Pongki Barata Eksplorasi Genre Baru di Single 'Aku Peluk Kamu',

Jum'at, 17 Juni 2022 08:00  | 

Pongki Barata



Pongki Brata rilis single baru 'Aku Peluk Kamu' / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal dengan nama Pongki Barata? Salah satu musisi senior berbakat Indonesia ini sudah malang melintang di industri musik Tanah Air sejak puluhan tahun lalu dan sukses menelurkan berbagai karya hits yang sangat memorable.

Pongki juga merupakan musisi yang dikenal sangat kreatif dalam menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam setiap karya yang dirilisnya. Dan hal itu kembali dibuktikan oleh penyanyi kelahiran 16 November 1977 ini pada single terbarunya yang bertajuk Aku Peluk Kamu.

Di sini, Pongki mencoba genre baru yang berbeda dari biasanya, yakni synth pop. Lagu Aku Peluk Kamu sendiri rencananya bakal masuk dalam album baru Pongki yang akan datang.

"Lagu ini adalah lagu pembuka untuk album POP yang berisi 8 lagu," ujar Pongki dalam press rilis yang diterima KapanLagi.com belum lama ini.

1. Sudah Ditulis Sejak Beberapa Tahun Lalu

Selama ini, Pongki punya ciri khas memainkan karya-karyanya dengan instrument gitar. Namun kali ini, Ia mencoba untuk membuat satu album yang full berisi synthesizer, alias tanpa instrument gitar sama sekali.

"Mengambil nuansa pop disco 80's yang tercermin dari sound-sound synthesizer yang digunakan," tambah pria bernama lengkap Stefanus Ponki Tri Barata ini.

Usut punya usut, single Aku Peluk Kamu sejatinya sudah ditulis Pongki sejak beberapa tahun lalu. Namun karena satu alasan dan lainnya, lagu tersebut baru diselesaikan tahun ini.

"lde lagu ini, sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Tapi baru diselesaikan di tahun 2022 awal. Demo lagu ini tersimpan di handphone saya," jelasnya lagi.

2. Rekaman Berjalan Lancar Tanpa Kendala

Semua proses produksi Aku Peluk Kamu dikerjakan di 2 kota berbeda, yakni Bali dan Solo. Tak sendirian, Pongki juga bekerjasama dengan Tommy Widodo dalam memproduseri single ini. Tak ada kesulitan yang dialami Pongki dalam mengerjakan single ini. Buktinya, hanya dalam waktu 3 minggu saja, lagu Aku Peluk Kamu telah rampung dibuat.

"Pokoknya goalsnya adalah membuat karya yang di luar kebiasaan dan dapat memperlebar pendengar baru dengan genre synth pop ini," harap Pongki.

Dalam single terbarunya ini, Pongki bekerjasama dengan label Multimas Production. Sebagai label baru, Multimas Production memiliki visi dan misi untuk menyuguhkan musik yang berkarakter. Tentunya sebuah musik yang inovatif untuk menciptakan trend baru di kalangan pendengar musik di Indonesia. Dan Pongki sebagai musisi yang terus berinovasi tentu sangat cocok dengan visi misi tersebut.

"Tentunya karena Pongki Barata memiliki materi-materi lagu yang fresh yang berbeda dari kebanyakan musik yang sudah beredar saat ini," ujar Chris Charles selaku Founder dari Multimas Production.

3. Strategi Promo yang Berbeda

Walau berstatus sebagai label baru,  namun Multimas Production memiliki cara sendiri memasarkan produk-produk mereka. Salah satunya adalah strategi promo yang diyakini cukup berbeda dari lainnya.
 
"Dalam waktu dekat kami fokus untuk mempromosikan beberapa single lagu dari Pongki Barata yang memang sudah menjadi timeline kami. Mudah-mudahan dengan cara promo yang berbeda juga dari kebanyakan promo musik yang selama ini ada di Indonesia. Harapannya supaya promo kami ini juga bisa menjadi hiburan bagi para penikmat single lagu Aku Peluk Kamu ini," tutup Chris.

(kpl/gtr)