Sering Diduga Langgar Hak Cipta, Tri Suaka Akan Lakukan Hal Ini

Senin, 13 Juni 2022 17:37


Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Musisi Tri Suaka sedang jadi sorotan lantaran kerap diduga melanggar hak cipta oleh sejumlah musisi. Seperti diketahui, Tri Suaka pernah meng-cover sejumlah lagu meski juga punya karya sendiri. Untuk itu, Tri Suaka menyambut baik hal yang mendukung konten kreator dan musisi.

Salah satunya hal yang mendukung itu adalah sebuah platform yang memungkinkan musisi, aktor, model, komedian, penari dan pelukis bisa mendapatkan hasil iklan hingga 80 persen. Bahkan, bisa mendapatkan 95 persen atas transaksi non-fungible token (NFT), merchandise, tiket pertunjukan, serta hasil livestream.

"Ini sebuah platform yang mendukung konten kreator dan musisi dalam berkarya. Selama itu positif pasti aku dukung. Apalagi digitalisasi sekarang memang mempermudah musisi," ungkap Tri Suaka saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Dengan teknologi blockchain, platform tersebut akan mengubah bisnis tradisional yang menyulitkan pencipta mendapatkan hasil maksimal atas karyanya. Hal itu dilakukan melalui sebuah ekosistem dan pengalaman yang memberikan peluang agar pelaku seni atau pencipta sebuah karya mendapatkan bagian lebih besar dari penjualan karya-karya mereka, tanpa perlu melibatkan pihak ketiga.

1. Apresiasi Bagi Para Konten Kreator

Allan Klepfisz selaku CEO Fenix360 mengatakan, dengan hadirnya platform ini diharapkan dapat mendukung serta memfasilitasi para musisi, aktor dan konten kreator dalam berkarya. Platform ini juga merupakan bentuk apresiasi yang tinggi terhadap karya para musisi yang dihasilkan dengan susah payah.

"Kami ingin semua komunikasi kami didasarkan pada substansi bukan stagnan atau bahkan hanya keyakinan yang kuat saja," kata Klepfisz.

Platform ini dikembangkan oleh para praktisi dan ahli di bidang teknologi, musik, seni, keuangan, dan media. Mereka berangkat dari pengalaman para pendirinya yang menyaksikan miliaran dolar uang mengalir di industri seni dan musik namun para artis dan pencipta masih bergelut dengan masalah keuangan.

2. Tri Suaka Sambut Baik

Melihat hal ini, Tri Suaka pun ingin segera mencoba. baginya, ini merupakan angin segar bagi para musisi.

"Kalau sifatnya positif pasti kita bakalan coba nih," pungkas Tri Suaka.

(kpl/pur/ums)