Mechanical Rights Tak Dibayar, Para Musisi Tuntut 3 Rumah Karaoke

 |  Rabu, 04 November 2015 01:15
Mechanical Rights Tak Dibayar, Para Musisi Tuntut 3 Rumah Karaoke
Papa T Bob © Kapanlagi.com®

Kapanlagi.com - Lima pencipta lagu, Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM dan Ryan Kyoto mendatangi Bareskrim, Mabes Polri pada hari Selasa (3/11). Kedatangan mereka bertujuan untuk membuat laporan terhadap rumah karaoke yang diduga tidak membayarkan hak mereka berupa mechanical rights atau hak penggandaan.

Dalam kasus ini, ada beberapa rumah karaoke yang masuk ke daftar hitam mereka. Di antaranya adalah karaoke milik Inul Daratista, Inul Vizta, Happy Puppy dan Nav Karaoke.

"Kita atas nama beberapa pencipta, ada papa Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM dan Ryan Kyoto ingin melaporkan secara pidana beberapa perusahaan hiburan karaoke, karena diduga telah melakukan pelanggaran hak cipta terutama di mechanical rights (penggandaan) terhadap lagu-lagunya di usaha karaoke, di antaranya Inul Vista, Happy Puppy, Nav, bukti udah kita kantongi," ujar Hulman Panjaitan selaku pengacara di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/11).

Lima musisi layangkan gugatan untuk beberapa rumah karaoke © Kapanlagi.com®/Hendra GunawanLima musisi layangkan gugatan untuk beberapa rumah karaoke © Kapanlagi.com®/Hendra Gunawan

Mereka mengatakan bila selama ini yang dibayarkan oleh rumah karaoke hanya performing rights atau hak pengumuman. Sementara, pihak rumah karaoke menggandakan lagu-lagu menggunakan server yang ada di setiap ruang outlet mereka.

"Yang kita laporkan pelanggaran hak cipta di bidang mechanical bukan performing, mereka udah izin untuk performing, tapi untuk mechanical atau penggandaan, belum diberikan kepada siapapun. Itu sudah dilakukan tanpa izin, pemilik hak cipta (penciptanya) belum pernah memberikan izin ya. Apa yang dilakukan mereka pelanggaran dan diancam pidana 113 UU 28 tahun 2014," sambung Hulman.

Kejadian seperti ini bukanlah kasus pertama yang terjadi. Beberapa waktu yang lalu, Inul Daratista juga pernah terseret kasus serupa. Lalu bagaimana kelanjutan kasus pelanggaran hak para musisi ini? terus nantikan update terbarunya hanya di Kapanlagi.com®.

(kpl/hen/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -