Simpel dan Rapih, Seperti Apa Sih 'Pedalboard Effects' Yang Baik?

Natanael Sepaya  |  Rabu, 21 Oktober 2015 18:50
Simpel dan Rapih, Seperti Apa Sih 'Pedalboard Effects' Yang Baik?
Dewa Budjana © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Selain menjadi gitaris Gigi, Dewa Budjana juga dikenal sebagai salah satu gitaris top Tanah Air. Sepak terjang hingga gaya permainan Budjana pun sukses membawa John Mclaughlin untuk tampil bersamanya dalam konser maestro gitar DUAJI GURUJI beberapa waktu lalu.

Dalam persiapannya menjelang konser, tampak pedalboard yang menjadi tempat di mana sejumlah efek gitar Budjana tertata. Diisi dengan sederet merk efek gitar ternama dan mahal, pedalboard Dewa Budjana tampak begitu rapih tertata, sangat bersih dari kabel-kabel yang biasanya terlihat semrawut.

Lalu, apa pedalboard effects harus tampak mahal dan rapih seperti Dewa Budjana? Belum tentu lho KLovers. Yang pertama harus kamu mengerti sebagai gitaris tentang pedalboard adalah rundown atau susunan effects yang memang kamu butuhkan baik saat latihan atau pun perform.

Yap, misal saja untuk memudahkan tuning gitar, letakkan tuner pada posisi pertama. Atau jika seandainya kamu menggunakan pedal WAH, pastikan apakah kamu ingin semua sound pada efek kamu ditembak oleh sinyal pedal tersebut atau tidak. Jika iya, berarti urutan pedal ini harus berada dekat dengan input gitar.

Pedalboard Dewa Budjana bisa kamu contoh, tapi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget-mu © KapanLagi.com/Rasel AmbaritaPedalboard Dewa Budjana bisa kamu contoh, tapi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget-mu © KapanLagi.com/Rasel Ambarita

Tapi tak jarang beberapa gitaris akan sedikit direpotkan dengan banyaknya tombol efek stompbox demi mengatur sound gitar yang dihasilkan. Nah, kalau kamu nggak mau repot, cara Budjana yang memakai pedalboard switching system (Custom Audio Electronic, RST-LS) ini bisa kamu tiru.

Tinggal mengatur sejumlah efek untuk mendapat sound gitar yang kamu mau dan menyimpannya dalam benda gokil yang satu ini, maka kamu tidak perlu repot-repot melihat mana tombol yang harus kamu tekan. Meski harganya cukup menguras kantong, tapi hardware seperti ini berguna banget lho.

Lalu yang tidak kalah penting adalah Daisy Chains atau kabel konektor penghubung setiap efek stompbox kamu KLovers. Pastikan kamu memilih kabel dengan kualitas yang baik seperti milik Planet Waves misalnya. Hal ini berfungsi untuk menghantarkan sinyal dengan baik tanpa putus sampai ke output.

Selain itu, kamu juga bisa memakai kabel konektor dengan bentuk L yang akan menghemat ruang pada pedalboard. Atau, kamu juga bisa memakai hardware yang sama seperti Budjana di mana semua kabel tersimpan rapih di dalam box pedalboard yang juga berfungsi sebagai power supply.

Jangan sampai kamu dibuat repot dengan pedalboard yang semrawut! © KapanLagi.com/Rasel AmbaritaJangan sampai kamu dibuat repot dengan pedalboard yang semrawut! © KapanLagi.com/Rasel Ambarita

Nah, ini dia benda terakhir yang cukup vital. Sebagai gitaris, kamu harus tahu seberapa besar daya yang dibutuhkan masing-masing efek yang kamu punya lalu tentukan mana power supply yang menurutmu sanggup menampung daya yang dibutuhkan.

Tapi semuanya tetap kembali pada selera dan budget kamu KLovers. Untuk membangun sebuah pedalboard yang nyaman seperti Budjana bisa dipastikan kamu akan merogoh kocek yang sangat dalam. Karena itu, sering-sering lah membandingkan kualitas serta jenis efek di internet atau YouTube dan harga yang sesuai dengan kantongmu untuk mengakalinya.

So, selamat membangun pedalboard-mu sendiri KLovers. Jangan lupa juga untuk selalu melihat, mencari tahu, belajar, dan membuat daftar efek yang benar-benar kamu butuhkan. :)

Sudah Baca Yang Ini?

Dewa Budjana Cuap-Cuap Soal John Mclaughlin & Museum Gitar-nya

Diundang Budjana, John McLaughlin Mau Tampil di Bali & Beri Gitar

DUAJI GURUJI, Saat Maestro Gitar Dunia Gabung di Bali

'#3Perempunku', Kisah Tiga Wanita Dipoligami Pejabat Korup

Masuk Bulan Puasa, Gigi Malah 'Kehilangan' Dewa Budjana

(kpl/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -