Sesi Curhat, Ade Govinda: Musik Indonesia Seperti Bola Liar Ya

Risang Sudrajad  |  Jumat, 27 Maret 2015 09:50
Sesi Curhat, Ade Govinda: Musik Indonesia Seperti Bola Liar Ya
Ade Govinda @foto: © KapanLagi.com/Rita
Kapanlagi.com - Meski kini disibukkan dengan menjadi seorang produser, band Govinda tetap menjadi prioritas untuk Ade. Bahkan, dia membocorkan jika akan ada album baru yang telah dipersiapkan olehnya.

"Govinda sebentar lagi rilis lagu baru. Kita balik lagi ke konsep awal kayak Domino (sebelum berganti nama Govinda). Govinda dengan lagu-lagu british gitu lah. Jadi memang lagi banyak yang dikerjain. Ibaratnya kita sama-sama memulai, ya di musik itu kan nggak ketebak mana yang mau booming dan segala macamnya yang penting serius aja," cerita Ade yang ditemui di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan pada (24/3).

Musik Indonesia seperti bola liar ya, dangdut bisa ngetop, jazz bisa ngetop, pop bisa ngetop, jadi bikin yang benar-benar dari hati kita.
Govinda Band
 

Ada sebuah alasan unik mengapa Govinda masih setia dengan konsep awal yang sudah dibawanya. Menurut Ade, mereka dirasa kurang cocok bila harus membawakan sebuah karya dengan konsep ballad.

Govinda @foto: © KapanLagi.com/RitaGovinda @foto: © KapanLagi.com/Rita

"Lebih cocok di situ kali ya. Kita jujur aja kurang cocok bawain lagu ballad gitu. Memang jiwanya di situ sih. Ya penggarapan (album baru) musiknya benar-benar diseriusin, sound-nya segala macam," lanjut sang gitaris ini.

Munculnya banyak idola baru juga bukan menjadi sebuah penghalang bagi mereka.  Baginya, sebagai musisi jangan hanya memikirkan segi komersil saja, tetapi buatlah musik dari hati.

Govinda @foto: © KapanLagi.com/RitaGovinda @foto: © KapanLagi.com/Rita

"Musik Indonesia seperti bola liar ya, dangdut bisa ngetop, jazz bisa ngetop, pop bisa ngetop, jadi bikin yang benar-benar dari hati kita. Tapi, ya nggak usah mikir laku apa nggaknya. Karena sebenarnya sekarang lebih gampang. Memang lebih banyak musisinya, tapi kesempatan buat booming lebih besar daripada dua tahun lalu yang musiknya sejenis, beragam gitu-gitu doang," tambah pacar Christina Colondam ini

Dalam kesempatan kali itu, Ade juga mengungkapkan bagaimana sulitnya musisi menjual album secara fisik sekarang ini. Hal itu yang menyebabkan para musisi lebih memilih merilis lagu secara digital. Beruntung sekarang teknologi makin canggih. Semuanya pun bisa dilakukan lewat internet.

"Sebenarnya sih (merilis  lagu) bisa dengan apa aja. Kayak iTunes. RBT juga tahun ini udah lebih bagus dibanding dua tahun lalu. Udah naik lagi. Itu salah satu penghasilan yang besar buat musisi. Jadi memang sarana yang ada dimaksimalkan saja. Sosial media juga sudah nomor satu (untuk promo). Itu yang bisa dilakuin artis secara gampang," tutupnya.

Baca Juga Berita Ini

Ade Govinda Bikin Duo Arka Jadi Bikin Lagu Melankolis?

Ade Govinda Tak Butuh Waktu Lama Garap Soundtrack Film Sam Brodie

Proyek Bareng, Ade Govinda - Deasy Natalia Bakal Cinlok?

Latihan Nembak, Ade Govinda Pakai Peluru Asli

Tak Bisa Nembak, Ade Govinda Harus Berguru Pada Wanita Ini

(kpl/rhm/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -