Serunya Inspirasi Cinta Yovie and His Friends Yang Sukses Bikin Gagal Moveon

Kamis, 08 November 2018 15:40  | 

Yovie Widianto



Yovie Widianto © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Salah satu konser spesial tahun ini, Inspirasi Cinta Yovie and His Friends baru berlangsung di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/11) malam. Maestro musik yang telah menelurkan banyak lagu hits pop cinta Tanah Air ini benar-benar mempersembahkan pertunjukan "intimate" yang selaras dengan tajuk konsernya.

Bersama sahabat musisinya yang lain, Yovie Widianto seperti menyajikan sebuah konser dambaan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, penonton bisa bernyanyi sepanjang malam dari lagu-lagu hits ciptaannya lengkap dengan dinyanyikan oleh musisi-musisi papan atas Tanah Air. Nama-nama seperti Marcel Siahaan, Glenn Fredly, Tulus, Kahitna, Rossa, BCL, HiVi, 5 Romeo, dan anak sulungnya, Arsy Widianto bersama Brisia Jodie ikut memeriahkan.

Video dari Addie MS tentang Yovie yang ditayangkan di layar besar, mengawali konser yang berlangsung selama 3,5 jam ini. Pujian datang dari ayah Kevin Aprilio yang menyebut Yovie sebagai seorang "hitsmaker" karena mampu menciptakan lagu yang menjadi hits lintas generasi. Mulai dari penyanyi legendaris hingga penyanyi muda.

1. Sosok Inspirasi Lagu Yovie

Konser Inspirasi Cinta Yovie and His Friends pun dimulai sekitar pukul 20.30 WIB, dengan Shopia Latjuba sebagai pembawa acara. Pertunjukan dibuka oleh penampilan 5 Romeo yang membawakan Ada Cinta, lagunya yang dinyanyikan oleh Girl Band Bening pada tahun 1997. Seusianya, Yovie pun baru naik ke atas panggung.

Tampil dengan gaya khasnya, Yovie Widianto rapi mengenakan setelan blazer biru tua seraya disorot lampu putih di sisi kanan panggung dan tentu bersama grand piano dan keyboardnya. Sambil menyapa sekaligus menjawab pertanyaan yang mungkin hampir semua orang ingin tau, komposer berusia 50 tahun ini bercerita mengenai inspirasinya dalam membuat lagu.

"Banyak yang bertanya sama saya kenapa wanita menjadi inspirasi saya. Dulu waktu kecil saya SD di Bandung. Ibu saya nggak yakin musik itu bisa jadi sesuatu. Tapi saya berkeyakinan musik bisa jadi jalan saya," kata Yovie.

Meskipun pada tahun 1991 memenangkan penghargaan sebagai The Best Composer pada Young Star International Festival di Taiwan, nama Yovie belum berhasil mencuri perhatian masyarakat. Kendati demikian, respons sang bunda ketika itu sangat menyentuh sekaligus menjawab pertanyaan besar tadi.

"'Ah gak papa yang penting ibu jadi fans pertama kamu' kata Ibu saya. Itulah kenapa wanita jadi inspirasi saya membuat lagu," jelasnya.

2. Hadirkan Para Sahabat

Kemudian Yovie pun memberikan kejutan dengan menyambut sahabatnya naik ke atas panggung. "Tidak ada di list bintang tamu, ini lagu soal cinta beda keyakinan, sambut sahabat saya Marcel Siahaan!," sontak riuh sorak penonton pecah seraya ikut bernyanyi bersama.

Glenn Fredly dengan balutan jas abu-abu dan topi fedora khasnya, menjadi sahabatnya yang kedua dengan membawakan lagu "Engga Ngerti" milik Kahitna, "Satu Mimpiku", dan "Cukup Sudah". Keintiman semakin terasa saat musisi asal Ambon ini mencairkan suasana dengan candaannya menyambut mama-mama muda dengan kemerdekaannya tanpa membawa pasangan.

Kejutan kembali dihadirkan sesaat ketika Tulus menggantikan Glenn bernyanyi. Usai Tulus menyanyikan "Takkan Terganti", Yovie seakan memberikan isyarat bahwa dalam waktu dekat mereka bertiga akan berkolaborasi menghasilkan karya bersama. Yap, layak ditunggu!

Setelah HiVi membawakan hits Kahitna berjudul "Andai Dia Tahu", Yovie memanggil sahabat barunya yang dipanggil dengan julukan "bro". Di luar dugaan, ternyata sahabat barunya adalah anak sulungnya sendiri, Muhammad Arsy Widianto yang menyanyikan "Suratku" bersama Hedi Yunus. Melihat penampilan anak-ayah dan obrolannya di atas panggung sungguh menyenangkan dan menambah jelas menambah keintiman.

3. Konser Berlangsung Meriah

Malam masih sangat panjang dan tentu penuh dengan deretan penampilan memukau lainnya. Kahitna tampil enerjik dengan koreonya, reuni Yovie & Nuno, duet Rossa & BCL, duet Arsy & Brisia Jodie, tantangan aransemen lagu untuk Yovie dalam 15 menit, dan lautan cahaya flashlight penonton menemani penampilan solo piano "Janji Suci" miliknya merupakan sajian manis nan indah yang layak disanjung sebagai cinta satu malam.

"Saya harus mengucapkan terima kasih banyak untuk semua (penonton) yang hadir dan juga sahabat saya yang bisa hadir semua. Saya tidak mungkin bertahan tanpa cinta kalian yang hadir dari ujung sana sampe ujung sana," ucapnya.

"Saya tau ini bukan kehebatan saya tapi anugerah Tuhan yang diberikan kepada saya untuk memberikan cinta lewat lagu yang saya ciptakan," tutupnya.

Konser indah ini harus berakhir pada pukul 23.40 WIB dengan penampilan seluruh sahabat musisi Yovie yang membawakan lagu Juwita dengan kemeriahan letupan confetti disertai kepulan asap putih dan tepuk tangan kagum para penonton.

#Berita HOT Lainnya!

Ulang Tahun Ke-50, Yovie Widianto Gelar Konser Inspirasi Cinta

Glenn Fredly Donasikan 100 Juta Dari Konser 'Tanda Mata' Untuk Sulawesi Tengah

Brisia Jodie Menangis Tampil di Prambanan Jazz 2018

Berbagi di Bulan Ramadan, Personil Yovie & Nuno Hibur Ratusan Anak Yatim Saat Sahur

Kolaborasi Dengan Anak, Yovie Widianto Beri Penampilan Berbeda!

(kpl/apt/jje)