Nyanyi Melayu, Sulis Ingin Pertahankan Identitas Indonesia

Renata Angelica  |  Selasa, 20 Agustus 2013 19:41
Nyanyi Melayu, Sulis Ingin Pertahankan Identitas Indonesia
Sulis @foto: KapanLagi.com®/Agus

Kapanlagi.com - Sulistyowati atau Sulis memang dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu bernuansa religi. Namanya melejit ketika berduet dengan Hadad Alwi dalam lagu-lagu bernafaskan Islam. Siapa sangka Sulis ternyata piawai membawakan lagu Melayu?

Lantaran hal itu, dia terlibat dalam  Jakarta Melayu Festival, Konser Kemerdekaan Musik Melayu 'SEROJA'. "Identitas kita, Indonesia itu nggak bisa diucapin kalimat aja, atau dalam hati. Tapi harus ditunjukkan di kehidupan sehari-hari, ciri-ciri orang Indonesia seperti apa, harus di-eksplore, dicari tahu dalam keseharian kita," ujarnya di acara jumpa pers Jakarta Melayu Festival, Konser Kemerdekaan Musik Melayu 'Seroja', Galeri Cafe, TIM, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

"Sulis sendiri malah ngerasa nggak punya teladan. Sulis kenal tokoh-tokoh nasionalis, tapi nggak pernah muncul di televisi. Yang muncul di televisi nasionalis, tapi sikapnya nggak. Makanya Sulis ngerasa ini yang bisa Sulis lakukan untuk musik Melayu," lanjutnya.

Keterlibatan Sulis dalam pagelaran yang akan diselenggarakan pada 30 Agustus 2013 mendatang di Birawa Assembly Hall, Bidakara Hotel, Jakarta bukan hanya sebagai pengisi acara saja, namun juga sebagai panitia. Dara kelahiran Solo, 23 Januari 1990 itu, mengaku bersemangat mempertahankan kebudayaan asli Indonesia.

"Giliran diambil orang baru kita ribut, kitanya marah. Sering kita denger, kita miliki orang harus kehilangan dulu. Dengan begitu, kita harus lebih protect, kita sadar kalau kita sebenernya kaya, makanya harus terus dilestarikan, jangan sampai hilang, apalagi diambil orang," pungkas Sulis.

Baca Juga:
Konser 'Jakarta Melayu Festival' Bangkitkan Musik Melayu
Sulis Pilih Melayu Daripada Dangdut
Sulis Ajak Anak Muda Sukai Musik Melayu
Sejumlah Musisi Meriahkan Gelaran Musik Melayu
(kpl/hen/rea/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -