Rich Brian Kembali Cetak Sejarah, Albumnya Masuk Top 20 Chart Billboard

Ahmat Effendi  |  Sabtu, 17 Februari 2018 14:22
Rich Brian Kembali Cetak Sejarah, Albumnya Masuk Top 20 Chart Billboard
Rich Brian cr: World Music Awards

Kapanlagi.com - Rapper muda Indonesia Rich Brian yang saat ini tengah berkarir di Amerika mencatatkan sejarah positif lewat album debutnya yang berjudul AMEN. Selain berhasil menjadi artis Asia pertama yang memuncaki chart hip hop ITunes, albumnya juga berhasil masuk chart Billboard.

Album rapper yang sebelumnya dikenal dengan nama Rich Chigga ini berhasil menduduki posisi 18 dalam Minggu debutnya di Billboard 200. Meski ini adalah kali pertama ia masuk dalam daftar chart album tersebut, Rich Brian berhasil mengalahkan sejumlah nama beken lain seperti Sam Smith, Eminem hingga Chris Brown. Sementara itu posisi pertama dari Billboard 200 ditempati oleh Justin Timberlake yang baru saja meluncurkan MAN OF THE WOODS.

Billboard 200 chart merupakan ranking dari album paling populer setiap Minggu. Chart ini dibuat oleh Nielsen Music dan untuk menentukan posisi dibuat berdasarkan metric penjualan album secara konvensional, dan juga penjualan dan streaming di dunia maya.

Album perdana Rich Brian langsung debut di nomor 18 chart Billboard 200 dan menjadi sejarah tersendiri bagi musisi Indonesia. cr: billboard.comAlbum perdana Rich Brian langsung debut di nomor 18 chart Billboard 200 dan menjadi sejarah tersendiri bagi musisi Indonesia. cr: billboard.com

Dengan masuk posisi 18, Rich Brian menjadi artis Indonesia pertama sepanjang sejarah yang berhasil debut di Top 20 chart Billboard 200! Nama bintang yang satu ini sebelumnya meledak lewat track Dat $tick yang cukup menyita perhatian. Namun pasca ketenaran tersebut, jelang perilisan album ia lebih memilih mengganti nama Rich Chigga menjadi Rich Brian.

"Rich Chigga bukan lah diriku lagi. Berada di Amerika membuatku sadar bahwa aku ingin berubah. Aku ingin melewati jalan tertentu dalam bermusik dan aku rasa itu adalah hal yang benar," ujar Rapper berusia 18 tahun tersebut ketika berganti nama Rich Brian.

Menariknya album AMEN yang diluncurkan pemilik nama asli Brian Imanuel ini mayoritas lagu-lagunya ia ciptakan sendiri. Meski demikian Rich Brian mengaku masih mencari-cari cara untuk bisa tumbuh lebih besar lagi.

"Agar sebuah lagu bisa jadi hit besar, aku rasa tidak ada formula yang pasti. Aku berusaha menciptakan hal baru dan lagu yang enak didengar. Aku hanya berusaha jadi lebih versatile," tandasnya.

Simak Juga:

Luncurkan Album AMEN, Rapper Indonesia Rich Brian Promosi di Acara James Corden

Bersejarah, Rich Brian Jadi Artis Asia Pertama Yang Puncaki ITunes Hip Hop Chart

Rapper Indonesia di Kancah Dunia, Rich Chigga Ubah Nama Panggungnya

Lebih Meriah, Rich Chigga Panaskan Suasana DWP Hari Kedua

Djakarta Warehouse Project 2017 Optimis Hasilkan 350 Miliar Untuk Devisa Negara

(wor/sjw)

Setelah Rich Brian, apa kamu tahu kalau 88rising punya satu lagi roster berasal dari Indonesia yang siap mencuri hati para penikmat musik Amerika?
8 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -