Penyanyi Ini Lebih Memilih Masukan Unsur Gamelan di Musiknya Ketimbang EDM

Rezka Aulia  |  Kamis, 14 Juni 2018 20:30
Penyanyi Ini Lebih Memilih Masukan Unsur Gamelan di Musiknya Ketimbang EDM
Riki Putra musisi kreatif masukkan unsur gamelan di karyanya. (Kapanlagi.com/Sahal Fadhli)

Kapanlagi.com - Di era modern seperti saat ini, para musisi terus mengikuti perkembangan zaman. Apa yang sedang disukai pasar, biasanya langsung diikuti oleh kebanyakan musisi. Namun tidak begitu untuk penyanyi Riki Putra. Setiap lagu yang dibuatnya sendiri, dia selalu memasukan unsur gamelan dan orkestra.

Yang terbaru, Riki menelurkan single berjudul Kelak Kau Kan Ditanya. Lagu tersebut terinspirasi dari bulan suci Ramadan yang notabennya umat Islam sedang berlomba mencari pahala untuk bekal di akhirat nanti.

"Cerita lagunya sama persis dengan judulnya sih. Kelak kau kan ditanya dengan apa yang telah kau kerjakan didunia ini. Lebih ke menghargai hidup ini," ucapnya saat dijumpai di Pejaten Village, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Riki Putra ingin terus lestarikan gamelan. (Kapanlagi.com/Sahal Fadli)Riki Putra ingin terus lestarikan gamelan. (Kapanlagi.com/Sahal Fadli)

"Jadi tiap lagu itu macem-macem genrenya. Tapi yang selalu ada di musik itu unsur gamelan dan orkestra. Misalnya di lagu Kelak Kau Kan di Tanya itu rock-orkestra," kata Riki menambahkan.

Musisi yang menyukai dunia tarik suara sejak SMA ini mengaku memilih memasukan unsur gamelan dan orkestra ketimbang EDM yang kini digemari lantaran ingin terus melestarikannya. Yang terpenting, lanjut Riki, bagaimana cara meramunya agar para penikmat musik khususnya millenial suka akan unsur keduanya.

"Jadi menurutku bukan salah gamelannya, bukan salah orkestranya tapi salah si song formnya (format lagu). Misalkan orang bikin lagu gamelan atau orkestra 15 menit, orang pasti bosen dengernya," pungkasnya.