Republik Cinta Management: Apa Kabar Dengan Para Artis di Dalamnya?

Penulis: Natanael Sepaya

Diperbarui: Diterbitkan:

Republik Cinta Management: Apa Kabar Dengan Para Artis di Dalamnya? Ahmad Dhani © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Ketika pertama kali muncul sekitar tahun 2007, rasanya semua remaja yang melewati masa SMP dan SMA pasti tahu dengan The Rock Indonesia Ahmad Dhani, atau juga disingkat T.R.I.A.D. Yap, setidaknya remaja pada saat itu tak perlu jago memainkan gitar hanya untuk membawakan lagu Munajat Cinta. Tanpa perlu waktu lama, Ahmad Dhani segera mengenalkan band barunya yang bernaung di bawah naungan label anyar miliknya, Republik Cinta Management.


Singkat saja, Republik Cinta Management langsung meroket ketika sederet artis mulai ikut bergabung di bawah naungannya. Ya, meski kebanyakan masih berada dalam satu circle dengan Ahmad Dhani. Well, setidaknya, Republik Cinta Management berhasil membawa sederet artis baru seperti T.R.I.A.D, Dewi Dewi, The Fatimah, The Lucky Laki, The Virgin, sampai akhirnya Dewa 19 yang juga ikut masuk ke dalamnya.


© KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya© KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya


Tapi sadar atau tidak, perlahan nama Republik Cinta Management seolah memudar. Beberapa artis yang bernaung di bawahnya pun ada yang masih aktif, ada juga yang mulai keluar dan membuat project sendiri. Atau artis yang mulai tidak banyak aktif seperti Mulan Jameela yang kini lebih sibuk menjadi seorang istri dan Ibu bagi keluarga Dhani. Jangan lupakan juga Tata Janeeta dan roster lainnya.


Lalu, apa kabar para artis yang bernaung di bawah manajemen Ahmad Dhani ini? Jawabnya, beberapa di antara mereka masih melanjutkan langkah mereka di dunia musik, meski belum ada karya baru. Contoh, Dul Jaelani. Meski Al Ghazali memutuskan untuk berkarir seorang diri sebagai Disc Jockey (DJ), Dul Jaelani pun melanjutkan langkahnya bersama El Rumi dengan membentuk Ahmad Bersaudara.


Dul Jaelani kini fokus dengan solo project-nya © KapanLagi.com/Budy SantosoDul Jaelani kini fokus dengan solo project-nya © KapanLagi.com/Budy Santoso


Hanya saja El yang kini melanjutkan studinya di Inggris harus meninggalkan Dul sendirian. Akhirnya, sebuah project solo jadi pilihan Dul untuk menyalurkan hasrat bermusiknya. Single yang berjudul Cakrawala lantas menjadi pembuktiannya. Bagaimana dengan The Virgin?


Rasanya tidak berlebihan jika menyebut The Virgin tengah memasuki masa tidak produktif. Sempat beredar isu bubar, Mitha The Virgin mengaku kalau grup yang ia jalankan bersama Dara The Virgin masih tetap aktif di panggung off air. Setelah itu, Dara kembali fokus dengan project solonya, sedangkan Mitha melanjutkan langkah dengan duo elektroniknya yang bernama Black Champagne.


Black Champagne, duo elektronik baru Mitha The Virgin © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoBlack Champagne, duo elektronik baru Mitha The Virgin © KapanLagi.com/Bayu Herdianto


Kemudian ada Dewa 19, unit rock legendaris Tanah Air yang saat ini masih aktif tampil di beberapa panggung meski tanpa lagu maupun album baru. Memang cukup disayangkan untuk band veteran seperti Dewa 19 yang harus melangkah tanpa sesuatu yang baru, tapi, siapa orang yang tidak rindu untuk menyanyikan lagu Kangen atau Risalah Hati bersama Ahmad Dhani?


Sedangkan Dewi Dewi, usianya memang tak bertahan lama di industri musik setelah Inna Kamarie memutuskan keluar. Memutuskan untuk berganti nama menjadi MahaDewi, lagi-lagi duo ini pun gagal bertahan sebelum kemudian Dhani kembali menghidupkannya dengan merekrut trio baru. Tata Janeeta? Ia memilih untuk menjalani solo karir dan kehidupannya sendiri.


Mulan Jameela semakin jarang terlihat di panggung musik Tanah Air © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaMulan Jameela semakin jarang terlihat di panggung musik Tanah Air © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya


Oke, beberapa artis yang berada di bawah naungan Republik Cinta Management memang terkesan 'lesu'. Namun yang menarik adalah ketika kita melirik dan masuk ke dalam situs resmi manajemen ini. Pada bagian 'Artists', beberapa nama masih dicantumkan sebagai bagian dari Republik Cinta Management. Begitu juga dengan contact person untuk masing-masing orang yang menangani artis di dalamnya.


Bahkan, solo project Mitha dan Dara pun ikut dipromosikan melalui situs resmi Republik Cinta Management dan masing-masing telah memiliki label rekaman sendiri (Mitha dengan Nagaswara, Dara dengan Aksen Record). Tentunya ini langkah yang baik mengingat Republik Cinta Management bisa menjalankan bisnisnya dalam mengelola setiap artis yang ada di dalamnya.


Apakah Republik Cinta Management lebih memfokuskan para artisnya pada panggung off air? © republikcintamanagement.comApakah Republik Cinta Management lebih memfokuskan para artisnya pada panggung off air? © republikcintamanagement.com


Sedangkan bagi para artis, mereka tak perlu repot-repot mengikuti manajemen artis dalam sebuah label yang bisa dipastikan akan kembali menguntungkan pihak label. Walau begitu, tetap saja Republik Cinta Management perlu melakukan manuver atau gimmick baru saat ini. Pastinya mengingat beberapa artis di dalamnya yang sedang memasuki masa tidak produktif atau bahkan sedang tidak aktif.



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending