Para Musisi Ini Berjuang Untuk Alam Indonesia

Jum'at, 15 Agustus 2014 19:01  | 

Iwan Fals



Ilustrasi


Kapanlagi.com - Bagi musisi ini, musik adalah sebuah propaganda untuk mengutarakan kepedulian mereka akan apa yang dirasakan di Indonesia. Mereka menyuarakan kritik melalui lagu dengan harapan bisa didengar oleh semua orang.

Mereka juga melakukan aksi langsung dan berafilisiasi dengan berbagai organisasi non politik dalam menjalankan aksinya. Mereka bertujuan untuk menjaga kelestarian alam di Indonesia yang saat ini terancam punah akibat rakusnya penguasa modal.

Berikut adalah pahlawan-pahlawan baru abad ini yang ide dan aksinya patut didukung dan ditiru. (kpl/faj)

1. Iwan Fals

Musisi veteran ini belum lelah untuk menyuarakan lagu sarat akan kritik sosial. Sempat mengundurkan diri dari dunia musik, kini belau kembali dengan isu yang berbeda.

Jika di masa lalu Iwan Fals membuat telinga pemerintah panas, kali ini dia menyerukan generasi muda untuk peduli akan lingkungan. Dalam setiap konsernya Iwan Fals selalu mengadakan aksi tanam pohon.

Meski kini jarang merilis lagu sarat kritik, namun Iwan Fals telah melahirkan generasi-generasi baru yang memiliki kepedulian serupa.

2. Coky Netral

Gitaris Netral dan Deadsquad menggelar akis mengajak semua orang untut turut serta memboikot sirkus lumba-lumba. Aksi ini memiliki alasan dan komunitas internasional mengecam sirkus tersebut merupakan praktek yang kejam terhadap lumba-lumba.

Coky dan aktivis lainnya telah menemukan fakta bahwa penyelenggara sirkus memperlakuakn lumba-lumba secara buruk. Selain itu lumba-lumba juga termasuk satwa liar yang harus dilindungi.

Dalam melakukan aksinya, Coky menemui banyak kesulitan. mereka telah mencoba berbagai cara seperti audiensi langsung pada sirkus dan mengadvokasi penegakkan hukum kepada kementrian Kehutanan, namun tidak ada yang berhasil. Namun dengan aksi langsung ini mereka yakin sirkus lumba-lumba ini akan berhenti.

3. Navicula

Alam dan hutan menjadi tema yang disoroti oleh Navicula dalam setiap karyanya. Mereka ingin mengembalikan ekosistem alam yang kini tidak seimbang, serta mengajak semua orang akan peduli dengan lingkungannya.

Kerakusan manusia dan tak ada yang peduli akan konservasi coba diungkapkan secara lugas melalui distorsi cadas. Mereka mencoba membidik anak muda yang tengah meluap-luap sebagai target untuk melakukan hal yang serupa, yaitu mencintai alam dan menjaganya.

Navicula tak hanya asal bernyanyi dan sok peduli dengan lingkungan, namun mereka juga melakukan aksi nyata dengan aksi-aksi yang telah dilakukan.

4. Superman is Dead

Bali sebagai tanah impian dan menjanjikan membuat banyak pengusaha untuk mereguk keuntungan di sana. Mereka mendirikan berbagai usaha namun jarang yang peduli untuk tetap mempertahankan keindahan alam.

Teluk Benoa yang merupakan kawasan konservasi kini tengah mengalami prahara. Beberapa penguasa modal berencana untuk merombak tempat tersebut untuk membangun sebuah kawasan hiburan. Superman is Dead dan beberapa organisasi pun menggelar aksi menentang reklamsi teluk Benoa.

Mereka meminta agar kawasan tersebut tetap ada karena memiliki peranan penting sebagai penahan ombak. Menurut Superman Is Dead, reklamasi Teluk Benoa hanya akan menyisakan kehancuran dan memperparah kerusakan alam.

5. Auman

Nyaris punahnya keberadaan Harimau Sumatera menjadi sorotan utama bagi band rock asal Palembang. Auman merasa prihatin karena ini sudah menjadi ikon di Sumatera namun keberadaanya hampir tak tersisa.

Kuartet ini pun memberikan tribute dengan membuat sebuah karya berjudul Year of Tiger. Mereka ingin menujukkan kepada semua orang bahwa keanggunan serta kegagahan harimau Sumatera tak boleh hilang.

6. Slank

Alam sekana menjadi sahabat Slank dalam mengeluarkan ide-ide karya-karyanya. Tak sedikit lagu yang mereka ciptakan untuk menyanjung akan keindahan alam Indonesia. namun juga beberapa lagu kritik akibat keserakahan kaum penguasa modal.

Slank tak hanya bercoleteh dalam lagu saja, mereka juga menggelar aksi langsung saat mengunjungi kawasan pantai Losari, Makassar. Sebagai duta Lingkungan Indonesia Hijau mereka mengajak masyarakat sana untuk membersihkan pantai agar tetap bersih.

Berbagai aksi lingkungan juga dilakukan oleh Slank, seperti menyelenggarakan konser peduli lingkungan. Mereka menyisipkan pesan kepada generasi muda agar peduli dengan alamnya.
(kpl/faj)