Rossa, Bicara Soal Musik Baru dan Persiapan Konsernya

Natanael Sepaya  |  Jumat, 07 April 2017 11:22
Rossa, Bicara Soal Musik Baru dan Persiapan Konsernya
Rossa © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Baru-baru ini Rossa kembali menegaskan langkahnya di dunia musik dengan merilis album baru, A NEW CHAPTER. Yang menarik, Rossa mengaku kalau saat ini ia semakin mengerti warna maupun aransemen musik yang disukai hanya dengan mendengarkannya pada 20 detik pertama.

"Aku udah kebiasaan denger lagu itu baru 20 detik tapi aku udah bisa bilang, 'ah aku suka lagunya,' atau, 'ah aku gak suka lagunya,' kadang-kadang abis aku suka baru dengerin keseluruhannya. (Pada) 20 detik awal itu lagu harus catchy sehingga aku bisa suka juga. (Aku) Jadi malah rajin banget ngumpulin lagu, aku juga nyari lagu dan sebagainya. akhirnya terpilih 9 ini," ujarnya saat ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017).

Lebih jauh, Rossa juga menceritakan bagaimana pengalamannya bekerja bersama musisi luar pada saat menggarap materi album barunya ini. Meski menurutnya tak jauh berbeda dengan musisi Indonesia, tapi Rossa melihat di mana musisi luar lebih memperhatikan hal-hal teknis secara detail.

Kerjasama dengan musisi luar, Rossa tidak banyak merasakan perbedaan © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoKerjasama dengan musisi luar, Rossa tidak banyak merasakan perbedaan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Sebenernya kerjanya nggak jauh beda ya dengan orang kita ya. Mungkin arranger atau operator di studio (yang beda). Tapi aku disodorin 4 mic berbeda. Bisa aja aku bait pertama dikasih mic A, reff-nya di mic C. Mereka tau karakter dan how it sounds. Misal mereka pengen suaranya lebih low, berarti harus pake merk A, misal lebih bright itu pake mic B atau C," lanjutnya.

Sedangkan perilisan album menjelang konsernya diakui Rossa tak lebih dari sekedar kebetulan. Namun ketika bicara soal konser, Rossa sendiri tidak menepis kalau sampai saat ini ia masih merasa grogi mengingat antusias besar yang ditunjukkan para penikmat musik.

"(Album rilis jelang konser) Kebetulan aja sih sebenarnya waktunya  ya, kebetulan albumnya selesai, dan KFC maunya di awal tahun. Jadi sebelum konser bisa launching album baru. Deg-degan soalnya udah tinggal bentar lagi. Alhamdulillah semua kelas sudah sold out, tinggal tribun sama festival, itu juga dikit lagi. Jadi minta doanya mudah-mudahan bisa sold out sebelum konser dan juga bikin semua orang happy," pungkas Rossa.

Sudah Baca Yang Ini?

Ingin Lebih Internasional, Rossa Bikin Lagu Berbahasa Inggris

'A NEW CHAPTER', Album Rossa Yang Penuh Eksplorasi

Prospek Karir Musiknya Lambat, Begini Respon Aura Kasih

Album Baru, Rossa Dapat Banyak Inspirasi Dari Afgansyah Reza

Rilis Album Baru, Rossa Libatkan Musisi Dalam dan Luar Negeri

(kpl/far/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -