang. Musik yang semula hanya bisa didengar dalam format audio kini ke digital.

Ageng Kiwi bicara soal industri musik © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoAgeng Kiwi bicara soal industri musik © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Rasio pengguna media baru (digital) semakin besar dibanding pengguna media lama. Karena media baru memiliki sifat akses yang mudah, harga bersaing dan pengoperasiannya sederhana. Hal ini membuat akselerasi perubahan semakin cepat. Inilah yang kerap dituduh sebagai biang lesunya industri musik, selain juga faktor pembajakan," katanya.

Bagi Ageng sendiri musik Indonesia bisa saja kembali ke masa jayanya. Yang perlu dilakukan adalah membuat karya dan menggunakan trik nyanyi yang benar agar lagu lebih enak didengar.

"Sebuah lagu akan terdengar asyik kalau dinyanyikan dengan benar. Sama seperti menjalankan taktik dengan benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, untuk menghadapi fenomena ini, hanya ada satu kata dari saya, lawan!" ujarnya.