Restianade Rilis Single Perdana Sholawat Rindu, Ungkap Kerinduan Kepada Rasulullah

Diterbitkan:

Restianade Rilis Single Perdana Sholawat Rindu, Ungkap Kerinduan Kepada Rasulullah
Restianade Rilis Single Perdana Sholawat Rindu (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Restianade merupakan salah satu nama baru di industri musik Indonesia yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh khalayak luas. Bagaimana tidak, masyarakat di Indonesia dibuat terkesima berkat kemampuannya dalam melantunkan sholawat dan murottal di media sosial TikTok.

Resti, begitulah ia biasa disapa, menuturkan, kemampuannya melantunkan sholawat dan murottal sendiri ia dapatkan ketika dulu sempat menjadi salah satu santri di Pondok Pesantren An-Nuriyyah, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun jauh sebelum itu, pertemuannya bersama dunia tarik suara sudah dikenalnya sejak ia masih berusia 4 tahun berkat kedua orang tuanya yang juga menggeluti bidang yang sama.

"Kalau nyanyi sendiri sudah dari TK (Taman Kanak-kanak), kurang lebih waktu usia 4 atau 5 tahun, karena orang tua juga bisa nyanyi. Tapi, kalau terjun di dunia musik SMP (Sekolah Menengah Pertama), karena baru bisa main alat musik (gitar) ketika SMP kelas 3 dan itupun otodidak belajar dari Youtube," ungkap dara kelahiran Jember, 2 Juni 1998 silam tersebut.

1. Konsisten di Dunia Musik

Berkat konsistensinya terus belajar di dunia musik, Resti pun mampu menelurkan beberapa karya musiknya. Seperti single bertajuk 'Trauma' dan 'Kromatik Asmaraloka' yang dirilis pada awal tahun 2024. Nampak tak puas dengan pencapaiannya tersebut, penyanyi yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di Universitas Airlangga Surabaya ini kembali menelurkan karya terbarunya berjudul 'Sholawat Rindu'. Single ini resmi ia rilis pada Kamis, 29 Februari 2024 kemarin.

Resti mengungkapkan, selain aktif meng-cover lagu-lagu dari musisi lain, merilis karya original merupakan suatu hal yang menjadi prioritasnya dalam berkarya di industri musik Indonesia. Hal itu terbukti dari tiga karyanya yang berurutan dirilis di tahun yang sama.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Lagu Religi Pertama

'Sholawat Rindu' sendiri merupakan lagu yang ditulis oleh dua penulis lagu, yakni Bimas Nurcahya dan Faishal Rizal, dan menjadi lagu bertema religi pertama yang dirilis Restianade. 'Sholawat Rindu' mengisahkan tentang ungkapan kerinduan seseorang terhadap sosok panutannya selama ini, yaitu kepada Rasulullah. Di sini, ungkapan kerinduannya diwujudkan melalui lantunan keagungan kepada Rasulullah, walau selama hidupnya ia tak pernah melihat sosoknya.

"Aku sebagai penyanyi ketika pertama kali diperdengarkan lagu ini rasanya senang banget. Karena kebetulan selama ini juga aku suka dengan lagu-lagu yang bernuansa Arab Timur Tengah, mau itu sholawat atau Arabic song. Lagunya bagus, karena balik lagi dasarnya aku yang memang penikmat lagu-lagu arab dan sholawat, lagunya juga challenging karena berlawanan sama trend lagu sekarang," papar Resti, Sabtu (9/3/2024).

3. Hiburan di Bulan Ramadan

Ungkap Resti lagi, single 'Sholawat Rindu' sendiri diproduksi menghabiskan waktu selama tiga bulan lamanya. Proses produksinya pun terbilang cukup unik, yang mana Resti meminta terlebih dahulu untuk membaca teks asli lagu ini dalam tulisan Arab kepada para penulis lagunya. Hal itu dilakukan agar pengucapan setiap katanya benar.

"Aku hanya ingin umat Islam Indonesia memiliki hiburan yang Islami dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini," jelas Resti.

4. Alasan Terpilihnya Resti

Bimas Nurcahya, Produser dan Penulis Lagu 'Sholawat Rindu' melanjutkan, proses penggarapan lagu ini yang mana Resti memintanya untuk mengirimkan lirik lagu dalam bahasa Arab, merupakan suatu proses yang sangat luar biasa. Hasilnya produksi suara dari Resti tidak mengecewakan, di mana Resti mampu melafadzkan huruf 'd' yang nyata di akhir lagu untuk nama Rasulullah, menunjukkan kejelian seorang yang telah biasa melantunkan ayat-ayat Al-Quran.

"Aku memilih Resti untuk menyanyikan lagu ini itu, karena dia memiliki suara yang khas. Namun yang terpenting adalah, karena ini lagu religi, suara Resti itu jelas mampu menggambarkan semua pesannya. Karena dulunya Resti merupakan seorang santri yang terbiasa terekspos bagaimana mengucapkan kata-kata Arab dengan baik," pungkas Bimas.

Faishal Rizal menambahkan, lagu 'Sholawat Rindu' sendiri sudah ditulis jauh-jauh hari sebelum ia bersama Bimas menemukan Resti. Dan ketika mengetahui bagaimana kemampuan Resti dalam dunia tarik suara, ia langsung terbayang bahwa lagu 'Sholawat Rindu' memang sangat cocok dinyanyikan penyanyi tersebut.

5. Rencana Memperbanyak Musik Bernuansa Religi

Setelah merilis 'Sholawat Rindu', rencananya Resti akan merilis banyak karya kepada pendengar musik di Indonesia dengan nuansa religi. Selain karena kemampuan Resti yang masih bisa sangat dikembangkan, musisi-musisi yang mengangkat tema religi di Indonesia bisa terbilang tidak banyak.

Saat ini, lagu 'Sholawat Rindu' sudah bisa didengarkan di banyak digital streaming platform. Selain itu, Official Video Music 'Sholawat Rindu' pun sudah bisa disimak di Channel Youtube Suara Taqwa Official.

"Aku berharap, semoga lagu ini bisa didengar oleh banyak masyarakat di Indonesia, dan mampu memberi dampak positif bagi pendengar. Bisa menjadi teman merenung," tambah Resti.

(AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending