Masuk Tahun Ke-4, Synchronize Fest Akan Jadi Festival Musik Ramah Lingkungan

Rabu, 21 Agustus 2019 22:36


Synchronize Fest ©KapanLagi.com/Adrian Utama Putra

Kapanlagi.com - Festival musik multigenre, Synchronize Fest sebentar lagi akan dihelat pada 4, 5, dan 6 Oktober 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Memasuki Tahun keempat, Synchronize Fest akan menjadi festival yang ramah lingkungan.

David Karto dari Demajors selaku penyelenggara mengungkapkan, tahun ini Synchronize akan mengupayakan berbagai cara agar menjadi green festival. Lebih tepatnya, ada 4 pilar yang akan dilakukan menurut pendiri Demajors tersebut.

"Kalo festival kita ini bisa menyumbang sampah 1,7 - 2,3 ton. Kita mau melakukan internal change behavior. Kita coba berbenah, mungkin tahun pertama ini ngga bisa 100%. Kita akan siapkan tumbler dan ada prasmanan area buat para crew," ucapnya.

1. Miliki Pengolahan Limbah

Pihak panitia menuturkan bahwa tahun ini mereka telah memiliki pengolahan limbah dan menerapkan penggunaan tumbler dalam festival tersebut. Mereka bahkan mengajak para pengunjung untuk menggunakan transportasi yang ramah lingkungan.

"Kita juga punya Waste Management dan Bring Your Own Tumbler. Lalu kita mengajak untuk membawa sepeda atau naik transportasi umum dengan Bike to Synchronize," sambung David saat Media Gathering Synchronize Fest di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8).

Selain itu, David menambahkan bahwa semuanya tidak akan berjalan dengan baik tanpa kesadaran manusianya. Ini juga hal yang didiskusikan oleh pihak penyelenggara.

"Selain 4 pilar ini, harus yang kita pikirkan itu manusianya. Itu juga yang kita didiskusikan di internal, supaya kita menyentuh attitude manusianya," jelasnya lagi.

2. Bekerja Sama dengan PLN

Satu lagi yang menarik, bekerjasama dengan PLN, tahun ini sepenuhnya Synchronize Fest akan menggunakan tenaga listrik. Jadi tidak akan ada penggunaan tenaga fossil dari genset.

"Synchronize tahun ini secara kelistrikan didukung full oleh PLN 100%. Jadi kita ngga pakai tenaga fossil. Ada 1 juta watt. Jadi kita akan benar-benar menuju green festival," ungkapnya.bagaimana perjuangan 
mereka di balik kesuksesan acara yang mereka gelar.

Simak Berita Menarik Lainnya!

Tiket Terjual Habis, Promotor Soundsfest 2019 Tambah Kuota Penonton

Niki Zefanya Kumandangkan Indonesia Raya di Panggung Head In The Clouds Festival

Gelar 'The Goodbye Stage', Grup Vokal GAC Bakal Bubar?

Tampil di Konser Project X, NOAH dan Yovie Widianto Siapkan Kejutan

Kisah Masa Kecil Didi Kempot, Pernah Jual Sepeda Gara-Gara Ingin Beli Gitar

(kpl/apt/TIN)