Resmi Laporkan 3 Rumah Karaoke, Para Musisi Tutup Pintu Mediasi

Risang Sudrajad  |  Rabu, 04 November 2015 04:15
Resmi Laporkan 3 Rumah Karaoke, Para Musisi Tutup Pintu Mediasi
Lima hits maker layangkan gugatan © Kapanlagi.com®/Hendra Gunawan

Kapanlagi.com - Lima hits maker Indonesia yaitu Papa T Bob, Wahyu WHL, Ryan Kyoto, Youngki RM dan Rudy Loho resmi melaporkan rumah karaoke milik Inul Daratista, Inul Vizta atas tuduhan pelanggaran hak cipta. Dalam laporan yang dibuat di Bareskrim Mabes Polri, ada dua rumah karaoke lain yang namanya ikut terseret yaitu Happy Puppy dan Nav Karaoke.

Pihak penyidik pun kini sedang menindaklanjuti kasus pelanggaran ini. Semua bukti pun sudah dikumpulkan lengkap oleh kelima hits maker itu sebagai penguat tuduhan mereka.

"Jadi tinggal tunggu proses selanjutnya dari penyidik. Kita berharap polisi cepat menindaklanjuti laporan kami," ujar Hulman Panjaitan, kuasa hukum para pelapor, usai membuat laporan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/11).

Lima musisi resmi laporkan tiga rumah karaoke ke kepolisian © Kapanlagi.com®/Hendra GunawanLima musisi resmi laporkan tiga rumah karaoke ke kepolisian © Kapanlagi.com®/Hendra Gunawan

Dalam tuduhan mereka, kelima musisi itu menilai ada pelanggaran dalam hal mechanical rights yang tercantum dalam pasal 113 ayat 3 tentang hak cipta. Atas kasus ini, ketiga rumah karaoke tersebut terancam mendapatkan hukuman kurungan penjara dan denda yang tak sedikit.

"Sebagaimana diatur pasal 113 ayat 3 undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta. Hukumannya maksimal empat tahun penjara dan atau denda Rp 1 miliar," jelas Hulman.

Dengan dilayangkannya laporan dari kelima musisi kemarin, maka tertutup pula pintu mediasi untuk tiga rumah karaoke itu. Papa T Bob cs sebenarnya sudah pernah mengirimkan surat somasi pada tanggal 22 September lalu. Sayangnya tak ada respon positif dari pihak rumah karaoke.

Sudah Baca Yang Ini?

Mechanical Rights Tak Dibayar, Para Musisi Tuntut 3 Rumah Karaoke

Terulang Kembali, Karaoke Milik Inul Kena Gugat Para Musisi

'V1MAST', Jawaban SPANK Sebagai Pahlawan Anak-Anak Indonesia

Enno Lerian Masih Heran Papa T Bob Bisa Bikin 'Si Nyamuk Nakal'

Peduli Nasib Anak Indonesia, Ryan d'Masiv - Viza Turun ke Jalan

(kpl/hen/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -